Resep Sate Ayam KelapaSate adalah  makanan yang biasanya terbuat dari daging ayam, sapi, kambing, domba, atau kelinci yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk menggunakan lidi yang terbuat dari tulang daun kelapa atau bambu kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Setelah dibakar, biasanya sate disajikan dengan saus  yang berupa kecap dan bumbu kacang.

Sate sangat populer di asia tenggara, terutama di Indonesia. Bahkan, Sate juga terkenal di negeri Belanda. Di Indonesia, Sate yang terkenal adalah Sate Madura dan Sate Padang. Di antara sate yang ada di Indonesia, ada satu sate yang wajib anda coba. Sate itu adalah sate kelapa.

Rasa dari sate ini yaitu gurih dan manis. Tekstur daging empuk juga lembut dilidah. Bumbu yang dipakai tidak terlalu jauh berbeda dengan sate pada umumnya, namun bumbu sate klopo ini lebih halus.

Baca Juga: Manfaat Daging Kelapa Tua

Sate kelapa atau sate klopo yang paling terkenal adalah sate klopo ondomohen. Sate klopo ondomohen berasal dari daerah jawa timur, lebih tepatnya dari kota Surabaya. Masakan ini merupakan salah satu kuliner yang wajib anda coba apabila kamu berkunjung ke kota pahlawan tersebut.

Bagi kamu yang ingin mencoba sate klopo, tetapi tidak bisa ke Surabaya, kamu bisa membuat sate klopo atau sate kelapa mu sendiri dengan resep yang telah saya berikan.  Berikut ini merupakan alat dan bahan serta cara membuat Sate Ayam Kelapa.

 

Resep Sate Ayam Kelapa

Resep Sate Ayam Kelapa

 

Alat dan bahan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat Sate Ayam Kelapa:

  • 350 gr ( tiga ratus lima puluh gram ) daging ayam tanpa tulang, dipotong dadu
  • 150 gr ( seratus lima puluh gram ) kelapa parut kasar
  • 1 sdt ( satu sendok teh ) air asam jawa
  • 200 ml ( dua ratus mili liter ) santan
  • tusuk sate secukupnya
  • minyak goreng

Bumbu halus:

  • 6 ( enam ) butir bawang merah
  • 3 ( tiga ) siung bawang putih
  • 4 ( empat ) butir kemiri, sangrai
  • 1/2 sdt ( setengah sendok teh ) ketumbar
  • 1 cm ( satu senti meter ) kunyit bakar
  • 1/2 sdm ( setengah sendok makan ) garam

 

Cara Membuat

  1. Pertama – tama siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sate ayam kelapa
  2. Setelah itu campur ayam, bumbu halus, dan juga santan. Masak hingga setengah matang. Setelah itu masukkan kelapa parut. Aduk sampai rata.
  3. Setelah itu masak daging sampai meresap. Tambahkan air asam. Aduk hingga rata. Setelah selesai, angkat.
  4. Siapkan penggorengan. Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  5. Setelah itu, goreng daging ayam di dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Setelah matang, lalu angkat.
  6. Daging ayam yang sudah matang ditusuk-tusuk dengan tusuk sate hingga seluruh daging habis.
  7. Setelah itu, goreng sisa – sisa bumbunya hingga matang.
  8. Setelah matang, sajikan sate ayam dengan sisa bumbunya. Sate ayam kelapa siap dihidangkan

 

Manfaat sate ayam kelapa

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi sate ayam kelapa:

 

Memenuhi kebutuhan protein

Daging ayam adalah sumber protein sehat yang bisa memenuhi kebutuhan protein harian. Protein bisa menggantikan karbohidrat untuk diubah menjadi energi dan berfungsi dalam membangun dan memelihara struktur dalam tubuh.

Merangsang aktivitas metabolik

Protein bukan hanya diubah menjadi energi namun juga berperan aktif menjaga metabolisme tubuh yang sehat.

Melawan penyakit

Sup ayam dapat menjadi menu makanan untuk melawan penyakit karena bisa membangkitkan tenaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam daging ayam juga memiliki efek positif melawan penyakit – penyakit degeneratif seperti radang, kardiovaskular, dan neurologis.

Obat anti-depresan alami

Daging ayam mengandung asam amino triptophan yang dapat berfungsi seperti obat anti depresi, mampu meningkatkan kadar serotonin di otak, serta membantu melepaskan stres sehingga bisa meningkatkan suasana hati.

Mengatur kadar kolesterol

Makan daging ayam tanpa lemak juga efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol jahat. Kandungan nutrisinya yang sehat dapat menjaga stabilitas kolesterol.

 

 

Demikian artikel mengenai resep sate ayam kelapa kali ini. Semoga artikel mengenai resep sate ayam kelapa ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kekurangan dan kesalahan pada artikel resep sate ayam kelapa ini mohon dimaafkan. Sekian dan terima kasih