Cara mengolah biji durian menjadi susu – Biasanya saat musim durian, kita akan menemukan biji durian yang dibuang dan hanya menjadi Limbah tidak berguna. Tetapi, kini pandangan tersebut telah dirubah menjadi minuman sehat yang mengandung protein tinggi.

Biji durian berhasil diolah menjadi susu dengan proses yang sederhana sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti susu sapi yang sedik mahal harganya.

Cara mengolah biji durian menjadi susu

cara mengolah biji durian menjadi susu

  1. Langkah pertama abis lu makan itu durian nya biji nya lu simpen, gak deng… Bijinya lu rebus semuanya jadi satu
  2. Nah, abis lu rebus lu kupas kulitnya.
  3. Udah di kupas? lu rebus lagi itu biji durian yang udah lu kupas.
  4. Setelah lu rebus lagi, potong-potong biji durian yg udah di kupas.
  5. Habis itu lu halusin, bukan alusin yg gimana-gimana, tapi maksut gue alusin disini lu blender biji durian yg lu potong-potong itu, pakai air pastinya blender nya. kalau bisa takaran airnya itu diatas dari tumpukan biji durian yg udah di potong-potong itu.
  6. Oh ya blender nya harus sampe halus banget loh yah, kaya bikin juice strawberry gitu, haus jadinya…
  7. Okay lanjut, setelah di blender.. lu saring biji durian yang udah lu blender itu
  8. Nah.. ini langkah yg hampir akhir sebelum lu minum. lu masak biji durian yang udah lu saring itu atau di rebus lah istilahnya, tapi rebusnya gak usah pake air lagi. oks?

Baca juga cara membuat keripik biji durian

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh biji durian :

1. Sebagai sumber energi dan tenaga

Selain daging buahnya, biji durian juga dapat menjadi salah satu sumber energy bagi tubuh. Hal ini dikarenakan biji durian memiliki kandungan sari pati yang cukup tinggi sehingga mampu menyuplai kebutuhan energy bagi tubuh.

Biji durian, terutama biji durian yang direbus dapat menggantikan fungsi ubi, singkong, bahkan nasi dalam hal pemenuhan kebutuhan energy yang dibutuhkan oleh tubuh sehari – hari.

Baik sebagai sumber energi dan tenaga.

2. Pembuatan tepung biji durian

Manfaat lain dari biji durian ialah dapat dimanfaatkan sebagai tepung. Biji durian yang dikeringkan dapat digiling hingga halus dan dimanfaatkan untuk dijadikan tepung. Tepung dari biji durian ini dapat menggantikan penggunaan tepung terigu yang biasa digunakan dalam pembuatan bahan makanan.

3. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Setelah diteliti lebih lanjut, biji durian memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang anda. fosfor dan kalsium ini merupakan dua zat yang penting untuk kesehatan tulang anda, seperti :

  • Membantu menjaga kesehatan tulang
  • Memperkuat struktur tulang
  • Menjaga kesehatan dan kekuatan gigi
  • Mencegah terjadinya osteoporosis
Baik untuk tulang dan gigi

4. Memiliki kandungan protein

Biji durian juga memiliki kandungan protein. Meskipun kandungan protein yang dimiliki oleh biji duren tidak banyak, namun kandungan protein ini dapat membantu memnuhi kebutuhan tubuh akan protein dalam sehari – hari. Berikut ini manfaat protein bagi tubuh :

  • Membantu mengikat lemak
  • Menguatkan otot
  • Memberikan energy bagi tubuh
  • Menjaga daya tahan tubuh

5. Sebagai campuran dari obat yang berbentuk tablet

Ekstrak dari biji durian juga sering dimanfaatkan untuk campuran dalam ppembuatan tablet – tablet dan obat – obatan yang biasa kita konsumsi sehari – hari.

6. Penguat rasa

Manfaat lain dari biji durian adalah sebagai penguat rasa durian, terutama ketika anda mencoba membuat es krim dengan bahan dasar durian. Buah durian yang masih menempel pada bijinya akan membuat rasa dan tekstur dari es krim durian menjadi lebih nikmat dan lezat untuk dikonsumsi.

7. Campuran pada kolak durian

Salah satu olahan yang sangat menggiurkan adalah kolak durian. Mirip seperti jenis kolak pisang, hanya saja menggunakan daging durian sebagai bahan dasarnya. Biasanya biji durian yang sudah matang dan layak dikonsumsi juga turut dimasukkan sebagai bahan campuran dari kolak durian.

Baca juga cara membuat keripik mangga

Mudah bukan..! cara mengolah biji durian menjadi susu. Selamat mencoba dan nikmatkan rasanya..!!