Resep Sayur Rebung Tumis Tanpa Santan pasti tidak asing lagi di telinga orang pedesaan, karena dipedesaan masih bayak rebung yang dapat di jumpai.

Dengan masih terjaganya ekosistem alam tidak sulit untuk menemukan rebung ini untuk di jadikan bahan pangan, dan bagi yang di perkotaan juga jangan khawatir, karena banyak yang menjual rebung segar di pasar tradisional ataupun di swalayan.

Resep Sayur Rebung Tumis Tanpa Santan juga terdapat banyak kreasinya seiring banyak orang yang memasaknya, mereka  meracik sendiri Resep Sayur Rebung Tumis Tanpa Santan.

Sebab Resep Sayur Rebung Tumis Tanpa Santan banyak kreasinya, maka saya akan membagikan tiga Resep Sayur Rebung Tumis Tanpa Santan pada kesempatan kali ini.

3 Resep Sayur Rebung Tumis Tanpa Santan Paling Nikmat

1. Resep Sayur Rebung Tumis Susu

Bahan-bahan Resep Sayur Rebung Tumis Tanpa Santan

  1.  500 gr rebung,rebus tiriskan
  2. jeruk Daun
  3. Daun salam
  4. Sereh
  5. Krecek secukupnya
  6. secukupnya Pete
  7. Udang secukupnya
  8. Garam
  9. Gula
  10. Penyedap rasa
  11. 1 liter susu cair

Bumbu Halus Resep Sayur Rebung Tumis Susu

  1. 8 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. kunyit 1 ruas
  4. 1 ruas jahe
  5. laos 1 ruas
  6. 1 buah cabe merah
  7. 3 butir kemiri
  8. 1/2 sendok teh ketumbar
  9. merica halus 1/2 sendok teh

Cara Membuat Resep Sayur Rebung Tumis Tanpa Santan

  1. Haluskan bumbu lalu tumis,masukkan daun jeruk,sereh dan daun salam sampai harum
  2. Masukkan udang dan krecek,masak sampai udang berubah warna
  3. Lalu masukkan rebung aduk sebentar
  4. Masukkan susu cair,garam,gula dan penyedap rasa,,tes rasa
  5. Masukkan pete,masak sampai mendidih lalu angkat
  6. Sajikan

2. Resep Sayur Rebung Tumis Katuk

Bahan-bahan  Resep Sayur Rebung Tumis Katuk

  1. 1 buah rebung, cacah sesuai selera
  2. 2 tangkai daun katuk, buang tangkainya
  3. 5 siung bawang merah
  4. 2 ruas jari temu kunci
  5. cabai rawit 2 buah
  6. Secukupnya gula dan garam
  7. air Secukupnya

Cara Membuat Resep Sayur Rebung Tumis Katuk

  1. Rebus air hingga mendidih, masukkan rebung yang sudah dicacah, tunggu hingga empuk sambil dibuang buih yang mengapung di permukaan.
  2. Setelah empuk masukkan bumbu yang sudah diuleg halus dan daun katuk.
  3. Tes rasa, jika sudah pas silakan diangkat dan disajikan. Selamat mencoba

3. Resep Sayur Rebung Tumis Khas Lombok

Bahan-bahan Sayur Rebung Tumis Khas Lombok

  1. 300 gr rebung yang diiris tipis (di warung sudah diplastikin)
  2. Segenggam kemangi
  3. Secukupnya gula
  4. garam Secukupnya
  5. 750 ml Air kurang lebih

Cara Membuat Resep Sayur Rebung Tumis Khas Lombok

  1. Cuci bersih rebung sampai tidak berbusa.
  2. Masukkan di panci dengan air yang lumayan banyak sampai rebung terendam (karena menambahkan air lagi setelahnya akan membuat rebung keras dan warnanya menjadi kecoklatan).
  3. Masak rebung agak lama, kurang lebih 15 menit. Selama itu jangan diaduk.
  4. Setelah itu bisa dicicipi apakah rebung sudah matang. Tambahkan garam dan gula lalu koreksi rasa. Dan bumbu minimalis, yang biasa dipakai yaitu micin atau tambahan bawang putih bawang merah silakan dikreasikan.
  5. Masukkan segenggam kemangi (atau bisa bayam dan atau sayuran hijau lainnya sesuai selera).
  6. Masak hingga kemangi matang dan sayur bening rebung siap disajikan dengan nasi hangat.

Manfaat Bagi Kesehatan Dari Resep Sayur Rebung

Dari resep tersebut terdapat bahan-bahan yang mempunyai manfaat yang sangat berguna, oleh sebab itu berikut inilah manfaat dari bahan resep tersebut.

Rebung

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Rebung dapat bermanfaat dalam proses penurunan berat badan, karena kandungan kalori, karbohidrat, gula, serta lemak dalam rebung sangatlah kecil, bahkan hampir tidak ada. Hal inilah yang membuat rebung menjadi makanan yang ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut sebuah studi, kandungan pitosterol dan fitonutrien yang ditemukan dalam manfaat rebung dapat berguna untuk membantu melarutkan kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya dalam tubuh. Hal ini juga dapat membantu mengontrol kandungan kolesterol dari arteri dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

3. Membantu Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi rebung juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan dapat juga menstabilkan kadar gula dalam darah. Karena tidak ditemukan-nya kandungan kalori dan lemak pada rebung. Telah dilakukan sebuah study yang dilakukan oleh Park dan John di Washington State University dan hasil-nya menunjukkan bahwa konsumsi rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

4. Menurunkan Resiko Kanker

Beberapa studi penelitian yang dilakukan pada rebung telah menunjukkan bahwa daun rebung memiliki kandungan pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil. Zat klorofil yang dimiliki oleh daun rebung telah terbukti dapat mengendalikan kanker. Selain itu, rebung juga menandung zat alami fitokimia yang dipercaya dapat mencegah kanker dan mengurangi risiko pengerasan arteri.

Secara khusus, rebung juga mengandung lignan yang dapat melawan kanker, bakteri, jamur dan virus. Selain zat-zat itu di temukan juga asam fenolik yang memiliki manfaat antioksidan dan anti-inflamasi properti pada rebung.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidan yang terdapat dalam manfaat rebung sangat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat makanan dalam rebung dinilai sangat tinggi. Dengan mengkonsumsinya berarti tubuh telah mendapatkan serat dalam jumlah yang cukup. Dimana serat merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat menunjang kelancaran sistem pencernaan dan menjaga kondisi usus agar tetap sehat. Selain rebung.

7. Mengobati Bisul

Telah dilakukan sebuah study yang dilakukan oleh Muniappan dan Sundararaj dari India yang mempelajari manfaat rebung dan pada hasil study-nya menyatakan bahwa manfaat rebung memiliki sifat alami sebagai agen anti-inflamasi dan sifat analgesik (menghilangkan rasa nyeri).Dan karena itu pula rebung dapat membantu dalam penyembuhan kondisi seperti ulkus, luka luar, dan juga bisul.

8. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Kandungan nutrisi yang ada dalam rebung telah diketahui sangat efektif terhadap gangguan pernapasan. Untuk mengatasi gangguan penapasan cara gampang, yaitu dengan merebus rebung sebanyak dua kali perebusan. Saat perebusan pertama kali harus menunggu hingga mendidih selama 5 menit dan untuk yang kedua sekitar 10 menit. Tambahkan sedikit manfaat madu pada air rebusan tersebut.

9. Agen Detoksifikasi

Dalam pengobatan tradisional orang-orang India kuno, ekstrak rebung diyakini mampu mengeluarkan racun. Contoh-nya mengobati orang yang terkena racun akibat digitan binatang berbisa seperti gigitan ular dan sengatan kalajengking.

10. Agen Uterotonika

Dalam pengobatan tradisional cina, ekstrak rebung dipercaya mampu menyebabkan kontraksi pada rahim. Oleh karena itu, hal ini seringkali diterapkan sebagai suplement selama bulan terakhir kehamilan. Menurut sebuah penelitian yang disampaikan oleh Gruber dan O’Brien darii University of Vienna yang menyatakan bahwa rebung merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman yang telah terdaftar di antara tanaman uterotonika.

11. Mengobati Gangguan Pada Perut

Manfaat rebung dan daunnya memiliki kandungan senyawa kimia yang berguna untuk mengobati gangguan pada perut. Atau dengan kata lain rebung ini dapat mengobati penyakit cacingan.

12. Untuk Membersihkan Luka

Kandungan antiseptik yang terdapat dalam manfaat rebung dipercaya mampu membersihkan luka, sehingga dapat mnurunkan resiko terjadinya iritasi dan peradangan nantinya.

13. Menurunkan Tekanan Darah

Rebung terkenal mengandung senyawa kalium dalam jumlah yang tinggi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kalium sangat bermanfaat bagi kesehatan sebagai elektrolit dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah. Sehingga hal ini sangat baik jika dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menderita hipertensi.

Selain rebung ada juga bahan lain yang memiliki banyak manfaat yaitu santan, dan berikut inilah manfaat-manfaat santan bagi kesehatan.