Resep Membuat Kue Leker – Sebelum kita mengulas tentang resep membuat kue, kita simak sedikit tentatng kue. Kue adalah penganan atau makanan ringan yang di buat dari campuran berbagai bahan pangan dan memiliki bentuk dan jenis yang beraneka ragam.

Jajanan kue leker tersendiri merupakan sebuah sajian tradisional yang dibuat dengan bahan dasar berupa pisang yang berasal dari Surabaya. Kue leker juga anda bisa temukan di beberapa tempat lainnya selain dengan Surabaya seperti Jakarta dan berbagai kota lainnya juga, meskipun memang kue leker tersebut berbeda antara lokasi satu dengan lainnya. Secara umum kue leker juga diketahui sebagai sajian yang cukup mirip dengan kue crepes.

Berikut ini resep sajian kue leker crepes pisang coklat yang sedap dan mantap yang mungkin anda bisa sajikan kepada teman dan kerabat terdekat anda. Silahkan simak resep dan langkah pembuatannya di bawah ini! Resep dan Cara Membuat Kue Leker Crepes Pisang Coklat Paling Sederhana dan Mudah namun Spesial dan Istimewa

Kue Leker Crepes Pisang Coklat Paling Sederhana dan Mudah

Berikut ini olahan kue tradisional yaitu kue laker. Mungkin kalian pernah atau sering melihatnya di jual di pasaran. Nah kue laker ini memiliki rasa yang manis dan di tambah gurih.

Bahan-Bahan :

  • ½ sendok teh garam
  • Air putih secukupnya
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Vanili bubuk secukupnya
  • 1 sendok makan gula pasir

Bahan Isian Kue Leker :

  • Pisang raja secukupnya, iris bulat tipis secukupnya
  • Susu kental manis rasa coklat secukupnya
  • Meses cokelat secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Langkah Pengolahan :

  1. Siapkan terlebih dahulu sebuah wadah berukuran besar, kemudian anda masukan tepung terigu serta gula ke dalamnya dengan cara mengayak bahan-bahan tersebut.
  2. Setelah mengayak bahan-bahan tersebut anda bisa melanjutkan menambahkan bahan lainnya, yakni telur yang sudah dikocok lepas, vanili, garam dan air ke dalamnya.
  3. Ambil mixer, lalu anda mulai mengocok bahan tersebut hingga tercampur dengan merata, kemudian anda bisa mendiamkannya terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit.
  4. Sambil menunggu kue anda tiris, anda bisa memanaskan terlebih dahulu cetakan kue leker yang anda miliki, dan jangan lupa memberi mentega di permukaannya.
  5. Setelah cukup panas anda bisa menuangkan adonan kue tersebut ke dalam cetakan yang sudah dipersiapkan. Masak adonan tersebut hingga setengah matang, kemudian anda bisa menambahkan topping atau isian berupa pisang, meses coklat dan gula pasir.
  6. Setelah anda menambahkan topping dan isian, lipat bagian kulitnya. Angkat sajian crepes yang anda miliki tersebut kemudian anda siram dengan menggunakan susu kental manis.
  7. Kue leker yang lezat siap untuk disajikan.
  8. Sajikan hidangan kue tersebut ketika masih panas dan hangat.

Sejarah Singkat Kue

Pada awalnya, kue merupakan istilah yang di gunakan untuk menyebut penganan tradisional atau oriental. Namun kemudian di rubah oleh masyarakat yaitu untuk menyebut segala bentuk makanan yang bukan makanan utama. Tak perduli apakah itu oriental ataupun kontinental. Selama itu bukan merupakan makanan utama maka di sebut kue.

Kue berawal dari kata kueh yang berasal dari bahasa cina dalam dialek Hokkien. Lalu kata itu di serap kedalam bahasa melayu dan menjadi kue untuk lidah orang Indonesia atau kuih dalam dialek melayu. Teknik membuat kue yang baik kemudian di pelajari secara khusus dalam suatu bidang ilmu yang di sebut dengan Teknologi Patiseri.

Secara umum ada 3 jenis kue yang kita ketahui masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Ketiga jenis kue tersebut adalah kue basah, kue kering, dan bakery. Namun kali ini saya hanya akan mengulas mengenai cara membuat kue kering dan kue basah.

Cukup sekian sejarah dan resep kue laker yang saya sampaikan. Jika kalian ingin membuat kue tradisional lainnya ada bisa mencobanya dengan membuat kue dari olahan tepung beras. Semoga bermanfaat.