Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Tag: aneka resep kue lapis

Cara Bikin Keciput Enak Super Renyah

Cara Bikin Kue Keciput memang kelihatannya mudah dibuat, tapi salah tekniknya bisa bikin hasilnya lembek. Banyak yang penting untuk diperhatikan, mulai dari pilihan tepung yang tepat hingga tambahan rempah khusus. Gunakan ketan putih bisa diganti tepung ketan hitam, selain itu tidak menghasilkan Kue Keciput yang krenyes.  Air kapur sirih ambil bagian beningnya, kalo nggak ada bisa diganti pake baking powder dan soda kue.

Cara Bikin Kue Keciput Tepung Ketan

Cara Bikin Keciput

Bahan:

  • Telur 1 butir
  • Kuning telur 1 buah
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Santan kental 120 mili liter
  • Garam 1 sendok teh
  • Tepung ketan putih 200 gram
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Soda kue 1/2 sendok teh
  • Wijen putih 250 gram
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Campur telur, kuning telur dan gula pasir, kocok selama 2 menit dengan menggunakan mixer.
  2. Selanjutnya masukkan santan dan garam, aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan tepung ketan yang sebelumnya sudah di ayak bersama baking powder dan soda kue sambil diaduk rata.
  4. Kemudian bentuk adonan bulat (jadi kue keciput bulat), bulat memanjang (kue keciput panjang) atau kotak kecil sesuai selera. Lalu gulingkan adonan di atas wijen. Lakukan pada semua adonan.
  5. Langkah akhir, panaskan minyak goreng cukup banyak, lalu kecilkan apinya. Goreng keciput sampai kekuningan. Kemudian gunakan api besar sampai keciput mengapung. Setelah terapung kembali kecilkan api dan goreng keciput sampai matang dan kering.
  6. Kalau cara di atas terasa ribet, bisa gunakan cara lain yaitu dengan goreng kembali keciput untuk kedua kalinya, yakni ketika sudah mengapung dan kekuningan segera angkat dan tiriskan sebentar. Nanti baru di goreng kembali sampai terapung, kering dan matang.
  7. Angkat dan tiriskan kue wijen tepung ketan pada tissue agar minyak yang berlebih bisa berkurang.
  8. Masukkan toples kedap udara, kue siap di santap untuk camilan maupun untuk sajian lebaran Idul Fitri. Krenyess!

Tips Sukses Cara Bikin Kue Kering Keciput Santan :

  1. Jangan sekali-kali meniriskan makanan ke koran bekas ya Bunda. Soalnya tintanya yang berbahan kimia itu bisa mencemari makanan yang kita goreng. Tentunya tidak mau bukan, makanan yang kita olah sendiri meracuni keluarga tercinta?
  2. Kue keciput ini ada juga yang memberikan variasi dengan salah satu bagian yang sengaja dibuat retak, sepeerti onde ketawa.
  3. Bentuk kue ini juga bisa disesuaikan dengan selera seperti yang sudah saya katakan di atas.
  4. Untuk wijen tak melulu harus menggunakan wijen yang berwarna putih saja. Karena kini ada kreasi kue kering keciput wijen coklat. Dan ada juga kreasi keciput keju serta kue keciput tanpa santan.
  5. Perhatikan saat proses penggorengan, lakukan step by stepnya dengan benar. Agar menghasilkan kue keciput yang empuk, renyah dan anti gagal. Biasanya untuk kue keciput yang gagal hasilnya keras kaya batu dan susah untuk di kunyah.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai bahan-bahan, cara membuat dan tips membuat kue keciput wijen tepung ketan yang masih saudara dengan kue pelintir, kue kecipir / akar kelapa dan kue biji ketapang ini.

Jangan lewatkan resep olahan kue ini

 

Cara membuat kue lapis tepung beras rose brand Enak dan Lezat

Cara membuat kue lapis tepung beras rose brand – Kue lapis tepung beras rose brand memang terlihat indah dan menggoda selera selain itu bentuknya dan warna yang unik membuat kue ini semakin menarik. Apalagi bagi anak-anak, maka semakin cantik, indah dan semakin menggoda kelihatannya. Kue yang satu ini juga gampang dibuat.

Disini akan membahas tentang kue lapis tepung beras rose brand, kita akan membuat kue lapis yang berbahan dasar tepung beras Rose Brand. Tepung beras yang sangat terkenal dan memang kualitasnya juga terbaik sehingga sangat mudah didapat.

Anda juga dapat menggunakan tepung beras lainnya, atau mengolahnya sendiri langsung dari beras di tempat yang menyediakan jasa pengolahan tepung terutama sedia di pasar tradisoanl.

Cara membuat kue lapis tepung beras rose brand Enak dan Lezat

Cara membuat kue lapis tepung beras rose brand

Cara membuat kue lapis tepung beras rose brand

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 200 gram tepung beras rosebrand
  • 100 gram tepung tapioka rosebrand
  • 150 gram gula pasir(kl tdk sk manis bs dikurangi sedikit gulanya)
  • 1 bungkus Vanili
  • Sedikit garam
  • 700 mili liter santan
  • Pasta pandan

Langkah-langkah cara membuatnya :

  1. Siapkan bahan dan perlengkapan.
  2. Rebus santan dengan daun pandan tunggu dingin baru bisa digunakan.
  3. Lalu masukan tepung beras,tepung kanji,garam, vanili, gula dalam baskom kemudian tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  4. Tuangi pasta pandan aduk-aduk  sampai rata sampai tidak bergerindil.
  5. Panaskan dandang,alasi kain tutupnya. Tunggu dandang sampai panas.
  6. Tuang adonan putih pada cetakan tunggu matang kemudian tuang adonan hijau. Lakukan sampai adonan habis
  7. Setelah matang tunggu dingin dulu ya bunda br dipotong2. Saya motongnya pakai pengaris plastik yg tebal jd mudah dan tidak lengket.
  8. Makanan siap disajikan.
  9. Semoga bermanfaat.

 

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras

Bahan-bahan cara membuatnya :

  • 200 gram tepung beras, Rose Brand
  • 100 gram tepung tapioka, Rose Brand
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 700 mili liter santan matang, kara 65 mili liter dan air, didihkan lalu dinginkan
  • Pewarna makanan
  • 1/2 sendok teh Vanili bubuk

Langkah-langkah cara membuatnya :

  1. Siapkan bahan dan perlengkapan.
  2. Pastikan santannya DINGIN. Aduk semua bahan dalam wadah selain pewarna makanan. Sampai licin tidak ada yg bergerindil. Kalo perlu saring.
  3. Bagi 2 adonan, yg 1 beri warna sesuai selera.
  4. Panaskan kukusan. Oles loyang yg akan di pakai dengan minyak tipis2. Saya pakai loyang brownies 20x10x4cm. Jadi ngga bisa tinggi lapisnya
  5. Setelah kukusan panas tuang 2 sendok sayur adonan. Kukus 5 menit. Lakukan selang seling adonan hingga adonan habis.
  6. Jangan tuang adonan berikutnya sebelum adonan sebelumnya matang karena akan membuat kue bergelombang.
  7. Setelah adonan terakhir masuk, saya kukus lebih lama sedikit yaitu 10 menit.
  8. Setelah semua matang dinginkan dulu sampai benar2 dingin. Ini saya belum benar2 dingin udah di potong ngga sabar
  9. Oles pisau dengan minyak untuk memotong kue agar potongannya rapi. Kalo kuenya dingin pasti rapi kok. Kalo masih hangat ngga terlalu rapi.
  10. Makanan siap disajikan.

Demikian mengenai Cara membuat kue lapis tepung beras rose brand yang dapat kami sampaikan kepada anda semua. Semoga informasi bermanfaat. Anda juga dapat mencoba Resep Usaha Jualan Kue Sederhana dan Praktis cara Pembuatannya pas buat bisnis dan acara keluarga dan semoga bermanfaat.

© 2020 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑