Sambal Tomat Special Mudah Dan Enak

sambal tomat

 

Sambal seperti menjadi hidangan yang tak bisa dilepaskan dalam kuliner Indonesia.

sambal tomat special, sebelum masuk ke cara pembuatannya baiknya kita kupas sedikit mengenai sambal dan tomat itu sendiri.

Sambal

Sambal adalah saus dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Tomat

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Sejarah Tomat

Tomat merupakan tanaman asli Benua Amerika yang tersebar dari Amerika Tengah hingga Amerika Selatan. Tanaman tomat pertama kali dibudidayakan oleh suku Inca dan suku Aztec pada tahun 700 SM. Sementara itu, bangsa Eropa mulai mengenal tomat sejak Christopherus Columbus pulang berlayar dari Amerika dan tiba di Pantai San Salvador pada tanggal 12 Oktober 1492.

Ketika itu, Columbus diperintahkan oleh Ratu Isabella dari Kerajaan Castilia, Spanyol utnuk mencari emas dan rempah-rempah, tetapi ia pulang justru membawa biji-bijian, sepertijagung, cabe, dan tomat. Meskipun ratu Isabella kecewa dengan hasil yang di bawa Columbus, tetapi akhirnya biji-bijian tersebut ditanam juga oleh para petani di Spanyol dan menyebar sampai ke beberapa Negara Eropa lainnya.

 

langsung saja masuk ke pembuatan cara membuat sambal bawang tomat spesial.

Bahan-Bahan Membuat Sambal Tomat :

  1. 250 gr atau 2 buah Tomat merah berukuran besar (diiris-iris)
  2. 80 gr atau 14 buah Cabai keriting (diiris-iris)
  3. 80 gr Bawang merah
  4. 4 siung Bawang putih ukuran sedang
  5. 2 sdt Garam masak (sesuai selera)
  6. 1/2 sdt Gula pasir (sesuai selera)
  7. 3 sdm atau secukupnya Minyak untuk menggoreng

Langkah Membuat Sambal Tomat :

  1. Bawang merah, bawang putih, dan cabai keriting direbus terlebih dahulu dg api sedang sampai cukup layu kemudian ditiris.
  2. Minyak goreng dipanaskan api sedang kecil, lalu tomat digoreng sampai layu.
  3. Sambil menggoreng tomat, bawang merah dan bawang putih ditumbuk kasar dan ditambahkan ke penggorengan yg berisi tomat.
  4. Selanjutnya cabai keriting juga ditumbuk kasar kemudian juga dimasukkan ke penggorengan.
  5. Ditambahkan garam dan gula pasir ke dalam sambal, dimasak sampai matang api sedang sampai bau “langu” hilang dan dicicipi rasanya.
  6. Setelah matang, rasanya sudah pas sesuai selera ya.. Maka api dimatikan dan sambal bisa dinikmati.

Mudah bukan membuat sambal bawang tomat spesial buatan sendiri di rumah? Memang saat ini banyak produk sambal bawang tomat instan yang bisa Anda temukan di super Market atau pasar tradisional. Namun rasa yang diberikan tidak senikmat dan sepedas seperti sambal buatan sendiri di rumah.

Sambal buatan sendiri di rumah bisa Anda kira-kira seperit apa selera Anda dan anggota keluarga di rumah. Bahkan Anda bisa memodifikasi sendiri sambal bawang tomat Anda dengan bahan lain, seperti jika Anda tak suka terasi, maka Anda bisa menyingkirkan terasi dan lain sebagainya.

untuk dapat mengakses kami dengan lebih mudah dan untuk melihat resep masakan kami yang lain dapat kunjungi kami di : https://web.facebook.com/mesin.bawang.1