Kebanyakan orang tidak mengetahui resep oseng buncis daging giling ini. Mungkin yang orang orang ketahui adalah steak daging giling dan olahan daging giling sapi  yang lainnya. Maka dari itu yuk ketahui lebid dalam resepnya pada artikel ini.

Buncis

buncis

Sayur buncis memilik rasa manis, gurih, dan segar. Tak hanya lezat, manfaat sayur buncis juga perlu diperhitungkan. Manfaat sayur buncis ini mampu memenuhi nutrisi harian tubuh.

Manfaat sayur buncis kaya akan vitamin A, C, dan K, serta asam folat dan serat. Buncis juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang kuat. Manfaat sayur buncis ini mirip dengan kacang polong dan okra.

Manfaat sayur buncis dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung tertentu, meningkatkan penglihatan, dan bahkan membantu mencegah cacat lahir. Konsumsi sayur buncis dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat Sayur Buncis

resep oseng buncis daging giling

1. Sehatkan jantung

Sayur buncis tinggi serat dan nol kolesterol yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Serat larut dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang mendukung kesehatan jantung. Kolesterol yang terkontrol juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan. Magnesium dalam buncis juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Kontrol Gula Darah

Dilansir dari Stylecraze, studi menunjukkan bahwa buncis dapat menginduksi efek metabolik yang menguntungkan pada individu dengan diabetes. Buncis juga termasuk sayuran yang bersifat non-tepung di mana ia mengandung lebih sedikit karbohidrat. Manfaat sayur buncis ini mampu mengontrol tekanan darah dalam tingkat normal.

3. Baik Untuk Kehamilan

Buncis kaya akan folat, nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Folat bertanggung jawab atas produksi sel darah merah dalam tubuh manusia. Ini juga berperan dalam mengembangkan sistem saraf embrio. Buncis juga mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia dan meningkatkan kesuburan.

4. Mencegah Stress

Memenuhi kebutuhan folat harian juga dapat meringankan stres. Konsumsi folat yang cukup dapat mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Kelebihan homosistein dapat menghentikan darah dan nutrisi lain dari mencapai otak, dan itu dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

5. Menguatkan Tulang

Buncis kaya akan vitamin K yang merupakan nutrisi penting untuk tulang. Konsumsi vitamin K dapat memodifikasi protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi ekskresi kalsium urin. Senyawa ini mengunci molekul kalsium di dalam tulang, menguatkan mereka dari dalam.

Pastikan untuk merendam buncis selama beberapa jam sebelum dimasak untuk mengurangi kadar fitat. Fitat diketahui dapat menghambat penyerapan nutrisi tertentu, termasuk kalsium

Daging Giling

daging giling

Daging giling menjadi salah satu bahan andalan ibu rumah tangga ketika memasak. Biasanya berasal dari daging sapi atau ayam. Daging giling dibuat dengan alat penggiling untuk mendapatkan olahan daging yang halus.

Daging serbaguna ini bisa didapatkan dengan mudah. Membeli daging giling memang lebih praktis dan efektif, tapi kualitasnya dipertanyakan.

Cara Menyimpan Daging Giling

  • Menyimpan daging giling mentah: bentuk daging giling menjadi bola-bola kecil. Kemudian, susun di dalam wadah kedap udara dan jangan terlalu sesak. Hal ini membuat bulatan daging menempel dan susah saat akan dikeluarkan. Simpan di dalam freezer. Kalau akan digunakan lagi, tunggu suhunya sama dengan suhu udara ya.
  • Menyimpan daging giling yang matang: masak daging terlebih dahulu, taburi dengan sedikit garam. Masak daging berlemak tanpa menggunakan minyak. Untuk yang tanpa lemak, bisa pakai sedikit minyak. Kalau sudah, simpan di dalam wadah tertutup dan letakkan dalam lemari es, jangan di dalam freezer

Tips Mengetahui Kualitas Daging Giling

  1. Baui aroma daging giling. Cara satu ini sangat mudah. Gunakan indera penciumanmu untuk mengetahui kualitas daging giling. Daging yang masih segar tidak mengeluarkan bau aneh atau menyengat.
  2. Sentuh daging giling. Daging giling yang segar punya tekstur lembut dan halus. Kalau sudah berair dan lengket, jangan kamu beli ya.
  3. Perhatikan warna dagingnya. Daging giling yang bagus punya warna merah segar dan mencolok. Jika menemukan yang berwarna cokelat, sebenarnya aman dikonsumsi, karena sudah terlalu lama tidak dimasak.

Apa Itu Oseng Oseng

Oseng-oseng umumnya merupakan tumisan asli tradisional Indonesia dengan bumbu-bumbu lokal. Kebanyakan orang menyebutkan bahwa oseng oseng itu sama dengan cah, padahal kalau  cah merupakan tumisan yang bergaya Oriental. Keduanya punya gaya yang berbeda.

Resep Oseng Buncis Daging Giling

Bahan-bahan :

  • potongan panjang 1 buncis segar
  • 200 gram daging giling sapi
  • 1/2 sendok teh bumbu pelezat
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai rawit
  • 1 sendok teh garam
  • 1.2 sendok teh merica putih bubuk
  • 100 ml air matang
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tiram
  • minyak wijen 1/2 sendok teh
  • tepung terigu 1 sendok makan

Langkah-langkah :

  1. Tumis bawang putih dan cabe hingga wangi, lalu masukkan daging giling dan tumis hingga matang sambil ditambahkan sedikit air
  2. Masukkan buncis dan aduk rata
  3. Setelah bunci agak layu, tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, merica, dan bumbu pelezat Rasa Sapi agar lebih nikmat
  4. Tambahkan air dan sagu, lalu masak sampai mengental. Setelah mengental, tambahkan minyak wijen, lalu aduk hingga merata
  5. Angkat, dan sajikan hangat-hangat dengan nasi pulen yang nikmat.

Itulah resep oseng buncis daging giling semoga bermanfaat dan selamat mencoba.