Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Tag: kreasi roti tawar gulung

Kreasi Es Kelapa Muda Susu

resep es kelapa muda susu – Buah kelapa tumbuh subur di Indonesia karena didukung oleh iklimnya yang tropis, dari wilayah penyebarannya tanaman kelapa menyebar di seluruh pelosok tanah air.

Luas areal perkebunan kelapa di Indonesia sebagian besar diusahakan sebagai perkebunan rakyat yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara dengan rincian pulau Sumatera 32,90%, Jawa 24,30%, Sulawesi 19,30%, Kepulauan
Bali, NTB dan NTT 8.20%, Maluku dan Papua 7,80%, dan Kalimantan 7,50%.

Dari data diatas tentunya manfaat pohon kelapa mendatangkan devisa yang besar bagi negara. Apalagi air kelapa khususnya kelapa muda yang bernilai ekonomi tinggi, sebab dapat dipadukan dengan bahan campuran lain menghasilkan kreasi minuman yang berbeda.

resep es kelapa muda susu

kelapa muda yang dapat dipadukan menjadi minuman yang beraneka jenis

Pada artikel kali ini saya akan membagikan kreasi es kelapa muda susu. Adapaun bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1. 1 butir kelapa muda, keruk dagingnya
  2. Susu cair +-750 ml
  3. 50 g  gula pasir (takaran disesuikan kebutuhan)
  4. Air 100 ml
  5. Es balok/serut

Apabila anda ingin berkreasi dapat pula mencampurkan bahab-bahan diantaranya : madu, cincau, perasan jeruk nipis atau pewarna makanan laiinnya.

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Masukkan gula pasir di panci yang sudah disiapkan kemudian tambahkan air.
  2. Diaduk-aduk sampai mendidih, angkat dan biarkan dingin.
  3. Kemudian tambahkan kelapa muda, susu dan bahan-bahan lain sesuai selera.
  4. Tambahkan es batu/serut.

Caranya cukup mudah kan ?

Anda dapat mengkombinasikannya dengan bahan lain tergantung selera anda. Selain kandungan zat gizi/nutrisi alami dari air kelapa jika dipadukan dengan susu yang kaya mineral dan zat besi kandungan didalamnya akan lebih lengkap. Karena kelapa merupakan salah satu bahan nabati alami dan susu merupakan produk hewani yang nutrisi yang berasal diantaranya dari sapi dll.

Jadi tidak ada salahnya es  kelapa muda susu ini anda coba untuk hidangan minuman anda, dan juga pelepas dahaga tentunya, rasanya akan sangat nikmat karena bila dipadukan dengan madu. Minuman ini sangat menyehatkan dan bermanfaat bagi pemenuhan nutrisi manusia, apalagi bila kita tambahkan es untuk menambah kesegran rasanya.

Yang perlu diperhatikan adalah komposisi gula didalamnya, Jika takut gemuk bisa mengganti gula dengan madu atau gula rendah kalori buat diet.

 

Disini Tempatnya! Cara Bikin Roti Tawar Goreng

Cara Bikin Roti – Roti merupakan sumber karbohidrat yang terbuat dari bahan terigu, pengembang/ yeast, lemak, gula dan garam telah ada sejak ribuan tahun lalu. Cikal bakal roti berasal dari bangsa Mesir Kuno.

Namun pada zaman tersebut roti masih dibuat dengan cara yang sederhana sehingga bentuk dan rasanya tentu berbeda dengan roti saat ini.

Pada abad pertengahan, evolusi roti telah mencapai puncaknya, terutama di Benua Eropa. Pada saat itu cita rasa roti sudah sama seperti yang kita temukan saat ini, begitu juga dengan bentuk dan variasinya.

Cara Bikin Roti

Roti adalah salah satu hidangan kuno, dan mungkin yang paling penting posisinya khususnya pada waktu sarapan. Nutrisi lengkap dan baik jadi pengganti asupan setelah makan malam sebagai input berakhir 8 jam sebelumnya. Roti adalah sumber karbohidrat yang dirubah jadi energi dengan kandungan rendah lemak

Punya persediaan roti tawar cukup banyak, tapi bosen kalo cuma dioles selai doang….mumpung temanya lagi suka bikin snack yang serba digoreng, jadi pengen bikin Resep Roti Tawar Goreng aja….ntu roti digoreng dengan isian sayur plus makaroni, bikinnya guampang…yang jelas gak seribet risoles (lagi-lagi).

Ide bikinnya sih sebenarnya dari tabloid Saji cuma lupa edisi kapan, cuma yang dingget cara mbuatnya tentang isian suka-suka kita aja.

 

Cara Bikin Roti Tawar Goreng

Cara Bikin  Roti tawar goreng ini hampiiiir sama dengan bikin snack goreng yang sebelumnya (risoles, lumpia, dan kroket), beda di teknik ngelipet roti tawarnya aja. Untuk isian aku pake isian di Resep Kroket Kentang, cuma bedanya kentangnya kuganti makaroni (karena anakku seka banget makaroni)

Bahan :

  • 10 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 200 ml susu UHT plain
  • 100 gram wortel potong kotak2 kecil
  • 100 gram makaroni rebus
  • bawang perai 1 batang, iris tipis
  • seledri 1 tangkai, iris tipis
  • bawang putih 2 siung, cincang
  • bawang merah 4 butir, cincang
  • garam secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • tepung terigu protein sedang 75 gram
  • telur ayam 2 butir, kocok lepas
  • tepung panir 75 gram

 

Cara Membuat Roti Tawar Goreng:

  • Potong roti tawar menjadi 2 bagian secara diagonal (jika mau ukuran kecil)
  • Celupkan roti pada susu (asal basah aja), setelah itu masukkan 1 sendok teh adonan isi, tutup roti sehingga menjadi bulat.
  • Setelah itu, tumis bawang putih dan bawang merah. Tambahkan bahan isi lainnya, masak sambil diaduk hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  • Ambil campuran kentang secukupnya, pipihkan. Letakkan 1 sdt adonan isi, bentuk bulat lonjong. Lakukan hingga adonan habis.
  • Gulingkan bulatan kentang di atas terigu hingga rata. Celup dalam telur, angkat dan gulingkan di atas tepung panir hingga rata.
  • Simpan adonan yang sudah jadi dalam lemari es kurang lebih 30 menit (supaya tepung panir menempel dan tidak gampang lepas waktu digoreng)
  • Panaskan minyak, goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

 

Jangan lupa bagi beberapa yang memiliki alergi, roti tidak disarankan untuk dikonsumsi. Roti dapat mengandung garam/sodium tinggi, perhatikan jumlah asupan jika sedang dalam program diet untuk kesehatan.

Baca juga : manfaat minyak kelapa

Juga mengandung gluten yang memberi kelembutan dan kekenyalan dari tekstur roti, akan memicu alergi bagi mereka yang sensitif. Selalu perhatikan label informasi produk yang tercantum dalam kemasan untuk mengetahui kadar atau bahan yang digunakan.

Roti yang diproduksi masal terkadang diberi tambahan seperti pemutih, tepung kedelai dan karamel. Pilihan lain untuk hasil optimum dari kebaikan roti adalah jenis organik yang sekarang banyak tersedia dipasar.

 

© 2019 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑