Bahaya Air Kelapa Untuk Ibu Hamil – Terdapat mitos yang mengatakan bahwa terdapat keyakinan bila ibu hamil sering minum air kelapa, bayinya akan berkulit putih bersih. Bila bepergian, ibu hamil harus membawa gunting atau benda tajam lainnya. Agar bayi dan calon ibu terhindar dari gangguan dan marabahaya. Pantangan dan anjuran terhadap makanan untuk dikonsumsi serta berbagai ritual terkait masa kehamilan seorang wanita merupakan bentuk pengawasan yang mempunyai dampak baik negatif maupun positif terhadap kesehatan ibu yang sedang hamil dan janin yang dikandungnya.

Bahaya Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Walaupun kaya manfaat ternyata dalam air kelapa terdapat efek samping

Ritual diyakini masyarakat mempengaruhi kesehatan ibu selama hamil dan janin yang dikandungnya, dengan harapan agar ibu dan bayi yang dikandung lahir dengan selamat dan sehat. Namun demikian, dengan berjalannya waktu, mitos ini tidak lagi menjadi keharusan, namun menjadi suatu anjuran.

Disadari atau tidak disadari, tentunya faktor-faktor kepercayaan dan konsepsi-konsepsi budaya termasuk di dalamnya pengetahuan tradisional mendasari sikap dan perilaku masyarakat kaitannya dengan perawatan kehamilan. Kepercayaan dan konsepsi-konsepsi budaya tersebut adakalanya berdampak positif atau berdampak negatif terhadap kesehatan ibu hamil.

Di masyarakat air kelapa hijau (Cocos nucifera L) dikenal sebagai salah satu tanaman yang digunakan untuk membuat ramuan tradisional yang berkhasiat sebagai obat berbagai macam penyakit, salah satunya adalah menetralkan racun dalam tubuh, hal ini disebabkan karena air kelapa hijau mengandung chelating agent, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan terjadinya proses pengikatan logam. Di samping itu wanita juga membutuhkan zat yodium lebih banyak dari pria, kekurangan zat ini akan menyebabkan gondok yang membahayakan perkembangan janin baik fisik maupun mental.

Kelapa atau Cocos nucifera yang termasuk dalam jenis tanaman palm dapat tumbuh tegak setinggi 10 sampai 14 meter lebih serta tidak bercabang.  Buahnya berbentuk bulat dengan permukaan kulit hijau jika masih mentah, kemudian berubah menjadi kuning setelah masak. Rasanya sepat ketika masih muda dan manis setelah masak.

Air buah kelapa memiliki khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.Di dalam 1 liter air kelapa muda mengandung zat pengatur tumbuh (ZPT) sitokinin.

Faktanya Konsumsi air kelapa pada saat kehamilan, selama tidak berlebihan dan tidak mengganggu asupan nutrisi lainnya tidak membahayakan Ibu maupun janin. Bagi wanita yang sedang hamil, umumnya pada usia kehamilannya yang masih muda (trimester pertama/ tiga bulan pertama) dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi air kelapa karena bisa meningkatkan kadar asam lambung. Tetapi yang harus diperhatikan adalah apabila menginjak pada trimester ketiga dapat membuat air ketuban menjadi keruh sehingga pada saat lahir nanti menyebabkan bayinya tidak menangis, padahal normalnya saat lahir akan menangis.

Kebaikan air kelapa sendiri terlihat dari kandungan gizinya seperti vitamin C, serat, dan elektrolit untuk tubuh ibu hamil. Perlu dipastikan bahwa Ibu hamil harus memenuhi asupan nutrisi dan kalori yang diperlukan bagi Ibu hamil dari berbagai sumber makanan.

Air kelapa memang bermanfaat bagi penderita penyakit batu ginjal, akan tetapai konsumsi cukup banyak air kelapa malah bisa berbahaya bagi seseorang yang fungsi ginjalnya telah mengalami penurunan, seperti yang paling buruk yaitu dapat membahayakan jantung seperti gangguan keseimbangan sebelum dan setelah pemberian air kelapa hijau (Cocos nucifera L).

Fakta lainnya air kelapa mengandung elektrolit yang bisa memicu kontraksi otot, tapi kalau diminum segelas sehari saja, itu tidak  bisa bikin kontraksi. Normalnya, segelas itu dengan takaran 240 mililiter per harinya.

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang mengandung elektrolit alami, antara lain kalsium (6,6 mM/L), kalium (77,3 mM/L), Komposisi elektrolit dari minuman air kelapa muda tersebut masih kurang diperhatikan dan bisa menyebabkan bahaya jika dikonsumsi berlebihan. Hal itu karena saat mengeluarkan keringat, tubuh mengalami kekurangan sodium. Adapun kadar sodium di dalam air kelapa tidaklah mencukupi untuk mengganti kekurangan sodium di tubuh kita. Sehingga selain minum air kelapa, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air mineral atau air putih yang mencukupi tubuh.

Yang juga harus diketahui sebenarnya menurut penelitian karena air kelapa tidak mengandung cukup sodium. Sodium merupakan elektrolit yang penting, bekerja untuk membantu penyerapan air menjadi lancar ke dalam aliran darah.

Air kelapa hijau merupakan cairan kaya gizi, dan salah satu zat gizinya adalah kalium yaitu 3120 mg/L dan natrium adalah 1050 mg/L.7 Kalium merupakan ion bermuatan positif, terutama terdapat di dalam sel dan sebanyak 95% kalium berada di dalam cairan intraseluler.

Setelah melakukan aktifitas yang melelahkan yang mengeluarkan banyak keringat. Ternyata, minum air kelapa saja tidaklah cukup. Karena kandungan kalsium di dalam air kelapa justru dapat menimbulkan efek samping berupa kejang otot dan membuat Anda lebih kelelahan.

Bahaya Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Efek samping konsumsi air kelapa selama kehamilan

Air kelapa memang baik, tapi ibu hamil memerlukan nutrisi lainnya seperti lemak dan protein yang tidak ada di air kelapa. kandungan elektrolitnya dalam kelapa tidak cukup jika untuk mengatasi dehidrasi karena latihan keras dan intens, serta akibat diare.

Mitos yang mengatakan bahwa air kelapa bikin air ketubannya bersih, tapi memang belum terbukti. Bayi bersih karena genetik alias keturunan bukan karena air kepala muda, susu kedelai atau apapun. Hal ini erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat bahwa kehamilan itu adalah proses alamiah dan tidak perlu dirisaukan sepanjang tidak ada keluhan yang menganggu.

Mitos yang tidak tepat berkembang dimasyarakat yang diyakini jika wanita hamil umumnya hanya memakan sayur-sayuran (lalap) jarang ditambahi dengan ikan, daging, dan buah-buahan yang dianggap tidak baik untuk si bayi. Akibatnya wanita hamil menderita anemia.  Tetapi secara bio-medis kurang/tidak mau memeriksakan diri secara rutin dan memakan makanan yang bergizi untuk kesehatan ibu dan anak.

Tetapi pada kenyatannya masih saja ada ibu hamil yang kurang memperhatikan asupan makanan, terutama yang mengandung zat besi yang penting bagi ibu dan janinnya Karena kurangnya cairan yang masuk menjelang persalinan menyebabkan energi dalam tubuh berkurang yang dapat mengakibatkan kekuatan ibu melemah akibatnya tidak mampu meneran, dengan memberikan asupan nutrisi. Pemberian air kelapa muda pada ibu intranatal dinilai lebih efisien dibandingkan dengan air mineral biasa, karena air kelapa muda yang mengandung elektrolit, isotonik, mineral dan vitamin lainnya akan menambah kekuatan meneran pada ibu sehingga tidak terjadi persalinan macet atau persalinan lama karena faktor kekuatan ibu.

Bahaya Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

dampak yang dialami saat konsumsi kelapa

Kalaupun membelinya dipedagang cermati baik-baik, Dari pengamatan biasanya pedagang memarut kelapa di tempat pembelian kelapa dan biasanya kelapa dicuci dengan air kelapa seadanya, keadaan ini yang  mengakibatkan kontaminasi resin. Pada produk es kelapa muda paling banyak diminati golongan dewasa dan orang tua seringnya pun dibungkus menggunakan bahan palstik. Masing masing jenis plastik memiliki tingkat bahaya yang berbeda, tergantung komposisi bahan pembuatannya. Didalam plastik terdapat 10 µg timbal (Pb) yang akan dihasilkan.

Anda juga bisa mencari tahu kreasi es kelapa muda disini