Resep Keripik Pepaya Krispi – Hello guys, keripik pepaya mungkin asing bagi kalian. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang resep keripik pepaya krispi.

Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan. Pohon pepaya sekarang sudah tersebar luas dan banyak ditanam di daerah-daerah tropis.

Buah pepaya dimakan dagingnya baik ketika muda maupun sudah masak. Daging pepaya muda biasanya dimasak sebagai sayuran, Lain hanya dengan daging buah pepaya yang sudah masak yang bisa dimakan secara langsung.

Selain daunnya pepaya dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan dan dijadikan sebagai pembungkus buntil.

Bunga pepaya biasanya juga dimasak dengan cara dijadikan urap. Untuk getah pepaya dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pelunak daging.

Pohon pepaya umunya tidak bercabang dan hanya mempunyai tinggi sekitar 5-10m dengan daun yang membentuk serupa spiral pada batang ppohon bagian atas

Cara Pertama

Berikut ini adalah resep keripik pepaya krispi dengan media mesin vacuum frying.

Bahan-bahan:

  • 1 buah pepaya muda beratnya 5 kg
  • Minyak goreng sawit banyaknya 2 liter

Alat-alat:

  • Pisau
  • Vacuum frying
  • Mesin Pemisah Minyak
  • Alumunium foil

Cara Membuat Keripik Pepaya:

  1. Kupas kulit buah pepaya. Bersihkan biji-bijinya, kemudian dicuci menggunakan air yang mengalir.
  2. Buah pepaya yang sudah dicuci lalu potonglah dengan bentuk sesuai selera anda.
  3. Masukkan buah pepeaya kedalam freezer. Dinginkan selama kurang lebih 24 jam.
  4. Siapkan mesin vacuum frying. Lalu diisi dengan minyak goreng yang jumlahnya disesuaikan dengan kapasitas mesin.
  5. Keluarkan irisan buah pepaya dari freezer.
  6. Masukkanlah irisan buah pepaya tersebut ke dalam mesin vacuum frying. Gorenglah pada suhu 85 derajat celcius.
  7. Angkat buah pepaya yang sudah kering. Proses terakhir, anda tinggal memasukkannya pada mesin pemisah minyak.
  8. Keripik buah pepaya pun siap disajikan. Agar awet, simpanlag di tempat yang kedap udara seperti plastik yang bahannya dari alumunium foil.

2. Cara Kedua

Berikut ini merupakan resep keripik pepaya krispi dengan digoreng manual. Cara ini umum dilakukan, karena mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

  1. Siapkan buah pepaya yang akan dibuat keripik.
  2. Kupas buah pepaya, biang bijinya dan iris setebal 5 mm.
  3. Setelah itu, celupkan irisan buah pepaya kedalam air panas (95-98 derajat celcius) selama 3 menit sambil diaduk perlahan. Untuk 1 Kg irisan pepaya membuatuhkan 2 liter air panas.
  4. Lalu keringkan hingga air tersisa 6-8%.
  5. Goreng dalam minyak panas 165 derajat Celcius hingga 13-17 detik. Untuk masa penggorengan yang tidak lama maka keripik akan meresap minyak, dan jika kelamaan maka akan gosong.
  6. Setelah selesai digoreng, tiriskan dan kemaslah dalam wadah agar tetap renyah.

Tips Memilih Buah Pepaya yang Baik

Resep keripik pepaya krispi diatas aslinya mudah, namun jika anda salah memilih pepaya maka akan berdamak pada kualitas dan rasa keripik pepaya anda.
Jika ingin membeli pepaya, ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar tidak tertipu bagian luarnya saja. Berikut adalah tips dalam memilih buah pepaya.
  • Tekstur

Sebelum anda membeli, cek dulu kepadatan buah pepaya. Pastikan pepaya yang anda beli sedikit empuk saat ditekan. apabila keras, berarti pepaya tersebut belum masak, dan apabila terlalu lunak, pepaya tersebut hampir busuk.

  • Warna

Perhatikan warna buah pepaya yang anda beli. Pastikan bahwa pepaya yang telah matang akan berwarna kuning kemerahan. Pepaya yang masih hijau rasanya tidak manis, dan cocok bagi anda yang suka memasak pepaya muda.

  • Aroma

Salah satu jaminan kematangan buah adalah dari baunya. Anda perlu mencium dasar pepaya atau batangnya yang telah dipotong. Pepaya yang bagus memiliki aroma yang khas dan manis lembut. Anda sebaiknya menghindari pepaya yang baunya terlalu menyengat, karena kemungkinan pepaya tersebut sudah lama.


Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Keripik Buah

Keripik buah sangat banyak jenisnya, namun ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat keripik buah.

Untuk membuat keripik buah yang renyah, jangan menggunakan buah yang sudah terlalu matang. Buah yang terlalu matang mempunyai kandungan kadar gula yang tinggi, sehingga akan mudah gosong saat digoreng.

Buah yang matang juga memiliki tekstur yang lembek, sehingga akan susah diiris dan susah kering saat digpreng. Karena itu gunakanlah buah yang mangkal dan sudah memiliki rasa manis namun teksturya masih keras.

Irisan buah haruslah rendah kadar air. Untuk mengurangi kadar airnya dapat dilakukan dengan metode pengovenan, disimpan dalam freezer maupun dijemur. Saat kering, buah akan lebih mudah digoreng, dan tidak menyerap banyak minyak atau sama sekali tidak menyerap minyak.

 

Sekian pembahasan tentang resep keripik pepaya krispi. Silahkan dicoba, dan semoga berhasil.