Kali ini kita akan belajar resep mangut lele khas magelang yang enak.

Mungkin anda sudah tidak asing dengan kata mangut lele, ya mangut lele adalah masakan khas yang berasal dari daerah mataram (Yogyakarta – Solo) dan Semarang – Kendal.

Masakan ini berbahan dasar lele goreng yang diberi bumbu mangut, itulah mengapa masakan ini deberi nama mangut lele. Karena sesuai dengan bahan dasar yaitu lele dan bumbunya yaitu bumbu mangut .

Nah untuk bahan dasar dari masakan ini yaitu lele kita hanya bisa menggunakan dua jenis lele untuk membuat mangut lele ini. Dua jenis lele yang bisa jadikan mangut lele adalah ikan lele asap dan lele goreng. Jika kalian ingin mencoba menikmati masakan ini anda bisa mencarinya di rumah makan.

Karena banyak rumah makan yang menyediakan menu masakan ini, bahkan ada rumah makan khusus yang menyediakan mangut lele ini. Jika kalian sedang berlibur ke daerah yogyakarta anda bisa mencoba kuliner ini. Anda bisa menikmati masakan ini yang ditemani dengan es kelapa muda bersama keluarga ketika berlibur.

Namun jika anda tidak menemukan rumah makan yang menyediakan menu masakan mangut lele ini tapi anda ingin sekali menikmati masakan ini anda tidak perlu khawatir.

Saya akan memberikan resep mangut lele yang mudah dibuat, sehingga anda bisa mencoba membuatnya sendiri untuk anda nikmati atau anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis. Langsung saja ke resep mangut lele. Dibawah ini adalah resep mangut lele Khas Magelang.

Resep Mangut Lele Khas Magelang

Nah pada resep ini saya akan membuat mangut lele khas magelang sebanyak 5 porsi.

Bahan-bahan Untuk Membuat Mangut Lele Khas Magelang

  • 1/2 kg lele (kebetulan saya dpt 5 ekor)
  • 400 ml santan encer
  • 200 ml santan kental
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • secukupnya daun kemangi
  • sesuai selera cabe rawit merah
  • secukupnya minyak sayur (untuk menumis)

Bahan-bahan Untuk Bumbu yang di haluskan :

  • 5-6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1/2 ruas jari kencur
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula pasir
  • bumbu lele goreng haluskan:
  • 3-4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 ruas jari kunyit
  • secukupnya garam

Langkah langkah Dalam Membuat Mangut Lele Khas Magelang

  1. Pertama cuci bersih lele
  2. Haluskan bahan bumbu untuk menggoreng lele,setelah itu lumuri lele dengan bumbu,diamkan beberapa menit agar bumbu meresap,setelah itu goreng lele sampai matang (jangan sampai garing)
  3. Haluskan bumbu sampai halus, kemudian sisihkan
  4. Siapkan wajan,masukan minyak untuk menumis bumbu halus, tumis hingga bumbu harum, masukkan daun jeruk, daun salam tumis hingga mengering.
  5. Masukkan garam dan gula aduk, setelah tercampur masukkan santan yg encer. Aduk aduk dan biar kan santan agak menyusut dan matang.
  6. Setelah santan mendidih dan agak menyusut masukkan lele yg sdh digoreng tadi (jangan di aduk2 nanti lele mudah hancur).
  7.  Tunggu sampai agak lebih menyusut masukkan santan yang kental, biarkan sampai santan mendidih aduk perlahan(pakai api kecil sedang).
  8. Setelah agak menyusup santannya dan lele sudah meresap terakhir masukkan daun kemangi dan cabe rawit merah, diam kan sebentar tapi tidak perlu sampai kemangi matang.
  9. Angkat Kemudian pindahkan ke tempat yang sudah anda siapkan.
  10. Mangut Lele Khas Magelang Siap disajikan
Itulah resep mangut lele khas magelang, jika anda ingin mencoba resep lain bisa cek di sini Resep Mangut Lele Khas Yogyakarta.

Kandungan Gizi Ikan Lele

Selain belajar resep mangut lele khas magelang, kita juga akan belajar mengenai kandungan gizi dari ikan lele ini. Nah dibawah ini beberapa kandungan gizi dari ikan lele.

1. Lemak

Ikan lele mengandung lemak sebesar 1,1 gram/100 gram. Jumlah tersebut sangat sedikit dibandingkan lemak pada daging sapi atau daging ayam. Sebaiknya, daging lele dikonsumsi dengan cara dikukus untuk mempertahankan kandungan asam omega 3.

2. Protein

Selain daging sapi dan daging ayam, apakah kalian tahu?, lele juga merupakan sumber protein hewani yang baik? Kandungan protein dalam lele sekitar 18,7 gram/100 gram.

3. Vitamin B

Kandungan gizi lele lainnya adalah vitamin B. Di dalam daging lele, terdapat kandungan tiamin (Vitamin B1) sebesar 0,1 mg, serta riboflavin (Vitamin B2) sebesar 0,05 mg.

4. Fosfor

Sekitar 260 miligram fosfor terkandung dalam 100 gram lele. Dengan jumlah yang demikian, maka Ibu bisa memenuhi 30 persen kebutuhan mineral untuk tubuh setiap harinya.

Kandungan gizi lele lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan di antaranya adalah kalsium, zat besi, natrium, dan niasin.

Selain dari kandungan gizi yang ada dalam ikan lele kita juga akan belajar manfaat dari ikan lele bagi kesehatan. Simak beberapa manfaat ikan lele bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehaan

Selain belajar tentang resep mangut lele khas magelang kita juga akan belajar manfaaat dari ikan lele bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaaat ikan lele bagi kesehatan tubuh.

1. Rendah Kalori Dan Lemak

Dalam 100 gram porsi ikan lele hanya mengandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak.

Meski rendah kalori dan lemak, penting bagi kalian untuk memperhatikan porsi makan sekaligus cara mengolahnya. Agar kadar kalori, kolestrol, dan lemak dalam ikan lele tidak meningkat.

Kalian bisa mencegah hal tersebut dengan menghindari cara mengolah ikan lele dengan cara digoreng. Sebagai cara memasak alternatif cobalah memasak dengan cara dikukus, direbus (dijadikan sup), dipanggangn atau dibakar. Selain itu, ada baiknya kalian memvariasikan pilihan lauk pauk kalian setiap hari. Semakin bervariasi, semakin kaya dan seimbang pula asupan nutrisi bagi tubuh keluarga kalian.

2. Sumber Protein-nya Lengkap

Ikan lele mengandung protein sebanyak 15,6 gram dalam setiap satu ekor ikan lele sehingga dapat memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh kalian. Protein berkualitas tinggi tersebut membantu tubuh kalian membangun massa otot tanpa lemak. Tidak hanya itu, kandungan protein dalam ikan lele juga membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh kalian.

3. Sumber Vitamin B-12

Ikan lele memiliki kadar vitamin B-12 yang sangat tinggi. Satu ekor ikan lele sudah diketahui memiliki 40% asupan vitamin B-12 yang direkomendasikan setiap hari. Sebagai bagian dari vitamin B, vitamin B-12 pada ikan lele sangat penting untuk membantu memecah makanan yang kalian konsumsi sebagai energi. Bukan hanya itu vitamin yang ikut larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, dan pembentukan darah.

4. Rendah Merkuri

Hampir semua ikan mengandung merkuri. Merkuri ialah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah rumah tanggga dan pabrik. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika kalian mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan akan masuk ke dalam tubuh kalian. Merkuri yang menumpuk dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri sampai kerusakan saraf, terutama pada bayi dan anak-anak.

Untung ada kabar baiknya Environmental Protection Agency menetapkan ikan lele sebagai salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi dan rendah merkuri.

Meski demikian, membatasi konsumsi ikan lele dianjurkan untuk mengurangi risiko kalian terkena paparan merkuri. Terutama apabila kalian sedang hamil, karena kadar merkuri yang tinggi dapat membahayakan janin kalian. Biasa-nya, ikan lele aman untuk dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Mengandung Asam Lemak Sehat

Rutin makan ikan lele bisa meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Hal ini terjaadi karena satu ekor ikan lele memiliki 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Kedua nutrisi ini sangat berperan dalamfungsi kognitif dan kesehatan jantung.

Meski demikian, penelitian mengungkap, asam omega 6 dapat memengaruhi proses pembekuan darah dan rentan terhadap proses oksidasi. Karena hal tersebut asam omega 6 dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah.

Oleh karena itu untuk mengambil manfaat ikan lele sekaligus menekan risikonya, sebaik-nya batasi mengkonsumsi ikan lele dengan sewajarnya saja.