Resep Sifon Cake Pandan Kukus yang Dapat Kamu Praktekkan-Untuk sekarang ini cake-cake yang dibuat sudah dalam berbagai rasa. Seperti cake yang satu ini banyak sekali varian rasa yang bisa dibuat. Untuk kali ini kita akan membahas tentang resep sifon cake pandan kukus.

Resep Sifon Cake Pandan Kukus

resep sifon cake pandan kukus

Bahan yang Digunakan :

  1. 220 gram gula pasir
  2. 210 gram tepung terigu
  3. 20 gram tepung maizena
  4. 10 gram susu bubuk
  5. 5 butir kuning telur
  6. 5 butir telur utuh
  7. 2 sdm sp
  8. 1 sdm cake softener
  9. 1 sdm pasta pandan
  10. 220 ml minyak goreng
  11. 200 gram butter cream
  12. Keju parut secukupnya

Langkah-langkah yang dilakukan :

  1. Campurkan terigu, maizena dan susu bubuk.Kemudian ayak dan sisihkan.
  2. Panaskan dandang untuk mengukus.
  3. Campurkan telur, gula, sp, cake softener, kocok sampai kaku dan berjejak.
  4. Masukkan campuran tepung dan susu, serta pasta pandan. Kocok lagi sampai tercampur rata.
  5. Terakhir masukkan minyak dan aduk sampai rata.
  6. Tuang pada loyang yg sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
  7. Kukus selama 40 menit.
  8. Tes tusuk kematangan dengan tusuk sate. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan.
  9. Oleskan butter cream dan taburi dengan keju parut. Jika ingin topping yang lain silahkan diganti sesuai selera kalian.

Beberapa Fakta Tentang Sifon Cake

resep sifon cake pandan kukus

Kalau dipikir-pikir sebenarnya membuat chiffon cake hampir mirip seperti membuat cotton Japanese cheesecake. Adonan chiffon cake umumnya terbagi menjadi dua bagian. Adonan pertama atau adonan dasar umumnya terbuat dari kuning telur, minyak, air/santan/susu cair dan tepung terigu, khusus untuk Japanese cheesecake maka pada adonan dasar ini ditambahkan cream cheese.

Adonan kedua adalah meringue, yaitu putih telur yang dikocok hingga kaku bersama gula dan terkadang menggunakan sedikit cream of tartar. Adonan pertama umumnya memiliki tekstur pekat dan kental, namun ketika meringue dimasukkan dan diaduk maka adonan secara keseluruhan akan menjadi ringan dan fluffy.  

Chiffon cake hadir dengan aneka rasa dan warna, misalnya coklat, orange, pandan, taro, pisang atau ketela rambat. Untuk pemula, disarankan untuk tidak mencampurkan aneka bahan lainnya di dalam adonan dasar, kecuali pewarna atau perasa seperti pasta atau coklat bubuk.

Karena apabila menambah bahan seperti talas, pisang atau ketela rambat biasanya akan membuat adonan menjadi lebih berat. Adonan berat akan membuat cake susah naik dan mengembang. Jadi pastikan anda menguasai terlebih dahulu resep simple membuat chiffon cake, jika yang satu ini sukses maka anda boleh merambah ke bagian modifikasi resep.

Pengertian Sifon Cake

resep sifon cake pandan kukus

Menurut Wikipedia, chiffon cake merupakan jenis cake yang sangat ringan dan terbuat dari minyak sayur, telur, gula, tepung terigu, baking powder dan perasa. Cake ini merupakan kombinasi dari tipe cake yang terbuat dari adonan batter dan tipe cake busa.

Sebagai lemaknya digunakan minyak sayur, ini berbeda dengan cake tradisional umumnya yang menggunakan mentega. Tapi minyak sayur sulit untuk di kocok hingga gelembung udara bisa masuk sebanyak-banyaknya ke dalam adonan, karena itu chiffon cake, seperti halnya angel cake dan jenis cake busa lainnya, untuk menghasilkan tekstur yang fluffy yaitu dengan cara mengocok putih telur hingga kaku dan kemudian mencampurkannya ke adonan cake sebelum dipanggang.

Adonan dasar cake yang mengandung minyak terlebih dahulu telah diaduk bersama bahan lainnya sebelum meringue dicampurkan. Cake ini benar-benar menggantungkan pada kocokan putih telur yang maksimal dan bahan pengembang untuk membantunya naik dengan baik.

Tidak boleh sampai anda lewatkan, Resep Sifon Cake Rasa Kopi yang Dapat Dibuat oleh Para Pemula.