Resep Sambal Ikan Bakar yang Enak – dari sekian banyak jenis sambal yang dikenal di Indonesia, ada beberapa sambal yang paling enak untuk ikan bakar.

Macam Macam Sambal Ikan Bakar

1. Sambal dabu-dabu

Resep Sambal Ikan Bakar yang Enak
Sambal dabu-dabu yang berasal dari Manado ini memiliki sensasi rasa pedas yang unik. Campuran irisan tomat, cabai rawit, cabai merah keriting, dan irisan bawang merah membuat tekstur sambal ini sangat sesuai dengan tekstur daging ikan yang lembut.

Bayangkan bagaimana nikmatnya mengunyah daging ikan yang lembut dan gurih dengan paduan renyahnya irisan bawang dan cabai rawit. Apalagi dengan tambahan manisnya daging buah tomat.

Tak cuma itu, sambal dengan rasa segar dari perasan jeruk nipis ini juga meresap ke dalam daging ikan dan menguatkan rasa gurih ikan.

2. Sambal terasi

Resep Sambal Ikan Bakar yang Enak
Sambal terasi bisa dikatakan sebagai sambal paling klasik dari semua jenis sambal. Tak cuma itu, sambal ini juga termasuk jenis sambal fleksibel. Artinya, sambal ini cocok dipadukan hampir semua jenis makanan.

Pada ikan bakar, sambal terasi ini akan memberikan sensasi rasa yang lebih unik. Tentu saja karena tambahan rasa terasi gurih di dalamnya.

3. Sambal limau

Resep Sambal Ikan Bakar yang Enak
Sambal limau adalah sambal mentah yang dibuat dengan campuran cabai merah, cabai rawit, bawang putih. Sekilas terlihat biasa saja karena rasanya yang pasti pedas. Hanya saja, sambal ini akan memberikan sensasi rasa bawang putih yang cukup kuat.

Namun tambahan perasan jeruk limau dalam campuran sambalnya akan memberikan sebuah sensasi yang lain. Jeruk limau memiliki cita rasa yang berbeda dengan jeruk nipis.

Kombinasi jeruk limau yang aromatik akan berpadu sempurna dengan cabai pedas untuk jadi teman makan ikan bakar di pesta tahun baru Anda. Bagi Anda yang takut dengan aroma amis ikan, tambahan jeruk limau ini juga akan menutupi aroma amis ikan bakar.

4. Sambal kecap

Resep Sambal Ikan Bakar yang Enak
Apa yang bisa mengalahkan sedapnya ikan bakar dengan tambahan manis gurih kecap?

Bayangkan bagaimana nikmatnya makan ikan bakar dengan ‘lelehan’ kecap manis yang sedikit terkaramelisasi karena terkena api bakaran. Tambahan irisan cabai dan juga tomat akan membuatnya makin mantap disantap.

5. Sambal matah

Resep Sambal Ikan Bakar yang Enak
Tak cuma cocok disantap dengan ayam atau bebek. Dalam bahasa Bali ini adalah sambal iris yang terdiri dari irisan cabai merah, cabai rawit, dan irisan serai.

Irisan batang serai dan siraman minyak panas di atas sambalnya akan membuat campuran ini jadi sedikit renyah dan matang. Minyak panas juga akan membuat rasa dari bahan irisan sedikit keluar.

Saat sambal matah ini disiramkan ke atas daging ikan bakar, baluran minyak sambal matah akan mengalir ke daging ikan sehingga memberikan rasa gurih yang makin ‘menggila.’

Makanan Pedas Memiliki Banyak Khasiat

1. Menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

2. Menyehatkan jantung

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

3. Melancarkan sirkulasi

Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

4. Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

5. Meningkatkan fungsi cerna

Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

Jika kamu ingin membuat ayam bakar bumbu bali yang enak kamu bisa mencoba cara ini dan

Jika kamu ingin membuat roti bakar yang enak kamu bisa mencoba cara ini