Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Berikut Ini Adalah Faktor Penyebab Kerusakan Pada AC

Artikel ini akan menjelaskan mengenai faktor penyebab kerusakan pada ac.

Idealnya AC dapat bertahan hingga 10 tahun jika Anda mengereti Cara Merawat AC yang benar.

Apabila kinerja AC semakin menurun,mungkin ini saatnya Anda perlu mengetahui beberapa faktor penyebabnnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan AC cepat rusak dan dibawah ini nantinya cara memperbaiki ac.

Salah satu faktor nya yaitu AC tiba tiba mati total, AC menjadi tidak dingin,AC bocor. Yang nantinya muncul faktor-faktor tersebut bisa menjadi acuan kita untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki AC dan Penyebab Kerusakan Pada AC

faktor penyebab kerusakan pada ac

Faktor Penyebab AC Mati Total

Berikut ini adalah faktor penyebab kerusakan pada ac.

1.Terjadinya Konsleting Listrik

Seperti yang kita ketahui bersama, AC tidak akan nyala ketika tidak mendapatkan aliran tenaga listrik.

Dan pada arus listrik biasanya terdapat dua kabel ,jika kedua kabel tersebut saling berhubungan tentu akan menyebabkan konsleting. Disebabkan bisa saja di gigit tikus, atau dari usia kabel tersebut sudah terlalu lama.

2.Tekena Tegangan Listrik Tinggi Maupun Tegangan Rendah

Voltase listirk pada umumnya yaitu 220 Volt, jika tegangan listrik di rumah anda lebih dari 220 atau kurang, tentu ini akan sangat tidak baik untuk kelangsungan alat elektronik.

Salah satunya bisa menyebabkan AC mati total. Dalam kontek ini silahkan kamu panggil tukang PLN, sampaikan menggapa tegangan listrik di tempat anda lebih atau kurang dari 220 Voltase.

Saran yang tepat sebaiknya anda menggunakan stabilizer.

3.Terkena Petir Setelah Hujan Deras

AC tiba-tiba mati kerusakan yang sering terjadi setelah hujan deras di sertai petir. Kemudian petir tersebut menyambar di rumah anda, hasilnya semua peralatan elektronik anda tidak bisa   di pakai.

Jadi penting untuk kita mengantisipasi kemungkinan hal terjadi, salah satunya dengan memasang alat penangkal pertir di setiap atap tempat tinggal kita.

Dengan begitu, juga tidak menjadi jaminan semua alat elektronik kita terhindar dari sambaran petir.

Di atas merupakan beberapa faktor penyebab AC mati tidak bisa di nyalakan secara tiba-tiba. Lalu kemudian langkah apa saja yang bisa di lakukan jika hal tersebut telah terjadi.

Berikut steb by steb usaha kita dalam memperbaikinya. Namun sebelumnya, paling tidak anda harus tahu sedikit tentang listrik untuk mengikuti tips berikut ini. Jadi kalau terjadi sesuatu anda bisa berjaga-jaga sebelumnya.

Penyebab AC Bocor

faktor penyebab kerussakan pada ac

1.Pipa Instalasi Berkarat ( Keropos )

Penyebab AC bocor freon yang pertama yaitu disebabkan oleh pipa instalasi yang sudah keropos akibat termakan usia alias sudah terlalu lama dipakai.

Pada umumnya pipa instalasi untuk AC terbuat dari tembaga, nah kerap kali lamanya digunakan pipa tersebut menjadi tipis dan akhirnya keropos.

2.Sambungan Pipa Kurang Rapat

Seperti yang kita ketahui, pada pipa instalasi AC itu juga terdapat sambungan-sambungan seperti nepel untuk menghubungkan unit indoor atau outdoor dengan pipa tembaga.

Karena freon tersebut mempunyai sifatnya gas sama halnya seperti udara, maka dalam menyambung pipa tersebut harus benar-benar rapat.

3.Evaporator Indoor dan Kondensor Outdoor Keropos

Penyebab AC bocor adalah freon yang terakhir yaitu diakibatkan oleh evaporator atau kondensor yang keropos. Kebocoran seperti  ini kerap terjadi pada unit indoor atau outdoor AC.

Biasanya disebabkan evaporator atau kondensor tersebut terlalu tipis, sehingga tidak kuat saat menahan tekanan dari gas freon.

Dan ini yang kerap terjadi pada sebuah produk AC yang sudah berumur  10 tahun ke atas, atau AC yang evaporator dan kondensornya terbuat dari bahan dasar alumunium atau babet.

4.Pemasangan AC yang Tidak Sempurna

Instalasi atau pemasangan AC ternyata juga berpengaruh pada cara kerja dari AC. Untuk masalah AC bocor sendiri ternyata hal ini dipengaruhi oleh pemasangan AC.

Cara Memperbaiki AC Bocor

Berikut ini adalah cara mengatasi ac bocor yang benar :

1.Jika suatu letak dari kebocoran berada pada unit evaporator indoor atau kondensor outdoor, jika memungkinan kita bisa memperbaikinya dengan cara di las.

2.Akan tetapi ada kosekuensi yang harus kita tanggung, biasanya kalau hanya di las suatu saat kebocoran akan terulang lagi di sebelahnya kebocoran sebelumnya atau di lain tempat.

3.Sehingga, biasanya kami menyarankan lebih baik untuk mengganti unit yang baru atau pun dengan unit second, dengan kondisi yang masih normal.

4.kemungkinan kebocoran terjadi pada pipa instalasi, juga sama solusinya. Jika memungkinan dalam artikan kondisi pipa masih lumayan bagus kita bisa menyambung ulang pada bagian yang bocor menggunakan las.

5.Namun jika suatu kondisi pipa instalasi sudah tidak memungkinan dan di kwatirkan kebocoran terjadi kembali, sebaiknya kita ganti saja pipa instalasi tersebut.

6.Jika kebocoran terjadi pada sambungan pipa tepat pada fleringan pipa, biasanya pecah atau fleringan tidak sempurna. Kita bisa mem-flering ulang kembali pipa tersebut.

Penyebab AC Tidak Dingin

1.Setingan Remot AC Yang Tidak Sesuai

Kekeliruan dalam menetapkan suhu AC bisa menganggu kenyamananmu saat bekerja atau sekedar bersantai dalam kamar. Contohnya , suhu ruanganmu 23  derajat Celcius tetapi kamu memasang suhu AC 26 derajat Celcius.

Masalah ini jelas salah karena AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu ruangan Anda. Maka dari itu, anda harus mengatur suhu AC dengan benar.

Apabila suhu ruangan 25 derajat Celcius, atur suhu AC di bawah angka tersebut, misal 18 derajat Celcius atau 20 derajat Celcius.

2.Outdoor AC Tidak Hidup.

Outdoor AC yang tidak hidup akan membuat AC yang tidak dingin, kompresor AC tidak akan bekerja mensirkulasikan freon pada jalur pipa AC.

3.Freon AC Kurang/ Habis

Penyebab AC tidak dingin yang lainnya yaitu kekurangan freon atau habis freon, zat yang mengandung klorin, Hidrogen, dan broming ini yang membuat AC menjadi dingin.

Kalau freon kurang dari tekanan standard yang disarankan pada AC bisa membuat pipa dan evaporator AC menghasilkan gumpalan es, bahkan kalau freon AC kosong otomatis AC tidak akan dingin.

Freon yang kurang atau habis disebabkan karena terdapat kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya, untuk itu sebelum dilakukan penambahan dan pengisian freon.

Untuk mengatasi kekurangan freon lebih baik dilakukan pengecekan kebocoran pada jalur pipa dan melakukan pengelasan pada pipa yang bocor, setelah itu baru di isi freon.

4.Pintu Dan Jendela Yang Terbuka

Saat anda menyalakan AC, apakah kamu sudah memastikan bahwa pintu dan jendela ruangan sudah tertutup rapat? Jika belum, mungkin hal ini menjadi penyebab AC tidak dingin.

Pintu dan jendela yang sedikit terbuka akan berpengaruh pada suhu ruangan sehingga terasa tidak sedingin biasanya.

6.Kondisi Ruangan

Ruangan yang terpapar langsung dengan matahari akan mengakibatkan kinerja ac berkurang. Begitu juga kalau dinding ruangan yang terkena sinar matahari langsung.

7.Kabel Koneksi Dari Indoor Ke Outdoor Terputus.

Agar kompresor AC bekerja diperlukan arus listrik, jika kabel penghubung dari unit dalam sama unit luar terputus maka akan menyebabkan AC tidak akan dingin. Untuk mengatasinya dengan cara mengganti kabel tersebut.

Itulah ulasan mengenai faktor penyebab kerusakan pada ac.

© 2020 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑