Resep Sambal Tempe Sederhana

sambal tempe

sambal tempe sederhana, sebelum masuk ke pembuatannya mari kita kupas sedikit mengenai sambal dan tempe itu sendiri.

Sambal

Sambal adalah saus dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.

Sejarah Sambal

Seorang arkeolog Titi Surti Nastiti menyebut bahwa cabai pada masa Jawa Kuno telah menjadi komoditas perdagangan yang langsung dijual. Tak mengherankan jika cabai menjadi bahan masakan yang populer di kawasan tropis ini.

Salah satu ahli kuliner paling berpengaruh pada masa kolonial adalah Catenius van der Meijden. Ia adalah seorang nyonya Belanda yang tinggal di Indonesia. Sebagai seorang nyonya meneer Belanda, Catenius dengan dibantu pembantu bertugas menyiapkan hidangan istimewa untuk seluruh keluarga.

Ia dikenal dengan keahliannya memasak sambal. Berbagai jenis sambal dikuasainya. Nyonya ini kemudian mengumpulkan resep masakannya menjadi sebuah buku tentang resep masakan yang terbit tahun 1942. Sebelumnya ia juga menulis buku berjudul Makanlah Nasi (1922).

 

Tempe

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer, atau Rh. arrhizus.

Sejarah Tempe

Tidak seperti makanan kedelai tradisional lain yang biasanya berasal dari Cina atau Jepang, tempe berasal dari Indonesia. Tidak jelas kapan pembuatan tempe dimulai. Namun, makanan tradisonal ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta.

Dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 (Serat Centhini sendiri ditulis pada awal abad ke-19) telah ditemukan kata “tempe”, misalnya dengan penyebutan nama hidangan jae santen tempe (sejenis masakan tempe dengan santan) dan kadhele tempe srundengan.

Hal ini dan catatan sejarah yang tersedia lainnya menunjukkan bahwa mungkin pada mulanya tempe diproduksi dari kedelai hitam, berasal dari masyarakat pedesaan tradisional Jawa—mungkin dikembangkan di daerah Mataram, Jawa Tengah, dan berkembang sebelum abad ke-16.

Kata “tempe” diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kuno terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Tempe segar yang juga berwarna putih terlihat memiliki kesamaan dengan makanan tumpi tersebut.

Selain itu terdapat rujukan mengenai tempe dari tahun 1875 dalam sebuah kamus bahasa Jawa-Belanda. Sumber lain mengatakan bahwa pembuatan tempe diawali semasa era Tanam Paksa di Jawa. Pada saat itu, masyarakat Jawa terpaksa menggunakan hasil pekarangan, seperti singkong, ubi dan kedelai, sebagai sumber pangan.

Selain itu, ada pula pendapat yang mengatakan bahwa tempe mungkin diperkenalkan oleh orang-orang Tionghoa yang memproduksi makanan sejenis, yaitu koji kedelai yang difermentasikan menggunakan kapang Aspergillus. Selanjutnya, teknik pembuatan tempe menyebar ke seluruh Indonesia, sejalan dengan penyebaran masyarakat Jawa yang bermigrasi ke seluruh penjuru Tanah Air.

langsung saja masuk ke cara membuat sambal tempe special

Bahan-Bahan :

  1. 1/2 papan Tempe (potong kotak2)
  2. 5 cabe kriting
  3. 3 cabe rawit
  4. 1 buah tomat
  5. 3 siung bawang putih
  6. 2 siung bawang merah
  7. 1/2 bgks terasi (aku pake terasi abc), terasinya aku bakar sebentar
  8. secukupnya garam, gula
  9. minyak untuk menggoreng

Langkah Pembuatan :

  1. Rendam sebentar tempe pada air yg sudah diberi garam. Goreng tempe (jangan terlalu kering). Angkat, tiriskan.
  2. Lanjut goreng cabe kriting, cabe rawit, tomat, baput, bamer sampai cabe agak layu (jgn terlalu lama ya, klo klamaan nnti ada rasa pahit2 gt). Angkat
  3. Uleg cabe kriting, cabe rawit, tomat, baput, bamer, terasi, garam, gula. sambil di uleg, siram minyak panas bekas menggoreng (sdikit saja)
  4. Test rasa. jika sudah pas, campurkan tempe goreng dan uleg bersama cabe. waauw sambel tempe uleg siap disajikaan

untuk dapat mengakses kami dengan lebih mudah, dapat kunjungi kami di akun facebook kami : https://web.facebook.com/mesin.bawang.1