Berikut ini resep wingko babat teflon semarang yang mudah dan praktis. Mau Tau cara membuatnya? Simak pembahasannya berikut ini.

Wingko Babat adalah . . .

Wingko Babat merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Makanan ini merupakan sejenis kue yang terbuat dari parutan kelapa, tepung beras ketan dan gula.

Kue ini biasa dijadikan sebagai oleh – oleh untuk keluarga tercinta. Makanan manis ini banyak dijumpai di pusat perbelanjaan oleh – oleh atau di stasiun kereta api, stasiun bus serta di toko-toko kue.

Biasanya Wingko Babat disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil dengan bentuk bundar. Makanan ini dapat dijual dalam bentuk bundar besar atau dapat berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas.

Kombinasi rasa manis dari gula dan rasa gurih dari kelapa menjadikan makanan ini nikmat untuk disantap sebagai teman minum teh atau kopi. Makanan ini memiliki harga yang berbeda – beda tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.

 

Asal Wingko Babat

Wingko Babat yang paling terkenal dibuat di Kota Semarang. Inilah yang menyebabkan banyak orang mengira bahwa wingko babat berasal dari kota ini. Walaupun begitu,sebenarnya wingko babat berasal dari Kota Babat.

Kota Babat termasuk salah satu daerah kecil di Kota Lamongan, Jawa Timur. Kota ini merupakan salah satu kota yang menjadi titik persimpangan Kota Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya.

Babat termasuk kota yang lebih kecil dibandingkan dengan Semarang, sedangkan Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Kota Babat memiliki banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang.

Bahan – bahan pembuatan wingko seperti buah kelapa banyak tumbuh di daerah – daerah sekitar tempat ini sehingga dapat ditemukan disekitarnya dengan mudah. Saat ini wingko babat merupakan salah satu makanan yang terkenal di Kota Babat dan Semarang dengan berbeda merek dan besar ukuran yang dijual.

 

Baca juga : Hmmmm… Mudah Sekali Cara Membuat Geplak Gula Merah ini!

 

Bahan – bahan

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat wingko babat teflon semarang ini sebagai berikut

  1. tepung ketan sebanyak 150 gr
  2. kelapa muda sebanyak 250 gr (parut memanjang)
  3. gula pasir sebanyak 100 gr
  4. vanilli 1 bungkus
  5. garam secukupnya
  6. 80 ml air kelapa (jika lembek, bs ditambah tepung sdkt)
  7. Pasta makanan (missal rasa pandan, coklat)

Cara Membuat

  1. Siapkan sebuah wadah kemudian campurlah 150 gram tepung ketan, 250 gram kelapa muda, 100 gram gula pasir, 1 bungkus vanilli, garam secukupnya dan 80 ml air kelapa lalu aduk rata sampai agak padat
  2. itu diamkan terlebih dahulu kurang lebih sekitar 15 menit agar gula pasirnya menyatu dan larut ke dalam adonan.
  3. Langkah selanjutnya yaitu bagilah adonan tersebut menjadi 3. Setelah itu beri pasta pada masing – masing adonan dengan rasa yang berbeda yaitu pandan dan coklat, satunya biarkan original kelapa.
  4. Kemudian, jika sudah diberi pasta siapkan sebuah Teflon kemudian panaskan terlebih dahulu. Jika Teflon sudah mulai panas kecilkan apinya. Selanjutnya tuang adonan sebanyak 1 sendok makan atau ukurannya sesuai selera Anda pada Teflon tersebut tanpa dioles mentega atau minyak. Balik adonan jika sudah kecoklatan, sampai 2 sisi matang merata
  5. Lakukan langkah tersebut di atas sampai adonan habis.
  6. Wingko babat Teflon Semarang siap untuk disajikan. Sajikan selagi masih hangat sebagai teman minum teh atau kopi. 🍵☕

Demikian tadi telah kami rangkumkan resep wingko babat teflon semarang yang murah dan mudah untuk Anda praktikan di rumah. Selamat mencoba !