Jamur tiram? Tentu bahan utama dari usaha keripik jamur tiram ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat khususnya di Indonesia.

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang sangat banyak disukai. Baik untuk dimasak seperti tumis contohnya Resep Sup Sosis Jamur , ternyata jamur tiram Ini dapat dijadikan sebuah camilan.

Camilan yang terbuat dari jamur tiram ini pasti sangat populer di pasaran. Keripik ini juga sangat digemari oleh kebanyakan orang karena dengan rasa yang gurih cocok banget buat cemilan sehari-hari.

Cara Membuat Keripik Jamur Tiram untuk Usaha Keripik Jamur Tiram

Sebelum membuat keripik jamur tiram kita siapkan dahulu bahan- bahan yang diperlukan, bahan- bahannya diantaranya adalah:

Bahan

  1. Jamur tiram 1 kg
  2. Tepung beras 1 kg
  3. 1 butir telur
  4. Kemiri 1 ons
  5. Bawang putih 1 bongkot
  6. Garam secukupnya
  7. Ketumbar 1 sendok
  8. Minyak goreng

Cara Pembuatan Keripik Jamur Tiram

  1. Pertama bersihkan terlebih dahulu jamur tiram tersebut.
  2. Kemudian didihkan air secukupnya menggunakan panci
  3. Setelah air mendidih masukkan jamur tiram yang telah kamu suir- suir tadi, tunggu kurang lebih selama 3 menit. Kemudian angkat tiriskan.
  4. Sambil menunggu jamur tiram ditiriskan, haluskan kemiri, bawang putih, ketumbar kemudian tambahkan garam secukupnya.
  5. Campur semua bumbu tersebut ke dalam tepung, aduk hingga rata dan tambahkan satu buah telur. Aduk lagi adonan tepung tersebut hingga benar- benar rata.
  6. Tuangkan jamur tiram yang sudah disuir- suir dan ditiriskan ke dalam adonan.
  7. Ayak dengan perlahan, agar tepung menempel di jamur tiram untuk lebih menambah tekstur jamur tiram lebih lembut.
  8. Siapkan wajan yang sudah diberi minyak dan kemudian panaskan. Pastikan minyak banyak dan panasnya merata.
  9. Goreng jamur tiram hingga matang merata

Perlengkapan Usaha Keripik Jamur Tiram

Menjalankan usaha keripik jamur tiram ini dibutuhkan persiapan yang matang agar usaha menjadi lancar. Persiapan yang dimaksud adalah seperti perlengkapan memproduksi dan perlengkapan untuk promosi.

 Peralatan produksi yang digunakan dalam usaha keripik jamur tiram ini misalnya: wajan, kompor gas dan gas, spatula, peniris minyak, pengaduk, baskom dan sebagainya.

Pengemasan Usaha Keripik Jamur Tiram

Supaya keripik jamur tiram dapat meningkatkan penjualan maka perlu dilakukan juga pengemasan yang baik. Kemasan sederhana ini bisa menggunakan plastik tebal yang sedang dengan ditambahan nama produk pada luar kemasan plastik.

Pastikan untuk membuat nama produk yang unik dan pastinya mudah diingat oleh para konsumen. Kemasan juga harus rapat untuk menjaga kualitas dan kerenyahan keripik jamur tiram didalamnya.

Tetapi dianjurkan untuk mengemas keripik jamur tiram supaya rapi dan tahan lama membutuhkan hand sealer.

Harga Keripik Jamur Tiram

kemasan 50 gram dijual dengan harga Rp3.000 untuk eceran, Rp 7.500 untuk reseller dengan minimal pemesanan 40 pak, dan Rp 6.000 untuk agen dengan pembelian minimal 100 kemasan.

Margin keuntungan tidak tetap, karena harga bahan baku jamur tiram bisa naik turun, tetapi rata-rata berada pada kisaran 30%-50%.

Keuntungan Usaha Keripik Jamur Tiram

Popularitas aneka kuliner jamur tiram yang semakin merajalela di kalangan masyarakat hal ini tidak hanya membukakan peluang pasar yang cukup lebar bagi para pelaku usaha tetapi juga mendatangkan untung yang besar setiap bulannya.

Meskipun bisnis ini tergolong dalam usaha kecil-kecilan, namun prospek pasarnya masih sangat besar sehingga tidak menutup kemungkinan bila setiap bulannya kamu dapat meraup keuntungan yang cukup menjanjikan dengan menjadi seorang reseller usaha keripik jamur tiram.

Kekurangan Usaha Keripik Jamur Tiram

Dalam menjalankan peluang usaha kecil ini, hambatan yang paling sering dihadapi para pelaku usaha adalah resiko kerusakan keripik jamur tiram pada saat proses pengiriman berlangsung.

Seperti kita ketahui bersama, keripik jamur tiram memiliki tingkat kerenyahan yang cukup tinggi, sehingga dalam proses pengirimannya terkadang ada beberapa kerusakan seperti: keripik jamur tiram diterima konsumen dalam kondisi remuk atau hancur.

Untuk menghindari resiko tersebut, ada baiknya jika kamu melengkapi packaging (kemasan) produk yang lebih aman ketika hendak dikirim ke luar kota menggunakan bantuan jasa ekspedisi. Tenang saja biasanya jasa ini di masukkan ke dalam rincian pembayaran pelanggan.