Bakpia

Resep Bakpia Kukus Keju – Pertama apa itu bakpia? Bakpia merupakan makanan yang terbuat dari bahan campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang.

Ternyata istilah dari bakpia sendiri, berasal dari kata atau dialek Hokkian (Hanzi: 肉餅), yaitu dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging.

Menurut sejarah dan berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat adalah sebuah makanan yang berasal dari Tiongkok. Nama aslinya di Tiongkok itu adalah Tou Luk Pia yang artinya sebuah kue atau makanan yang berisi daging. Nah sedangkan kita sebagai orang Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan bakpia yang merupakan makanan khas dari Jogja.

Resep bakpia dan cara membuat bakpia kukus di Indonesia sendiri sudah mengalami modifikasi baik dari segi isi bakpia itu, maupun dari cara pembuatannya. Isi bakpia sekarang ini sudah tidak lagi menggunakan daging, tapi diganti dengan menggunakan isi seperti kacang ijo, keju, ketela/ubi, coklat, dan sebagainya. Bakpia itu juga cenderung memiliki rasa dasar manis seperti masakan khas Jogja lainnya yang manis-manis.

Mungkin nama bakpia di daerah-daerah lain berbeda pemanggilannya. Namun di daerah indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.

Bakpia adalah makanan khas di Yogyakarta, daerah yang banyak memproduksi bakpia adalah daerah bantul, jogja, dan sekitarnya. Di bantul dikenal dengan istilah bakpia pathuk karena berada didaerah pathuk. Makanan ini sangatlah enak dan juga merupakan makanan untuk oleh-oleh wisatawan.

Di berbagai toko oleh-oleh khas Jogja salah satunya yang terkenal adalah bakpia ini. Selain itu, bakpia juga diburu oleh wisatawan dari daerah lain. Karena rasanya yang bervarian dan juga isian yang manis, terbuat dari kacang hijau atau juga bisa yang lainnya.

Resep Membuat Bakpia Kukus Keju

Kini, varian bakpia tidak hanya dimasak dengan dipanggang, tapi ada juga yang dikukus. Bakpia kukus mempunyai tekstur permukaan yang lebih lembut dibandingkan bakpia pathok. Rasanya pun langsung lumer di mulut, apalagi dengan isian keju yang enak.

Kalau kamu biasanya membeli langsung ke Yogyakarta, sekarang coba bikin sendiri bakpia kukus di rumah yuk! Simak resepnya di bawah ini!Untuk membuat bakpia  isi keju ini sangatlah mudah. Kalian harus mencobanya resep bakpia berikut ini, dijamin enak.

Bahan-Bahan :

  • 40 gram keju
  • 150 gram gula pasir
  • 40 gram susu susu bubuk
  • 80 gram tepung terigu
  • 40 gram susu cair full cream
  • 120 ml minyak sayur
  • 1 sendok teh pasta vanilla
  • 150 gram gula pasir
  • 4 butir telur

Langkah Pembuatan :

  1. Pertama pembuatan isi bakpia. Siapkan wajan yang telah dipanaskan, masukkan susu cair bersama dengan keju. Kalau menggunakan keju batang, tunggu hingga meleleh dan tercampur merata. Setelah itu, cicipi terlebih dahulu supaya rasanya sesuai dengan selera kamu. Tambahkan susu cair kalau kurang manis.
  2. Untuk adonannya, kamu bisa mencampurkan gula, telur, dan tepung terigu ke dalam mixer. Aduk merata hingga adonannya menjadi lembut tanpa adanya gumpalan-gumpalan. Setelah merata, tambahkan susu bubuk yang telah disiapkan dan dicampurkan kembali.
  3. Masukkan adonan ke dalam plastik yang dibentuk kerucut. Bentuklah plastik yang kamu punya menjadi kerucut, masukkan adonan ke dalamnya. Setelah itu, gunting ujung plastik kerucut yang berisi adonan.
  4. Siapkan loyang berbentuk bulatan-bulatan kecil dan masukkan adonan ke tempat tersebut. Pastikan sama rata agar punya bentuk yang sama.
  5. Adonan yang telah diletakkan di dalam loyang bulat dimasukkan ke dalam panci kukusan. Tidak perlu waktu lama untuk mengukus, cuma tiga menit, lalu angkat dari panci.
  6. Keluarkan dan masukkan isian keju ke dalamnya, lalu tutup kembali dengan adonan bakpia. Setelah itu, kukus kembali hingga sepuluh menit. Bakpia kukus isian keju siap disajikan.

Nah, gampang banget, kan cara membuat bakpia kukus isian keju? Selamat berkreasi! Untuk menambah wawasan kalian tentang resep-resep kunjungi juga resep membuat bakpia basah.

Demikian tadi resep bakpia kukus keju yang bisa kalian buat. Terima kasih telah mengunjungi artikel saya. Semoga bermanfaat.