Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai resep matcha latte ice yang bisa anda buat sendiri di rumah mengguanakn bahan-bahan yang sederhana.

Saat ini ada begitu banyak minuman kekinian yang dapat dinikmati untuk melepas dahaga. Apalagi jika cuaca sedang terik-teriknya.

Kehadirannya bisa jadi seperti oase di tengah pada pasir. Persoalan rasa adalah alasan lain yang membuat kehadiran minum-minuman ini digemari.

Resep Matcha Latte Ice

Matcha yang Populer Ada alasan tertentu mengapa matcha begitu populer di dunia, dibanding teh Jepang lainnya misalnya gyokuro.

Kopi ini populer karena bisa diolah jadi makanan dan minuman. Rasa matcha cenderung polos dan tidak pahit. Rasanya yang polos ini pun cocok dikreasikan ke berbagai hidangan makanan seperti kue hingga olahan minuman.

Dalam buku “The Tea Industry” (2000), penulisnya Nick Hall menyebutkan matcha yang sebelumnya digunakan dalam upacara minum teh, kini hadir dalam berbagai produk. Matcha diaplikasikan mulai dari es krim, kue, bahkan mi soba.

Hall juga menyebutkan bahhwa konsumsi satu cangkir seduhan matcha dipandang sama dengan meminum 10 cangkir seduhan daun teh hijau.

Matcha kaya zat katekin yang baik untuk kesehatan. Dengan semakin meningkatnya peran teh hijau untuk kesehatan, matcha memiliki potensi penjualan yang cukup besar.

Berikut Resep Matcaha Latte Ice

Resep Matcha Latte Ice

Kandungan catecin pada bubuk matcha, menjadikan matcha merupakan antioksidan alami, sehingga matcha bermanfaat menjaga tubuh dari radikal bebas.

Namun tidak sembarang produk olahan matcha baik akan kesehatan. Perlu kita perhatikan pula bahan-bahan lain yang terdalam dalam satu olahan makanan atau minuman yang disandingkan dengan matcha.

Seperti olahan minuman satu ini, iced matcha latte. Kandungan kalori pada minuman tersebut akan menjadi tinggi apabila menggunakan susu full cream dan gula. Untuk yang sedang berdiet ganti susu full cream dengan soy milk atau almond milk serta ganti gula dengan madu.

Bahan-Bahan

  • 250 ml soy milk

  • 1 sdm bubuk matcha

  • 1 cup ice cubes

  • 3 sdt madu ( optional )

Cara Membuat

  1. Campur semua bahan kecuali ice cubes, lalu blender sampai tercampur rata.
  2. Tuang matcha latte kedalam gelas yang sudah diisi ice cubes.

  3. Iced matcha latte rendah kalori siap dinikmati.

Manfaat Matcha Latte

Salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang adalah Matcha Latte. Warnanya yang hijau memberikan kesegaran bagi setiap penikmatnya.

Khusus Matcha sebagai bahan utama, terdapat zat-zat seperti klorofil serta asam amino yang dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Adapun manfaat Matcha, yakni antara lain:

  1. Menjaga mood
  2. Kadar antioksidan yang tinggi
  3. Menurunkan level kolesterol
  4. Membantu penurunan berat badan
  5. Meningkatkan fungsi otak
  6. Mencegah munculnya bibit kanker
  7. Bermanfaat bagi kesehatan organ hati

Perbedaan Matcha dan Green tea

Resep membuat matcha latte memang  hampir sama dengan Green tea, nyatanya dua minuman ternyata beda. Proses penanaman dan perawatan Matcha lebih istimewa, di mana dia ditanam di tempat yang teduh sehingga klorofilnya lebih banyak dibandingkan dengan Green tea.

Dari segi rasa dan warna, kedua bahan minuman ini juga berbeda. Matcha mempunyai banyak rasa, mulai dari sedikit pahit hingga sedikit manis dengan rasa yang lebih creamy.

Warna hijau Matcha lebih berwarna hijau terang dan kental, sementara Green tea warnanya lebih kusam dan gelap.
Untuk cara mengonsumsi,

Green tea sendiri  bisa langsung diseduh dan diminum, sedangkan untuk Matcha dapat dicampurkan ke dalam berbagai variasi makanan serta minuman, misalnya martabak, kue cubit, es krim, milkshake, serta matcha latte.