Artikel kali ini saya akan membahas tentang resep kue sederhana untuk dijual yang mudah dan tentunya enak. Namun,  sebelum itu mari kita simak dibawah ini.

1. Pengertian Kue Sederhana Untuk Dijual

resep kue sederhana untuk dijual

Kue disebut juga  penganan atau makanan ringan yang di buat dari campuran beberapa  bahan pangan dan memiliki bentuk dan jenis yang beraneka ragam. Pada awalnya, resep kue sederhana tersebut  disebut dengan  istilah yang di gunakan untuk menyebut penganan tradisional atau oriental.

Namun kemudian di generalisasikan oleh masyarakat sekitar untuk menyebutkan segala bentuk makanan yang bukan makanan utama. Tak perduli apakah itu oriental ataupun kontinental. Semua itu merupakan makanan utama maka di sebut dengan kue.

2. Resep Kue Sederhana Untuk Dijual

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang (misalnya Segitiga Biru)
  • 200 gram gula merah sisir halus
  • 200 ml air
  • 100 ml minyak goreng
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 50 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan
  • 2 kuning telur
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh baking powder

Cara Memasak Kue Sederhana:

  1. Rebuslah  air, gula merah, daun pandan, garam, dan vanili bubuk hingga larut. Setelah dingin saring dan sisihkan.
  2. Kocoklah kuning telur, gula pasir, baking powder, dan soda kue sampai mengembang dan berwarna pucat.
  3. Turunkan kecepatan mixer sampai yang paling rendah, kemudian secara berurutan masukkan larutan gula merah dan tepung terigu.
  4. Matikan mixer, setelah itu masukkan minyak goreng dan aduk dengan spatula. Tuangkan adonan dalam cup kertas hingga habis.
  5. Panaskan kukusan dan bungkus tutupnya dengan kain untuk menyerap uap air, setelah itu kukuslah adonan bolu tersebut selama 20 menit dengan api besar.

Tips:

  1. Janganlah buka penutup kukusan sebelum bolu mengembang sempurna.
  2. Jangan menuangkan air ke dandang terlalu banyak. Jika air yang sudah mendidih mengenai bagian bawah cup, dasar bolu tersebut akan bantat.
  3. Demikianlah resep kue basah bolu kukus beraroma gula merah. Jangan ragu-ragu membuatnya, meskipun belum pernah memasak bolu kukus. Resep ini dijamin antigagal.

3. Sejarah Kue

Kue ialah kudapan atau makanan ringan yang bukan untuk makanan utama. Resep kue sederhana tersebut juga bercitarasa manis akan tetapi ada juga yang bercitarasa gurih dan asin. Kata “Kue berasal dari kata serapan dari bahasa  Hokion. Hal tersebut menujukan pengaruh seni memasak Tionghoa di Nusantara.

Beberapa kue menunjukan asal usulnya dari cina seperti kue bakpia. sementara untuk beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan penkuk menunjukan pengaruh dari Eropa., yaitu Belanada dan Protugis.

Pada awalnya istilah  kue memang di gunakan untuk menyebutkan nama kue tradisional dan kue keturunan Tionghoa, akan tetapi dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah meluas menjadi istilah yang memayungi makanan ringan, termasuk untuk menyebut kue kering (cookie), kue pastri ( pestry), dan kue tart atau kue bolu ( cake).

4. Jenis-Jenis Kue Sederhana 

  1. Kue Basah:  Istilahnya yang digunakan untuk menyebut kue yang bertekstur lembut, empuk dan relatif basah. Kue jenis ini biasanya memiliki umur simpan yang pendek karena kadar airnya tinggi di bandingkan kue-kue yang lain.
  2. Bakery: digunakan untuk menyebut penganan yang berupa roti, cake, pastri, dan sejenisnya. Disebut bakery karena penganan ini dimasak dengan cara di panggang. Meskipun ada sebagian yang terkadang dapat di masak dengan cara di goreng.
  3. Kue kering :ialah kue yang memiliki tekstur yang kasar tetapi renyah, dan empuk. kue ini memiliki kadar air yang rendah.

Hidangan kali ini resep kue sederhana yang dapat dijual dan memudahkan anda dalam membuka bisnis kecil-kecil dirumah anda. Menu ini juga sangat cocok untuk disajikan ketika sedang menerima tamu dirumah anda. Dan cara penyajiannya juga mudah sekali anda dapat membuatnya dirumah dengan bahan-bahan yang gampang sekali untuk didapat. Penasaran kan? Yuk silahkan dicoba resep kali ini. Terimakasih.