Selai Coklat merupakan salah satu olahan coklat yang banyak di gunakan sebagai campuran membuat roti maupun sebagai olesan. Selai coklat sangat banyak dijual dengan bebagai merek. Olahan yang satu ini tak bisa dipisahkan dari rasa manis pekat hingga hampir berasa pahit. Berikut berbagai adalah resep selai coklat isian roti yang dapat anda simak dan anda pelajari.

Pengetian Selai Coklat

Selai coklat adalah sebuah pasta coklat yang biasa digunakan untuk olesan roti pada roti tawar dan roti bakar atau pastri serupa seperti waffle, panekuk, muffin, dan pita. Pasta tersebut biasanya mengandung kokoa dan minyak sayur dan/atau minyak kelapa, dan juga dapat mengandung susu, gula dan perasa tambahan.

Manfaat Mengkonsumsi Coklat

  1. Jantung yang sehat

Biji kakao kaya akan nutrisi tanaman yang disebut flavanoid. Di antara ragam cokelat, jenis cokelat hitam adalah yang paling besar mengandung nutrisi tersebut. Apa manfaat dari flavanoid? Zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, menurut pakar kesehatan dari Universitas Harvard, mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga mengurangi risiko atrial fibrillation –kondisi detak jantung yang tidak teratur yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya.

  1. Memperbaiki otot lebih cepat

Setelah berolahraga, jangan lupa minum atau makan cokelat, karena disebut dapat memulihkan tubuh lebih cepat, terutama pada bagian otot. Sebuah studi dari University of Texas di Austin menemukan bahwa atlet yang minum cokelat rendah lemak setelah latihan–bukan minuman olahraga berbasis karbohidrat atau minuman bebas kalori–mengalami pemulihan lebih cepat.

  1. Meningkatkan kemampuan otak

Sebuah studi tahun 2014 menemukan orang dewasa yang mengonsumsi suplemen kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan tampil lebih baik dalam tes memori dibandingkan peserta yang mengonsumsi suplemen kakao rendah flavanoid. Selain itu, sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa daerah dengan konsumsi cokelat paling tinggi memiliki lebih banyak warga yang menerima Hadiah Nobel. Nah, kalau pemenang Hadiah Nobel saja mengonsumsi lebih banyak cokelat, mungkin kita juga harus begitu.

  1. Membersihkan kulit

Ternyata, mengonsumsi cokelat justru memperbaiki kulit.   Beberapa penelitian mengungkapkan cokelat dapat membantu melindungi dari sinar UV yang berbahaya.    Tapi sebaiknya memilih cokelat yang rendah gula, karena kebanyakan gula justru bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.

  1. Mengurangi nafsu makan berlebih

Jika merasa terlalu banyak makan, cokelat hitam bisa jadi solusi untuk menurunkan nafsu mengunyah lebih banyak lagi.   Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengatur nafsu makan, menurut sebuah penelitian kecil oleh para peneliti Universitas Kopenhagen. Hal itu berlaku kalau Kamu menyukai makanan manis, asin, atau berlemak.

Jenis-jenis Coklat

1. Susu Coklat

Seperti namanya coklat susu, coklat ini mengandung 12% susu dan harus mengandung minimal 10% coklat liquor atau cocoa liquor, yaitu coklat murni dalam bentuk cair yang mengandung cocoa butter dan cocoa powder), walaupun susu coklat berkualitas tinggi, namun kandungan kakao sebanyak 30 -40%.

Sisanya bahan lainnya terdiri dari gula dan kadang-kadang vanila atau pengemulsi. Dibandingkan dengan coklat yang lebih hitam, coklat susu memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih mudah meleleh karena tambahan susu. Selain itu, rasa coklat susu biasanya lebih manis dan tidak terlalu pahit.

2. Coklat Hitam

Umumnya cokelat hitam dibedakan menjadi dua kategori: pahit dan semi manis. Semi-manis adalah coklat yang mengandung paling sedikit 35% coklat cair atau pahit, dan pelabelan diserahkan kepada produsen. Walaupun kadang-kadang cokelat semi-manis memiliki lebih banyak gula daripada coklat pahit, tetapi secara teknis tidak ada perbedaan.

Cokelat yang sangat hitam jumlah kakaonya bisa mencapai 80%, tetapi jumlah sebanyak itu bisa membuat coklat menjadi sangat pahit dan rapuh sehingga orang berpendapat coklat itu tidak enak untuk dimakan.

3. Coklat Putih

Terdapat perselisihan pendapat mengenai apakah coklat putih benar-benar dapat dianggap coklat karena coklat putih tidak mengandung cocoa solids yang memberikan cokelat susu dan cokelat hitam rona coklat dan rasa coklat yang kaya dan khas.

Alih-alih menggunakan cocoa solids, coklat putih dibuat dari cocoa butter, susu padat dan gula, yang membuatnya tampak seperti susu putih manis, tetapi juga cukup ringan untuk dipadankan dengan buah-buahan, kacang-kacangan, dan bahkan jenis cokelat lainnya.

4. Dutch Process

Seperti halnya dalam cokelat batangan, coklat bubuk juga memiliki berbagai jenis. Coklat bubuk adalah inti dari rasa coklat sebelum ditambahkan lemak, gula, atau susu tambahan untuk mengubah rasa atau tekstur dan terdapat dua dua jenis coklat bubuk, yaitu natural dan Dutch process.

Jika bubuk kakao alami memiliki keasaman yang merupakan sifat bawaannya, bubuk kakao Dutch process atau disebut juga sebagai alkalized atau gaya Eropa, dicuci dengan larutan kalium karbonat yang memberikan rasa lebih halus, lebih lembut.

5. Coklat Couverture

Couverture adalah jenis coklat berkualitas tinggi dengan cocoa butter berpersentase tinggi  dan coklat cair dalam jumlah yang rendah. Coklat couverture perlu dilelehkan dahulu oleh karena itu coklat ini membutuhkan perhatian yang lebih baik selama persiapannya. Jika coklat tidak dilelehkan dengan baik, coklatnya tidak akan matang dengan baik.

Ketika proses pelelehan dilakukan dengan sempurna, coklat dapat memancarkan kilau mengkilap dan benar-benar dapat meleleh di mulut saat dimakan. Proses pelelehan idealnya menaikkan dan menurunkan suhu, sambil terus diaduk. Choco fudge menggunakan coklat couverture dan karenanya sangat ideal jadi bahan pencelupan, pelapisan, dan untuk hiasan.

6. Coklat Gianduja

Coklat gianduja adalah manisan atau gula-gula halus yang kaya rasa yang dibuat dari campuran hazelnut yang diubah menjadi pasta kemudian dicampur dengan kakao, gula dan cocoa butter. Tekstur coklat gianduja seperti krim semi-solid dan dapat dipotong dengan mudah sesuai bentuk yang Anda suka. Coklat ini sebagian besar digunakan sebagai olesan seperti pengganti selai pada roti. Gianduja juga bisa dibuat dari kacang almond.

7. Coklat Liquor

Coklat liquor, terkadang disebut juga sebagai coklat tanpa pemanis, adalah bahan dasar dari semua jenis coklat. Pasta tebal berwarna coklat tua ini dibuat dari biji kakao, bagian dalam biji kakao. Biji kakao digiling halus hingga teksturnya menjadi lembut. Saat dipanaskan, pasta ini berubah menjadi cairan yang dapat dibentuk menjadi batangan atau kepingan.

Kandungan coklat liquor 100% kakao, tanpa bahan tambahan. Di bawah tekanan tinggi, pasta ini terpisah menjadi cocoa butter dan bubuk coklat atau disebut juga cocoa solids. Meskipun namanya, coklat liquor, kata liquor tersebut bukan mengacu pada minuman keras yang mengandung alkohol melainkan pada liquid atau cairan.

8. Coklat Pahit atau Bittersweet

Coklat pahit atau bittersweet telah mendapatkan banyak perhatian karena masyarakat -mulai belajar lebih banyak tentang persentase kakao dan cocoa. Cokelat yang terkadang disebut juga sebagai cokelat ekstra-hitam ini mulai populer ketika orang-orang mulai mengklaim bahwa Anda harus makan coklat hitam dengan kandungan kakao 70% atau lebih.

Klaim ini berdasarkan fakta bahwa coklat hitam memiliki manfaat kesehatan paling banyak. Kenaikan baru-baru ini membuat coklat bean-to-bar (coklat yang diproduksi sendiri dari mulai pemilihan biji coklat hingga hasil akhir) dan craft chocolate (sama dengan bean-to-bar, tetapi lebih fokus seni dan kelezatan), meningkatkan popularitas cokelat hitam yang memiliki kandungan coklat lebih banyak.

Jenis coklat semi-manis dan pahit (semisweet dan bittersweet) harus mengandung lebih dari 35% coklat liquor, walaupun biasanya mengandung setidaknya 50% coklat liquor. Coklat pahit atau bittersweet biasanya mengandung 66% atau lebih kakao (gula yang ditambahkan biasanya kurang dari sepertiga dari total konten).

Coklat pahit, seperti namanya, seringkali sedikit lebih pahit daripada coklat pekat semisweet. Profil rasa coklat dapat sangat bervariasi, bergantung di mana kakao ditanam – beberapa dapat memiliki rasa buah atau memiliki rasa tanah, sementara yang lain dapat memiliki rasa seperti brownies panggang.

Resep Selai Coklat Isian Roti

Bahan Yang Digunakan:

  • 1 gelas 150 ml
  • 20 gr coklat bubuk
  • 50 gr tepung terigu
  • 75 gr gula pasir
  • 2 sdm skm atau 20 gr susu bubuk.
  • 10 gr keju parut
  • 10 gr dcc leleh
  • 50 gr margarin

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya sangrai tepung terigu. Angkat dan campurkan semua bahan, kecuali margarin.
  3. Disaat tepung masih dalam keadaan hangat, campurkan dan aduk hingga merata.
  4. Masukan margarin dan aduk rata.
  5. Selai siap digunakan. Bisa di gunakan untuk olesan roti tawar atau bahan isi bakpau, roti manis maupun bakpia.
  6. Semoga bermanfaat selamat mencoba!

Resep Selai Coklat

Bahan Yang Digunakan:

  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sachet susu kental manis (coklat/putih)
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 1 sdm margarin
  • 5–6 sdm gula pasir
  • 1 sdt vanili
  • 250 ml air

Cara Membuat:

  1. Masukkan semua bahan dalam panci kecuali margarin.
  2. Lalu aduk rata hingga tidak ada terigu atau coklat bubuk yang menggumpal.
  3. Kemudian masak di atas kompor dengan api kecil sambil terus diaduk sampai meletup-letup dan bertekstur padat.
  4. Matikan api, lalu masukkan margarin, aduk cepat hingga tercampur.
  5. Angkat dan tunggu sampai dingin(masukkan kulkas agar lebih cepat dingin).
  6. Pasta siap dipakai.

Resep Selai Coklat Isian Roti Sobek

Bahan Yang Digunakan:

  • 100 gr DCC
  • 30 gr coklat bubuk sachet
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm susu kental manis putih atau coklat
  • 250 ml Air
  • Sejumput garam
  • 1 sdt minyak goreng
  • 1 sdm margarin

Cara Membuat:

  1. Masukkan semua bahan kedalam panci.
  2. Masak dengan api kecil dan aduk hingga hingga merata.
  3. Selanjutnya tambahkan minyak goreng dan margarin lalu aduk hingga merata.
  4. Saring untuk mendapatkan selai coklat yang halus dan lembut.
  5. Selai Coklat siap digunakan untuk isian roti sobek dan sebagainya.
  6. Selamat mencoba!

Kunjungi juga Cara Membuat Selai Coklat Kacang