Kali ini saya akan membahas Resep Serundeng Kelapa Kacang, anda pasti sudah tidak asing dengan serundeng.

Ya serundeng adalah makanan khas yang berasal dari negara indonesia yang sering dijadikan sebagai lauk pauk untuk dimakan bersama nasi. Untuk pembuatan serundeng ini cukup mudah dibuat sendiri dirumah.

Serundeng ini terbuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan dengan bumbu-bumbu seperti, asam jawa, daun salam, daun jeruk, lengkuas, gula, kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabe, dan bawang bombay. Bumbu-bumbu ini dilumatkan terlebih dahulu sebelum dicampurkan berasama parutan kelapa.

Pada umumnya serundeng sering dihidangkan bersama irisan daging seperti, daging sapi. Selain itu serundeng juga sering menjadi taburan soto, ketan, atau burasa (makanan Makassar) untuk menambah rasa gurih pada masakan. Rasa gurih pada serundeng ini yang menjadikan serundeng banyak diminati oleh masyarakat khususnya indonesia. Apalagi dinikmati bersama nasi hangat dan ditemani es kelapa muda yang segar.

Nah untuk kalian yang ingin menikmati serundeng, serundeng ini sudah banyak dijual ditoko toko atau anda juga bisa membelinya situs jual beli online. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri saya akan memberikan resep serundeng kelapa agar anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Resep Serundeng Kelapa Kacang

Serundeng Kelapa kacang yang akan kita buat yaitu Serundeng Kelapa Teri Kacang. Nah serundeng teri kacang ini memiliki cita rasa pedas dengan ikan teri kering dan kacang sebagai penambah rasa nikmat pada serundeng ini.

Bahan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Serundeng Teri Kacang :

  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 cm (dua centi meter) jahe
  • 1 cm (satu centi meter) lengkuas
  • 2 (dua) lembar daun jeruk
  • 1sdm (satu sendok makan) gula pasir
  • 50 ml (lima puluh mili liter) air
  • 1 (satu) bungkus Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas
  • 100 gr (seratus gram) teri medan (goreng dan sisihkan)
  • 1/2 (setengah) kelapa yang sudah diparut

 

Langkah Langkah Dalam Membuat Serundeng Teri Kacang :

  1. Pertama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yang telah ditentukan
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan
  3. Lalu sangrai kelapa kelapa hingga kering
  4. Setelah setengah kering tiriskan kelapa yang telah disangrai
  5. Panaskan kembali minyak goreng dalam wajan
  6. Tumis jahe, lengkuas dan daun jeruk hingga harum
  7. Setelah itu tuangkan air kedalam wajan
  8. Masukan juga gula pasir, dan Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas
  9. Aduh aduh hingga rata dan tunggu hingga mendidih
  10. Setelah mendidih masukan parutan kelapa yang tadi telah di sangrai kedalam wajan
  11. Aduk aduk parutan kelapa dengan bumbu hingga tercampur rata dan air asat
  12. Setelah itu matikan kompor dan biarkan hingga dingin
  13. Lalu masukan teri dan kacang yang sudah digoreng kedalam wajan
  14. Aduk aduk kembali hingga rata lalu angkat
  15. Jika sudah anda bisa menyajikannya langsung atau disimpan
  16. Simpan pada wadah yang kedap udara agar bertahan lama
  17. Jika ingin disajikan simpan diatas piring lalu anda bisa menghiasnya sesuka hati
  18. Serundeng Teri Kacang siap disajikan

Jika anda ingin mencoba resep serundeng dengan kreasi lain anda bisa lihat di sini Resep Serundeng Kelapa.

 

Manfaat Serundeng Kelapa

 

Selain belajar resep serundeng kelapa kita juga belajar manfaat serundeng kelapa. Serundeng ini memiliki khasiat dan bermanfaat apabila dikonsumsi secara wajar. Manfaat untuk kesehatan dan ekonomi, antara lain :

1. Menyehatkan Jantung

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang pertama yaitu menyehatkan jantung. Parutan kelapa yang ada pada serundeng kelapa ini kaya akan serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Serat ini dapat menyerap kolestrol jahat yang ada dalam darah yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang ke dua yaitu meningkatkan fungsi otak. Kelapa parut yang menjadi bahan dasar serundeng ini dapat memperbaiki fungsi otak dan juga memperlambat datangnya penyakit Alzheimer (Penyakit yang menurunkan kerja otak).

3. Mencegah Infertilitas Pada Pria

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang ke tiga yaitu mencegah infertilitas pada pria. Infertilitas (ketidak mampuan pasangan atau salah satu pasangan untuk memiliki keturunan) dapat dicegah dengan mengkonsumsi serundeng kelapa. Kandungan minerak yang terdapat dalam kelapa dapat mencegah infertalitas pada pria.

4.Mencegah Anemia

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang ke empat yaitu mencegah anemia. Anemia ini adalah suatu penyakit dimana tubuh kekurangan hemoglobin atau sel darah merah.

Penyakit ini membuat tubuh cepat lelah. Untuk mencegah terkena anemia, anda bisa mencoba mengonsumsi serundeng kelapa. Karena dalam serundeng kelapa ini memiliki kandungan zat besi yang ada dapat membantu memicu produksi sel darah merah dalam tubuh anda.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang ke lima meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan selenium yang terkandung pada kelapa yang menjadi bahan dasar serundeng dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab selenium ini memproduksi selenoprotein yang membantu memerangi banyak penyakit yang masuk kedalam tubuh.

6. Mencegah Masalah Pencernaan

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang ke enam adalah mencegah masalah pencernaan.

Kandungan serat tinggi yang terkandung dalam kelapa parut dapat membantu mencegah banyak masalah pencernaan. Masalah pencernaan ini meliputi wasir, sembelit, atau penyakit pada doudenum (usus dua belas jari).

7. Mengurangi Risiko Kanker

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang ke tujuh adalah mengurangi risiko kanker.

Kanker adalah penyakit yang paling menakutkan karena memiliki risiko tinggi yaitu kematian. Agar anda tidak terkena kanker anda dapat mengurangi risiko kanker dengan mengonsumsi serundeng kelapa. Karena di dalam serundeng kelapa ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengurangi risiko terkena kanker tertentu.

8. Mencegah Arthritis

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang ke delapan adalah mencegah arthritis.

Arthritis adalah penyakit menyebabkan peradangan sendi dan dapat mempengaruhi beberapa sendi. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit dan kesulitan untuk bergerak bagi para penderitanya.

Agar terhindar dari penyakit ini, anda bisa mengonsumsi serundeng kelapa. Kandungan mineral pada kelapa yang ada pada serundeng kelapa ini dapat mencegah masalah yang berkaitan dengan saraf arthritis hingga tulang seperti osteoporosis.

9. Meningkatkan Energi

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang ke sembilan adalah meningkatkan energi. Kandungan gizi yang terkandung dalam kelapa yang ada dalam serundeng kelapa ini dapat menambah energi. Ini terjadi karena kandungan protein yang ada dalam kelapa dapat membantu meningkatkan energi.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Setelah belajar resep serundeng kelapa kita belajar manfaat yang terkandung dalam serundeng kelapa. Manfaat yang ke sepuluh adalah mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan juga dapat menyebabkan kematian bagi yang mengalaminya.

Agar anda terhindar dan tidak mengalami hal tersebut, anda bisa mengonsumsi serundeng kelapa. Kandungan vitamin C yang ada dalam kelapa dapat mengontrol tekanan darah.

Nah itulah beberapa manfaat serundeng kelapa, dan mungkin itulah resep serundeng kelapa kacang. Semoga bermanfaat.