Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya dari keripik singkong adalah asin atau pedas dengan aroma bawang yang gurih.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang ingin memulai bisnis keripik singkong ini, selain itu ada banyak sekali jenis dari keripik singkong. Jadi tidak heran jika mereka juga saling bersaing untuk mendapatkan konsumen mereka.

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah – Camilan keripik singkong merupakan salah satu makanan Indonesia yang banyak disukai dan digemari oleh sebagian masyarakat dalam negeri, keripik singkong juga banyak peminatnya dari luar negeri sebagai oleh-oleh selepas berlibur dari Indonesia.

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

Oleh karena itu kerenyahan dari makanan ini memang menjadi ciri khas dari makanan tersebut. Apalagi jika ditambah dengan varian rasa yang bermacam-macam menjadikan rasa camilan ini menjadi semakin dahsyat saat berada didalam mulut.

Baca Juga : Resep Keripik Kentang Renyah

Camilan ini sering kali dijadikan makanan ringan saat perjalanan jauh atau mudik maupun saat mengerjakan pekerjaan atau tugas kuliah. Untuk membuat camilan keripik singkong yang renyah, anda juga harus bisa memilih dan memilah jenis singkong dengan kualitas yang baik.

Pembuatan keripik singkong juga terbilang mudah, singkong sebelumnya diiris tipis kemudian singkong digoreng hingga berwarna kecoklatan. Langsung saja berikut bahan-bahan dan cara membuat keripik singkong yang renyah, gurih dan enak.

 

Bahan Dan Langkah-Langkah Cara Membuat Keripik Singkong

Bahan-Bahan Untuk Membuat Keripik Singkong :

  • Singkong sebanyak ½ kg.
  • Cabe merah keriting sebanyak 80 gram.
  • Bawang putih sebanyak 4 buah.
  • Kapur sirih sebanyak 1 sendok teh.
  • Garam sebanyak ¾ sendok teh.
  • Gula sebanyak 1 sendok makan.
  • Penyedap secukupnya.
  • Minyak goreng.
  • Air bersih sebanyak ½ liter.

 

Langkah-Langkah Untuk Membuat Keripik Singkong :

  1. Pertama, singkong dipotong tipis sesuai selera yang anda inginkan. Selanjutnya rendam potongan singkong ke dalam air yang sudah dicampur dengan kapur sirih. Aduk rendaman singkong secara merata kemudian diamkan rendaman singkong selama kurang lebih 10 menit.
  2. Setelah 10 menit singkong direndam, angkat rendaman singkong dan bilas singkong dengan air bersih yang mengalir.
  3. Tahap selanjutnya goreng singkong yang sudah dibilas dengan minyak panas yang cukup. Minyak panas tadi sebaiknya harus menutupi semua bagian singkong. Goreng hingga singkong berwarna kekuningan atau kecoklatan.
  4. Kemudian haluskan bumbu-bumbu, seperti bawang dan cabai. Setelah itu tumis bumbu hingga harum, jangan lupa tambahkan gula dan garam agar rasanya tidak hambar.
  5. Campurkan bumbu yang sudah ditumis tadi dengan keripik singkong sambil digoreng secara bersamaan. Setelah bumbu dan singkong tercampur merata, angkat dan dinginkan singkong tadi, kemudian simpan dalam wadah yang bersih.
  6. Keripik singkong siap dihidangkan, lebih nikmat jika dinikmati bersama teh atau kopi hangat.

Untuk mendapatkan hasil keripik singkong yang baik tentunya ada beberapa kriteria singkong yang baik, untuk memilih singkong sebenarnya susah-susah gampang. Tentunya ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan saat memilih singkong yang berkualitas baik, dan tentunya singkong yang berkualias bagus akan mempengaruhi kualitas dari keripik singkong yang akan dibuat.

 

Baca Juga : Cara Membuat Bawang Putih Goreng