Terima kasih telah berkunjung keartikel kami pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat resep bakso ikan tenggiri. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang resep bakso ikan goreng, Yuk langsung saja

Apa Itu Ikan Tengiri

Ikan Tenggiri adalah sebuah nama umum untuk sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan tenggiri ini adalah kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung.

Tenggiri pun sangat banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Ikan ini memiliki tubuh yang memanjang, memipih lumayan kuat pada sisi-sisinya, telanjang tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya. Bentuknya moncong atau meruncing, dengan mulut lebar dan gigi-gigi yang tajam dan kuat di rahang atas dan bawah.

Panjang moncong, lebih pendek daripada sisa kepala bagian belakang. Sirip yang berada di punggung ada dua berkas, yang depan dengan XIII – XXII jari-jari keras (duri). Serta sirip punggung dan sirip anal diikuti oleh banyak sirip kecil tambahan (finlet).

Tenggiri Melayu, spesies yang terbesar, dapat mencapai panjang 220 cm, meski kebanyakan kurang dari 1 m saja. Ikan tenggiri adalah ikan pelagis yang kerap berenang menggerombol dalam kelompok kecil, tidak jauh dari pantai.

Sejarah Ikan Tengiri

Tenggiri merupakan ikan termasuk golongan pelagis yang salah satu ikan berdaging putih yang disukai oleh masyarakat dunia, disebabkan oleh rasa dan baunya khas.

Ikan ini termasuk ke dalam marga Scomberomorus dengan famili Scombridae yang juga masih kerabat dekat dengan  tuna, ikan tongkol, ikan madidihang, dan ikan kembung. Ikan ternggiri sering dikenal dengan nama sapnish mackerel, namun nama tersebut berbeda-beda di setiap daerah.

Orang india sering menyebutnya dengan ikan anjai, di Filipina lebih dikenal dengan nama dillis, dan di Thailand akrab dengan istilah ikan thuinsi. Ikan ini banyak ditemukan di perairan beriklim sedang dan tropis, sebagian besar tinggal di sepanjang pantai atau laut lepas.

Banyak spesies dibatasi dalam rentang distribusi mereka dan hidup dalam populasi yang terpisah atau stok ikan berdasarkan geografi. Di Indonesia ikan tenggiri banyak sekali ditemukan di Gorontalo.

Dengan ukuran ikan tenggiri dapat mencapai panjang 240 cm dengan berat 70 kg. Ikan yang berusia dewasa bisa mencapai setelah rentan waktu hidup 2 tahun atau ketika memiliki panjang 81 – 82 cm.

Ikan tenggiri yang betina ukurannya bisa lebih besar dan usianya lebih panjang dibanding tenggiri jantan. Dikatakan bahwa ikan tenggiri betina dapat hidup selama 11 tahun.

Cara Membuat Resep Bakso Ikan Tenggiri

Resep bakso ikan tenggiri

Bahan Bahan Resep Bakso Ikan Tenggiri

  • 1 kg ikan tengiri
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 2 siung bawang putih goreng
  • 3 butir putih telur
  • secukupnya gula,garam
  • 1 liter air
  • 3 sdm kecap ikan
  • 2 sdm minyak wijen
  • secukupnya kaldu bubuk
  • garam, lada halus
  • 1 bonggol bawang putih cincang,goreng
  • 1 ikat sawi hijau

Langkah Langkah Cara Membuat Resep Bakso Ikan Tenggiri

  1. Filet ikan tengiri,pisahkan daging dr durinya dgn cara di kerok menggunakan sendok
  2. Blender ikan dgn bawang putih goreng,tambahkan putih telur,bubuhi gula,garam,lada sedikit aja
  3. Campur adonan ikan tengiri yg sdh di blender dgn tepung,jika terlalu encer bs di tambah tepungnyabsedikit saja
  4. Bentuk adonan menggunakan sendok,lalu rebus di air mendidih hingga terapung,angkat dan sajikan dgn kuah bakso
  5. Bakso ikan tengiri langkah memasak 4 foto
  6. BUAT KUAHNYA: didihkan air dlm panci,setelah mendidih masukan bakso,rebus kira2 10-15 menit,beri kecap ikan,minyak wijen,garam,lada,kaldu bubuk,tes rasanya,terakhir taburi dgn bawang putih goreng,sajikan

Nah itu saja yang dapat saya sampaikan tentang cara membuat resep bakso ikan tenggiri semoga bermanfaat bagu kalian semua. Selamat mencoba