Cara Membuat Keripik Nangka Manis – Hello teman-teman semua, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat keripik nangka manis nan enak.

Mungkin kata nangka sudah familier ditelinga kalian, namun bagaimana dengan keripik nangka? Ya, keripik nangka adalah olahan keripik dengan bahan dasar buah nangka yang sudah matang.

Keripik nangka adalah keripik hasil olahan buah nangka yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa/mesin vacuum frying.

Jika menggunakan cara penggorengan biasa yakni dengan menggunakan kuali/wajan buah nangka tidak akan menjadi keripik karena buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebih.

Dengan menggunakan mesin vacuum frying, maka kualitas buah tidak akan mudah rusak. Selain itu aroma dan warnanya tidak akan berubah banyak dan awet disimpan dalam jangka waktu lama

Olahan keripik nangka memang belum terkenal, namun sangat familier bagi para pemburu kuliner nusantara terutama cemilan.

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka mempunyai nama ilmiah yaitu Artocarpus heterophyllus. Buah nangka biasanya berbentuk panjang bulat dan dapat mencapai panjang 100cm. Pada sisi luar terdapat duri-duri lunak sebagai perlundungan buah.

Daging pada buah nangka apabila matang akan berwarna kuning keemasan dan mempunyai bau yang khas. Daging yang masak juga biasanya mempunyai daging yang agak lunak tapi liat atau alot, kadang berisi cairan nektar yang manis.

Keripik Nangka Manis

Bahan:

  • Buah Nangka Segar, Tidak Terlalu Matang 1 Kg
  • Air 1½ Liter
  • Kapur Sirih 100 Gram
  • Garam 75 Gram
  • Gula Pasir 150 Gram
  • Minyak Goreng 2 Liter

Cara membuat keripik nangka manis:

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dalam air larutan kapur sirih.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu .
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang. Angkat dan tiriskan hingga tidak ada minyak sama sekali, agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  7. Larutkan gula dalam sedikit air hingga mendidih, lalu masukkan keripik nangka. Aduk rata, dan angkat.
  8. Keripik siap disajikan.

Tips Menghindari Getah Nangka

Cara membuat keripik nangka manis diatas, pastinya kita akan menjumpai getah. Baik nangka muda maupun nangka tua memiliki getah yang sangat lengket.

1. Pada Peralatan

Ketika memotong nangka, getah akan menempel pada pisau dan talenan. Getah nangka sangat sulit dihilangkan, walaupun sudah direndam atau dicuci dengan air hangat.

Untuk menghilangkan getah nangka yang menempel pada pisau dan talenan, perhatikan tips-tips berikut :

  • Taburkan tepung kanji pada pisau atau talenan yang terdapat getah nangka. Gosok-gosokan bagian yang sudah ditaburi tepung, dan getah pun akan terlepas. Setelah itu, segera cuci pisau dan talenan untuk  mengangkat sisa noda dan tepung dengan mudah.
  • Oleskan minyak kelapa atau minyak sayur pada pisau dan talenan. Gosok-gosokkan minyak secara merata hingga getah terlepas.
  • Biji nangka dilindungi oleh sarung yang mengandung air dan minyak. Anda pun dapat menggunakannya untuk menghilangkan getah nangka yang sulit dihilangkan. Caranya, cukup remas sarung bji nangka hingga minyaknya keluar, lalu oleskan pada pisau dan talenan. Getah pun dapat terangkat dengan mudah.
  • Tuangkan sedikit minyak tanah ke telapak tangan, lalu gosok sampai getahnya hilang. Segera bilas tangan Anda dengan air bersih, lalu cuci kembali dengan sabun pencuci piring atau sabun colek sampai bau minyak tanahnya hilang.

2. Pada Baju

Untuk mempelajari bagaimana cara membuat keripik nangka manis diatas paling emosi saat diganggu anak-anak yang akhirnya digunakan untuk mainan, dan biasanya akan terkena baju. Untuk menghilangkan getah nangka pada baju, ikutilah tips-tips berikut.

  • Buatlah adonan dari air dengan tepung kanji, lalu oleskan adonan tersebut ke bagian baju yang ternoda getah nangka. Setelah itu, gosok baju dengan sikat gigi bekas sampai getah nangkanya benar-benar hilang. Ulangi cara yang sama apabila getah nangkanya masih menempel pada pakaian.
  • Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu gosokkan bagian dalam jeruk nipis pada bagian baju yang ternoda getah. Apabila noda getahnya sudah mengering, bantu mengangkatnya dengan menggosoknya pakai sikat gigi bekas.
  • Oleskan mentega pada noda getah nangka, lalu gosok dengan kuku atau sikat gigi bekas. Bilas dengan air bersih untuk sambil terus digosok agar nodanya terkikis. .
  • Pemutih dapat melunturkan noda getah nangka secara cepat dan efektif. Cukup rendam baju putih di dalam air bersih yang sudah dicampur dengan pemutih pakaian secukupnya, lalu tunggu sampai beberapa menit baru angkat baju tersebut.