Cara Membuat Keripik Terong Hijau – Hello guys kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat keripik terong tapi yang hijau.

Siapa sih yang tidak kenal dengan sayuran terong?? Ya terong adalah jenis sayuran yang berbentuk buah. Terong merupakan tumbuhan perdu yang umumnya setahun. Terong berkerabat dengan kentang, namun agak jauh dari tomat.

Banyak jenis terong yang biasa ditanam oleh masyarakat pedesaan yang mempunyai rumah tinggal kurang dari 1200 mdpl. tinggi pohon terong sendiri sekitar 40-100 cm, daunnya lebar, dan bunga berwarna putih. Batang terong merupakan batang berkayu berbentuk silindris.

Terong merupakan tanaman asli dari daerah tropis negara-negara di Asia, terutama India, dan Birma. Terong juga banyak ditanam di Indonesia, sebagai bahan sayuran.

Buah terong sangat mudah sekali ditemukan apalagi dipasaran. Banyak jenis masakan dari terong yang sangat enak, diantaranya sambal terong, terong goreng, keripik terong dan campuran untuk masakan lainnya.

Cara Membuat Keripik Terong Hijau

Pembuatan keripik terong merupakan salah satu cara untuk membangkitkan selera makan, terutama pada anak-anak. Keripik terong dapat dimakan bersama dengan makanan lain sebagai lauk. Berikut ini kami sajikan cara membuat keripk terong hijau yang mudah untuk anda ikuti dan anda praktekkan dirumah.

Bahan Cara Membuat Keripik Terong Hijau:

  • 6 buah terong hijau, iris bulat
  • Minyak goreng secukupnya
  • 500 gr tepung panir

Pencelup:

  • 400 grm tepung beras
  • 1 sdt garam halus
  • 2 sdt merica bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdt ketumbar halus

Bumbu Halus:

  • 4 sium bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara Membuat Keripik Terong Hijau:

  1. Cuci terong sampai benar benar bersih lalu potong potong bulat dengan berbentuk lingkaran.
  2. Aduklah menjadi satu, dari bahan yang dihaluskan dan bahan bahan pencelup, beri sedikit air hingga adonan mengental.
  3. Masukan irisan terong yang sudah di iris iris tadi kedalam adonan, lalu lumuri dengan tepung panir hingga merata, goreng ke dalam minyak panas. Setelah terong bewarna kecoklatan kemudian angkat.
  4. Dinginkan keripik terong sebentar, setelah itu masukkan kedalam toples yang tertutup agar tidak melempem.
  5. Keripik terong siap untuk disajikan dan dinikmati bersama.

Jenis-Jenis Terong

Ada banyak sekali jenis terong di dunia ini, dan namannya pun unik-unik ada yang menggunakan nama negara, warna, bentuk, bahkan telunjuk. Mari kita bahas jenis-jenis terong agar tidak salah terong dalam membuat keripik nanti.

1. Terong Ungu

Sudah tidak asing lagi ditelinga kalian nama terong ungu. Ya, sesuai namanya, terong ungu  berasal dari warna terongnya, yaitu ungu. Terong jenis ini biasanya dibeli oleh ibu-ibu untuk dibuat sayur asem bahkan digoreng krispi.

2. Terong Hijau

Meskipun tidak populer seperti terong ungu, terong hijau sangat populer di Sumatera. Nama terong hijau berasal dari warna kulitnya, yaitu hijau. Terong hijau memiliki ciri khas, yaitu rasanya yang pahit.

3. Terong Bulat

Jenis terong ini mungkin agak langka ditelinga kalian, namun tidak asing dimata para pecinta kuliner. Terong ini mempunyai warna putih kehijauan dan mempunyai tesktur yang renyah dan rasanya cenderung manis.

4. Terong Putih

Bentuk terong putih ini sama dengan jenis terong yang lain, yakni bulat gemuk panjang dengan warna yang putih mengkilat. Rasa terong putih ini cenderung lebih manis dibanding terong ungu, teksturnya pun renyah sehingga terong ini sering dijadikan manisan.

5. Terong Telunjuk

Seperti namanya, terong ini berbentuk telunjuk manusia. Ukurannya pun hampir sama dengan jari telunjuk. Terong telunjuk berwarna hijau dengan sedikit garis putih dan biasanya dicampurkan dalam tumisan tauco udang kacang panjang.

7. Terong Belanda

Sekilas pasti anda berpikir bahwa terong satu ini berasal dari negeri kincir angin, yaitu Belanda. Ya terong ini dibawa oleh bangsa Belanda ketika menjajah Indonesia. Namun terong satu ini berasal dari daerah Amazon di Amerika Latin.

 

Cara membuat keripik terong hijau diatas dapat kalian aplikasikan jika kalian ingin membuat keripik sebagai camilan sendiri maupun dalam partai besar seperti arisan maupun kumpul keluarga.

Sekian pembahasan tentang cara membuat keripik terong hijau diatas, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba!!

Good Luck!!😁😁