Cara Membuat Emping Jagung Pedas Manis – Hallo para pecinta kuliner nusantara, kali ini saya sajikan bagaimana cara membuat emping jagung pedas manis.

Pembuatan emping jagung memang tidaklah sulit, namun harus tetap memperhatikan beberapa hal agar kualitas dari emping jagung bisa maksimal. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan emping jagung yang harus anda ketahui.

1. Pemilihan Bahan

Untuk menghasilkan emping yang berkualitas, pilihlah jagung yang sudah tua dan memiliki kualitas yang baik dalam arti tidak berpenyakit dan memiliki butiran jagung yang bagus.

Selain itu untuk menghasilkan ukuran emping yang sedang atau agak besar, pilihlah biji jagung dengan ukuran yang lumayan besar. Selain itu pemilihan biji jagung yang besar memudahkan kita dalam membuat emping jagung agar tidak mudah hancur.

2. Proses Memipil Jagung

Memipil jagung yaitu memisahkan biji jagung dengan tongkolnya dan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun untuk menghemat waktu dan tenaga, proses ini disarankan menggunakan mesin pemipil jagung.

3. Perebusan dengan Kapur

Jagung yang telah dicuci hingga bersih, selanjutnya adalah direbus dalam air yang sudah diberi campurn kapur. Jumlah kapur yang digunakan dalam perebusan ini adalah sekitar 2-4% dari total berat jagung yang direbus.

Tujuan dari perebusan inni adalah untuk menghilangkan kulit ari atau kulit tipis yang menyelimuti biji jagung. Jika kulit arinya sudah hancur maka jagung akan licin bila dipegang.

4. Proses Perendaman

Setelah direbus dengan kapur, biji jagung dicuci sampai bersih sampai bau kapur tidak ada lagi. Barulah jagung tersebut direndam semalaman dalam air bersih agar biji jagung lebih mudah diolah ketika proses pengukusan jagung.

5. Pengukusan Jagung

Setelah direndam, jagung akan dikukus selama satu jam yang akan membuat biji jagung mengalami gelatinisasi, namun pastikan agar jagung tida terlalu matang. Bila gelatinisasi ini berlebihan,maka biji jagung akan mudah sekali untuk hancur saat dipipihkan.

6. Proses Mengemping

Proses selanjutnya adalah mengemping atau memipihkan biji jagung yang telah dikukus. Agar mudah dipipihkan biji jagung haruslah dalam keadaan masih panas dan lunak.

Untuk proses memipihkan ini sebaiknya menggunakan mesin pemipih yan dilengkapi dengan roll yang terbuat dari bahan plastik. Jagung yang telah dipipihkan dan baru keluar dari mesin biasanya lunak dan mudah hancur.

7. Pengeringan dan Penyortiran

Jagung yang sudah dipipihkan, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur dibawah terik panas matahari.Biasanya proses penjemuran ini akan memakan waktu sekitar 1-2 hari.

Emping yang sudah kering lalu disortir dengan cara diayak untuk mendapatkan ukuran emping yang seragam.

8. Penggorengan

Emping yang sudah benar-benar kering bisa langsung digoreng. Saat menggoreng sebaiknya tidak terlalu sering diaduk agar tidak hancur. Proses penggorengan juga tidak membutuhkan waktu lama karena emping mudah mengembang dan cepat matang.

Untuk penirisan emping sebaiknya menggunakan mesin peniris atau sering disebut dengan spinner. Bila emping masih mengandung banyak minyak, maka akan mempegaruhi rasa, kualitas, sekaligus ketahanan dari emping tersebut.

9. Penambahan Bumbu

Bumbu biasanya digunakan untuk menambah cita rasa dari suatu makanan. Penambahan bumbu dalam emping jagung ini dilakukan ketika proses penggorengan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan cara menambahkan bumbu pada emping berikut.

  • Siapkan larutan bumbu yang terbuat dari campuran bawang putih dan garam.
  • Goreng emping mentah dalam minyak panas.
  • Saat emping mulai mengembang, tuang larutan bumbu pada emping yang sedang digoreng.
  • Goreng emping beberapa saat, kemudian angkat dan tiriskan.

*Penambahan bumbu saat digoreng tersebut hanya berlaku pada cara membuat emping jagung rasa gurih. untuk varian lain seperti balado, pedas, dan lain-lain tidak dianjurkan karena bumbu akan larut dalam minyak

Cara Membuat Emping Jagung Pedas Manis

Bahan-bahan:

  1. 1 kg emping jagung yang sudah dijemur
  2. 1 lt minyak goreng
  3. Bumbu:
  4. 1/2 kg gula jawa
  5. 1 ons cabe rawit
  6. Asam jawa
  7. Garam
  8. Air putih secukupnya

Langkah:

  1. Pertama siapkan wajan tuangkan minyak goreng,jika sudah panas goreng emping sampai habis.
  2. Selanjutnya siapkan bahan bumbu:gula jawa,asam jawa,cabe rawit.
  3. Lalu ulek cabe rawitnya.
  4. Tumis bumbu tadi,lalu masukan gula yang sudah di haluskan,tambahkan asam jawa yg sudah dihancurkan dengan air.
  5. Jika dirasa sudah agak mengental masukan emping yang sudah digoreng tadi dikit demi dikit sambil diaduk pelan sampai bumbu merata.
  6. Matikan kompor sambil diaduk lagi,jadi dech buat cemilan disegala musim emping jagung manis pedasnya.