Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai resep moccacino yang enak. Kopi saat ini telah menjadi salah satu komoditi perdagangan yang mendunia.

Dimana tidak heran jika kopi telah menjadi komoditas dagang kedua yang paling banyak di perjual belikan di dunia. Pecinta kopi pun hadir dari berbagai kalangan. Setiap waktu kopi seakan menjadi kebutuhan untuk menghabiskan waktu di berbagai kegiatan.

Moccacino sudah menjadi minuman yang paling diminati sekarang ini. Kopi ini juga sudah tersedia di kedai kopi atau kafe-kafe. Cara membuat mocccacino sangat mudah.

Moccacino

Kopi moka adalah buah moka. Saat ini campuran Mocha-Java biasa dicampur dengan varietas lainnya untuk menciptakan ciri khas yang unik.

Banyak perusahaan kopi yang memiliki campurannya tersendiri. Komposisinya diracik dari bubuk cokelat, kopi Vienna, susu panas & busa. Di Eropa, biasanya dikenal sebagai Moccacino.

Resep Moccacino

Resep Moccacino

Bila kalian tipe orang penyuka kopi hitam, tapi tak terlalu suka dengan sensasi pahit dari kopi hitam. Cappucino bisa menjadi alternatif.

Sebab campuran kopi hitam dan susu akan memadukan rasa pahit serta lembutnya manis gula. Lalu mata kamu akan bisa terhibur dengan beberapa bentuk menarik dari latte art.

Berbeda bagi kalian penyuka campuran kopi dan cokelat yang bisa memilih Moccacino. Begitu banyaknya bubuk cokelat yang ditambahkan.

Akan memanjakan lidah dengan kombinasi pahitnya kopi hitam. Tentu akan menjadi pilihan bagi kalian yang menyukai minuman manis.

Beberapa Resep Moccacino

Resep Moccacino

Bahan untuk membuat kopi mocca:
  1. 1,5 sendok teh serbuk kopi.
  2. 1 sendok teh buah cokelat bubuk.
  3. Gula pasir secukupnya atau sesuai selera.
  4. 2 sendok makan susu kental manis.
  5. 300 mililiter air.
  6. bisa juga ditambahkan dengan es
Tips membuat kopi moccacino:
  1. Jenis rasa susu kental manis boleh apa saja, sesuai selera dan kreatifitas Anda.
  2. Kopi mocca juga sedap bila disajikan dalam kondisi dingin. Caranya, setelah serbuk kopi dan buah cokelat bubuk di rebus dengan air, biarkan hingga suhunya menjadi mormal. Tambahkan gula pasir dan susu kental manis, aduk hingga larut dan tambahkan es batu. Es kopi mocca siap disajikan.
Langkah – Langkah membuat kopi moccacino:
  1. Masak air bersama serbuk kopi dan buah cokelat bubuk hingga mendidih.
  2. Tuang ke cangkir dengan cara disaring agar ampas serbuk kopi dan cokelat tidak terminum.
  3. Tambahkan gula pasir dan susu kental manis, aduk hingga larut.
  4. Tabur buah cokelat bubuk di atasnya. Kopi mocca siap disajikan, tapi ingat, jangan langsung diminum karena masih panas, tunggu hingga menjadi hangat.
  5. ingin minum kopi dingin?bisa dengan menambahkan es serut yang telah diserut menggunakan mesin serut es.

Moccaccino Susu Kedelai

Bahan Resep Moccacino
  • 1½ sdm kopi instan
  • ½ sdm cokelat bubuk
  • 2 sdm air panas
  • 360 ml susu kedelai
  • 80 ml susu kedelai
  • Topping
  • ½ sdt kopi instan
Cara Membuat Moccacino
  1.  Gunakan panci kecil, aduk kopi instan, cokelat bubuk dan air panas. Jerangkan di atas api kecil, tuangi susu kedelai. Aduk dan tunggu hingga susu mulai menggelembung, jangan sampai mendidih. Angkat.
  2. Buat busa susu: tuang 80 ml susu kedelai dalam mangkuk sedang, tutup. Masukkan ke microwave selama 40 detik hingga susu hangat. Jika tidak ada microwave panaskan di atas api hingga hangat, angkat. Gunakan pengocok listrik, kocok susu hingga berubah menjadi busa.
  3. Tuangkan susu yang telah dicampur kopi ke dalam cangkir. Masukkan busa susu kedelai dengan sendok dan taburi atasnya dengan kopi instan. Hidangkan segera.

Demikianlah pembahasan kita kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda.