Halo kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang usaha ternak paling cepat panen dan menguntungkan dengan lahan yang terbatas dan modal yang murah. Mungkin beberapa dari kalian ingin mencoba berbisnis ternak, tetapi hanya memiliki modal yang minim. Jangan khawatir karena pada artikel ini saya akan memberikan solusinya.

Dalam usaha peternakan tidak melulu mengeluarkan modal besar dan tanah yang luas, karena kita juga bisa memanfaatkan lahan yang kecil dengan modal yang murah untuk memulai usaha ternak. Kita bisa menggunakan lahan di belakang rumah atau di pekarangan untuk memulainya.

Berikut ini adalah bebrapa ternak hewan yang paling menguntungkan dan tentunya cepat panen.

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

Usaha Ternak Ikan Hias

Usaha ternak ikan hias adalah salah satu jenis usaha ternak yang populer di Indonesia. Dalam usaha peternakan ikan hias juga cukup menjanjikan, hal ini dikarenakan banyaknya jumlah penggemar ikan hias di Indonesia. Mulai dari anak anak hingga dewasa menyukai ikan hias.

Ada beberapa jenis ikan hias yang populer dan tentunya tinggi peminatnya yaitu ikan lohan, oscar, louhan, cupang, dan lain sebagainya. Dan ini akan menjadi peluang bagi anda untuk mencoba membudidayakannya kerena tingginya minat masyarakat.

Kunci dari usaha ini adalah cermat, ulet, sabar, dalam merawat ikan hias.

Usaha Beternak Kelinci

Para peminat kelinci tidak hanya untuk menggkonsumsinya saja, tetapi juga untuk di jadikan hewan peliharaan kembali bagi orang yang hobi dengan binatang ini, peminatnya pun juga banyak mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Mungkin harga kelinci konsumsi tidak semahal kelinci untuk di pelihara, namun harganya masih lebih mahal dari hewan kecil lainnya.

Harga kelinci lokal di pasaran di patok kurang lebih Rp.120.000 sampai Rp.150.000 sepasang dan Rp.25.000 sampai Rp.35.000 per ekornya untuk kelinci usia 2-3 bulan. Usia dari kelinci lokal juga terbilang lumayan lama yaitu mencapai 5 hingga 10 tahun.

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan : Ternak Kroto

Pada jaman dahulu kalu hanya untuk mendapatkan kroto masih tergolong mudah karena alam sudah menyediakan. Namun seiring perkembangan jaman kroto yang ada di alam sudah kian menipis.

Potensi ternak kroto untuk mendapatkan keuntungan yang besar sangat tinggi. Di tandai banyaknya pabrik pakan burung yang membutuhkan kandungan kroto alami untuk pencampuran produk yang ingin dihasilkan.

Beternak Ayam Kampung

ternak paling cepat panen dan menguntungkan

Berbeda dengan ternak ayam negri atau potong, jika ternak ayam kampung memerlukan waktu yang lebih lama. Banyak orang yang menyukai daging ayam ini. Tetapi orang yang menjualnya hanyalah peternak tertentu saja. Untuk tambahan saja,  sebaiknya anda juga beternak ayam bangkok.

Kenapa ? Karena jika kita memelihara ayam bangkok ruang lingkup pasar kita akan semakin luas. Orang yang hobi ayam bangkok atau petarung biasanya memiliki relasi teman yang sangat banyak dan mudah untuk diajak menjadi partner berbisnis.

Bisnis Beternak Belut

Ternak hewan cepat menguntungkan lainnya adalah beternak belut. Peluang pasar peternakan belut sudah terbentuk bagus dan memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan daging belut yang mempunyai cita rasa yang khas dan enak dengan harga jual sekitar Rp.30.000/Kg.

Kalian bisa memulai usaha peternakan belut sebagai usaha sampingan di rumah. Serta kalian bisa menjalankannya dalam lahan yang sempit, karena belut tidak harus memerlukan tempat yang besar. Untuk modal awal yang dikeluarkan juga tidak besar, karena hanya untuk benih, pakan, dan kolam.

Ternak Marmut

Berbeda dengan ternak kelinci, cara bertenak marmut tergolong lebih gampang dan cepat, akan tetapi harga jualnya juga lebih murah. biasanya marmut di jual untuk peliharaaan dan juga di konsumsi. Salahsatu contoh olahan masakan dari marmut  adalah sate.

Ternak Bebek

ternak paling cepat panen dan menguntungkan

Daging bebek sangat di sukai banyak orang, Selain itu anda juga mendapat pendapatan double selain anda beternak bebek anda juga akan dapat memfaatkan telur bebek untuk anda olah kembali menjadi telur asin. Hal ini dapat di ibaratkan Menyelam sambil minum air. Harga daging bebek pun relatif masih mahal yaitu sekitar Rp.42.000.

Jika dilihat kembali, Saat ini sangat jarang orang yang membutuhkan bebek. Namun jika anda sudah terjun di dunia bisnis peternakan bebek, anda tidak akan mengira bahwa ternak bebek juga sangat menguntungkan.

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan : Bisnis Ternak Lele

Ternak lele juga menjadi andalan pengusaha pemula. Karena bisnis ini tergolong gampang dan membutuhkan modal yang tidak banyak. Dan hanya dalam waktu tidak kurang dari 3 bulan lele sudah siap untuk dipanen. Jika proses budidayanya dilakukan dengan cara yang modern waktu yang dibutuhkan untuk panen akan lebih cepat.

Dan yang masih membingungkan adalah masih saja ada daerah yang masih kekurangan pasokan ikan lele padahal cara beternaknya saja mudah, contohnya kota Yogyakarta. Peternak lele lokal jogja belum mampu memenuhi permintaan konsumsi lele di kota sendiri, akhirnya harus membutuhkan pemasok dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lele.

 


Itulah daftar usaha ternak yang paling cepat panen dan menguntungkan yang dapat dijadikan sebagai mesuka ke kalian yang masih bingung mau tenak apa. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian. Sampai jumpa di artkiel lainnya.