Tips Memilih AC Low Watt – Berbicara soal AC, pasti setiap pengguna AC di rumah ingin agar biaya listrik tidak sampai membengkak karena pendingin ruangan ini. Teknologi yang sudah mulai berkembang kali ini berupa AC low watt atau AC hemat energi adalah salah satu terobosan yang dianggap bisa menekan biaya listrik di rumah.

Dari penyesuaian terhadap inovasi dari AC standard, AC low watt segera diminati karena memberi kesan bahwa energi listrik yang digunakan pasti minim dan otomatis akan lebih mengurangi pengeluaran biaya listrik.

AC Low Watt

tips memilih ac low watt

Sebenarnya AC Low Watt ini memiliki cara kerja yang sama dengan AC Standard. Perbedaannya terletak pada kompressornya yang menggunakan daya listrik yang lebih kecil. AC Low dalam mencapai kemampuan dia akan  memperkuat kipas angin pada outdoor unit.

AC Low Watt secara umum, memiliki harga lebih mahal dari pada AC Standard tetapi AC Low Watt menggunakan listrik yang lebih efisien sehingga biaya listrik anda akan lebih murah hingga ~20-30% per bulannya.

Tipe AC Low Watt ini juga cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil karena memiliki tarikan listrik awal yang paling kecil dibandingkan dengan tipe AC Standard dan AC Inverter.

Contohnya yaitu AC Low Watt 1PK dari Sharp menggunakan daya listrik 690W apabila dibandingkan dengan 900W yang diperlukan AC Standard 1PK dari Sharp.

Kekurangan AC Low Watt hanya pada fakta bahwa ruangan akan terasa dingin lebih lambat dibandingkan AC Standard karena AC ini menggunakan tenaga yang paling sedikit.

Baca Juga : Service AC Jogja

Kegunaan AC Low watt

Kali ini , kami akan membahas mengenai kegunaan AC low watt secara lengkap. AC low watt ini biasa digunakan di rumah dengan daya listrik yang agak rendah sekitar minimal 900 watt.

Jika tarikan konsumsi listrik AC standard mencapai hingga 800 watt, maka untuk AC low wattage diperkirakan hanya sebesar setengah dari AC standard yaitu sekitar 350-400 watt saja.

Kelebihan Dan Kekurangan AC Low Watt

  1. Waktu yang diperlukan untuk ruangan dingin paling lama
  2. Tarikan listrik awal lebih rendah dari AC standard
  3. Efisiensi listrik lebih efisien dari AC standard
  4. Fitur Tambahan (Contoh: filter udara, filter bakteria) Hampir sama dengan AC Standard
  5. Freon Yang Digunakan R22/R32
  6. Skenario Ruangan Yang Cocok-  Sesuai untuk rumah dengan daya listrik yang rendah-  Sesuai bagi ruangan dengan pintu yang sering dibuka tutup atau orang keluar masuk

    –  Cocok bagi penggunaan yang tidak terlalu lama (2-3 jam)

    –  AC ideal untuk kantor, karaoke, ruang tamu

  7. Harga diantara AC standard & AC inverter

Meskipun AC low watt memiliki kekurangan yaitu waktu untuk mendinginkan ruangan. Tetapi tarikan listik lebih rendah ini akan mengurangi pengeluaran anda.

Apa AC Yang Cocok Untuk Anda ?

Selain kelebihan dan kekurangan yang kita bahas. Anda juga bisa memilih AC yang sesuai untuk anda. AC apa sajakah itu berikut ini rekapannya.

Berikut Adalah Rekap AC Yang Cocok Untuk Anda:

  • Jika rumah anda memiliki daya listrik pas-pasan -> Gunakanlah AC Low Watt
  • Pintu ruangan sering dibuka tutup -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • Sering dimatinyalakan -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC mennyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang tidur) -> Gunakan AC Inverter

Nah dengan demikian jika kalian ingin membeli AC Low Watt maka periksalah dahulu kekuatan listrik rumah anda. Dengan membeli AC Low Watt anda juga akan bisa lebih hemat listrik.

Jangan lupa untuk selalu service AC anda di Service AC Jogja.  Demikian tadi tips memilih AC Low Watt. Semoga bermanfaat.