Pada dasarnya masakan jepang kali ini sangatlah disegani dan disukai oleh semua orang. Untuk itu resep masakan jepang halal ini yang mudah dan tentunya praktis dapat anda coba dirumah. Namun, sebelum itu mari kita simak bahan-bahan pembuatan resep masakan jepang dibawah ini.

1. Penjelasan Masakan Jepang Halal

resep masakan jepang halal

Masakan jepang ini disebut makanan yang cara memasaknya berkembang secara unik di Jepang dan juga menggunakan berbagai bahan makanan yang diambil dari wilayah Jepang dan sekitarnya. Dalam bahasa Jepang, makanan Jepang disebut juga dengan nihonshoku atau washoku.

2. Asal Usul Masakan Jepang Halal

Nasi mulai dimakan orang Jepang sejak zaman jomon dengan lauk dari bahan makanan yang dibuat nimono, dipanggang, dan dikukus. Cara mengolah makanan dengan menggoreng dikenal di zaman asuka dan berasal dari semenanjung dan tiongkok.

Teh dan masakan korea khas pendeta diperkenalkan di Jepang bersamaan dengan masuknya agama Budha, tapi hanya berkembang di kalangan kuil. Makanan khas pendeta dikenal sebagai makanan buddhis (Shōjin ryōri) yang melarang keras hewan peliharaan dan binatang buas seperti monyet dijadikan bahan makanan.

Menurut literatur klasik Engishiki, di berbagai tempat di Jepang barat terdapat upacara yang menggunakan ikan hasil fermentasi yang disebut Narezushi sebagai persembahan.

3. Resep Masakan Jepang Halal Yang Mudah dan praktis

Cara Membuat  Sushi:

Bahan-bahan:

  • 2 lembar nori atau rumput laut kering
  • 1 buah alpukat, iris tipis memanjang
  • 1 cup beras
  • 6 batang crab stik, kukus dulu atau goreng
  • 3 sdm mayonais
  • 3 sdm cuka beras
  • 1 sdm gula
  • 2 sdt garam
  • Telur ikan salmon secukupnya

Cara Membuat Sushi:

  1. Masak beras di rice cooker hingga menjadi nasi. Campur cuka beras, gula, garam di atas api kecil hingga gula dan garam larut. Tuang di atas nasi panas, aduk hingga rata.
  2. Cincang crab stik yang sudah digoreng/dikukus. Campur dengan mayonaise, aduk rata.
  3. Letakkan 1 lembar nori di atas sushi mat, susun nasi hingga rata di atas nori.Letakkan adonan crab stik dan alpukat di atas nasi, lalu gulung berbentuk bulat lonjong. Potong-potong sushi, lalu beri taburan telur ikan salmon di atasnya sebagai hiasan dan penambah rasa.
  4. Sushi siap untuk disajikan.

3. Manfaat Masak Masakan Jepang

1. Mencegah Obesitas

Mengkonsumsi kalori rata-rata orang Jepang lebih rendah. Rahasianya ini ada pada cara pengolahan makanan yang dikukus, direbus, ataupun dimakan mentah, serta tinggi asupan sayurannya dalam makanan Jepang.

2. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi masak masakan Jepang dan mengikuti cara penyajiannya mungkin dapat membantu. Umumnya makanan Jepang disajikan di dalam piring atau mangkuk berukuran kecil. Hal ini dapat memengaruhi porsi makan seseorang.

Berdasarkan penelitian, makan dengan menggunakan piring atau mangkuk yang lebih besar dapat membuat seseorang makan lebih banyak. Begitu pula sebaliknya.

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Masakan Jepang banyak menggunakan olahan kacang kedelai, mulai dari saus hingga tahu. Kacang kedelai kaya akan isoflavon, yaitu zat mirip hormon estrogen yang diduga dapat mencegah osteoporosis dan kanker. Selain itu, makanan Jepang umumnya didominasi oleh sayuran, daging, dan ikan.

Sayur dan buah berwarna-warni mengandung berbagai vitamin, mineral, serta antioksidan yang mampu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Itulah resep masakan jepang halal yang mudah dan praktis yang pastinya lezat dan enak. Untuk itu anda dapat mencoba dan anda juga dapat mempraketekan nya dirumah bersama dengan keluarga anda. Dan menu ini dapat juga ditambahkan berbagai bahan lainnya yang banyak mengandung vitamin dan juga protein. Selamat Mencoba.