Banyak sekali olahan dari buah kelapa tua   yang bisa di manfaatkan. Karena adanya teknologi alat dan mesin yang bisa mendukung produksi, tidak salahnya kita untuk mencoba membuka usaha sabut kelapa untuk ciptakan penghasilan. Yuk kita simak bersama!

Peluang Usaha Produk Olahan Sabut Kelapa Yang Menguntungkan

Sabut kelapa memang bernilai ekonomi tinggi, tentunya banyak sekali peluang usaha produk olahan sabut kelapa yang sangat banyak di kembangkan. Setelah sabut kelapa diolah menjadi serat (cocofiber). Serat saran yang mencari pasar sebagai bahan baku jok mobil, furniture, pot, geotekstil, maupun matras.

Pasar ekspor dan domestik menyerap produk itu dalam jumlah besar. Untuk mengolahnya dan mendapatkan produk dengan kualitas yang baik, tentu kita harus mau tahu sebanyak-banyaknya informasi tentang sabut kelapa ini.Faktor yang mempengaruhi mutu bahan baku serat sabut, yaitu komposisi kimia seratnya. Serat dari kelapa dalam memiliki kandungan selulosa, pentose, lignin yang kebih tinggi dibandingkan kelapa genjah dan hibrida, sadangkan kadar abunya lebih rendah.

 

Kondisi tersebut menyebabkan kelapa dalam memiliki mutu yang lebuh baik sebagai bahan baku serat sabut. Mutu tertinggi produk serat di capai pada saat umur buah 13 bulan. Pada umur tersebut pertumbuhan buah sudah berhenti, kadar air sabut sudah menurun, dan kandungan abunya relatif rendah. Pengolahan sabut kelapa primer pengolahan sabut terdiri atas serat (serat panjang), bulu (serat halus dan pendek), dan serbuk sabut atau sabut kelapa.

Keunggulan Produk Olahan Sabut Kelapa

  1. memiliki daya serap air yang sangat tinggi
  2. mempunyai sifat material yang ramah terhadap lingkungan
  3. memiliki daya serap panas yang sangat tinggi
  4. proses pengolahannya tidak mencemari lingkungan
  5. menggunakan mesin pengolah yang relatif sederhana
  6. memiliki potensi pasar yang sangat besar, baik di pasar domestik maupun di pasar ekspor.

Serbuk sabut (coco-dust) banyak digunakan untuk media pertumbuhan tanaman sebagai substitusi gambut alam karena sifatnya yang mampu menyerap udara dalam jumlah yang besar, dan memiliki struktur yang memudahkan sirkulasi udara sehingga pernapasan akar tanaman lebih baik. Produk serbuk sabut komersial yang telah di kembangkan adalah cocopeat (untuk media pertumbuhan tanaman) dan cocomix (untuk media pertumbuhan tanaman dan sekaligus sebagai pupuk). Selain itu, serbuk sabut dapat di olah bersama bristle menjadi hardboard.

Tips Memulai Usaha Produk Olahan Sabut Kelapa

1. Menganalisa Jenis Usaha Yang Terkait

Anda harus memastikan bahwa usaha produk olahan sabut kelapa yang Anda rikan adalah jenis usaha yang ingin Anda kembangkan. Cari tahu produk unggulan olahan kelapa yang bisa menunjang usaha sabut kelapa Anda lebih baik lagi. Lakukan analisa  Break Event Point  untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Setelah itu jabarkan rencana usaha Anda secara detail (Prakiraan penjualan, analisa arus kas, dll). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan produk olahan sabut kelapa Anda.

2. Perluas Networking Anda

Jaringan dapat menjadi landasan untuk kelangsungan hidup produk olahan sabut kelapa Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki jaringan yang luas.

3. Siapkan Modal

Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal dapat di hasilkan dari: modal sediri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjam uang dari bank, dan sistem partnership. Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari anggaran keluarga Anda dalam bank.

 

Demikian sedikit penjelasan tentang usaha sabut kelapa untuk ciptakan penghasilan. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kalian. Sekian Terima Kasih.