Resep Kue Kopi Kukus Lembut yang Dapat Dibuat Di Rumah-Buat kalian yang selama ini bertanya-tanya tentang resep kue kopi kukus, ini dia resepnya.

Resep Kue Kopi Kukus

Resep kue kopi kukus

Bahan-bahan yang Digunakan :

  1. 6 butir telur
  2. 220 gr tepung terigu segitiga biru
  3. 210 gr gula pasir
  4. 120 gr margarin yg sudah dicairkan
  5. 2 sachet kopi good day moccachino yang sudah dilarutkan dengan 3 sdm air panas
  6. 1 sdt SP
  7. 1/2 sdt Baking powder
  8. Pasta mocca secukupnya

Langkah-langkah yang Dilakukan :

  1. Sediakan loyang kemudian olesi dengan margarin dan taburi tepung terigu secukupnya.
  2. Campurkan telur, gula pasir dan SP kemudian mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang kurang lebih 15-20 menit.
  3. Masukan tepung terigu dan baking powder yang telah diayak sedikit demi sedikit sampai rata, namun ingat kurangi kecepatan mixer terlebih dahulu. Kemudian tambahkan larutan kopi dan pasta mocca. Setelah iu diaduk.
  4. Masukan margarin yang sudah dicairkan ke dalam adonan, aduk sampai rata dan tidak boleh ada yang mengendap.

  5. Tuangkan adonan ke dalam loyang setelah itu masukan ke dalam panci yang sudah dipanaskan.
  6. Kukus sampai matang, kurang lebih  45 menit. Jangan lupa untuk penutup pancinya ditutup dengan kain bersih agar airnya tidak jatuh ke adonan.
  7. Jika merasa sudah matang, silahkan di tusuk dengan tusukan sate agar mengetahui lebih pasti bahwa sudah matang atau belum
  8. Setelah matang angkat dan dinginkan kurang lebih  10 menit.
  9. Sajikan di atas piring.

Asal Mula Kue Kopi Kukus

Resep kue kopi kukus

Banyak kue kopi yang dibuat dengan cara dikukus, salah satunya adalah Brownies. Maka dari itu kali ini akan saya jelaskan mengenai asal mula kue brownies.

Brownies adalah salah satu dessert berbahan utama cokelat ini sangat banyak disukai banyak orang karena cocok ditemani dengan berbagai macam minuman seperti kopi hingga teh. Kue yang memiliki tekstur legit ini berasal dari Amerika Serikat, kemudian masuk ke benua Eropa hingga Asia.

Ada beberapa cerita mengenai asal mula brownies sendiri. Ada yang bilang bahwa kue ini awalnya berasal dari kue gagal yang lupa diberi pengembang, tapi ada juga yang bilang bahwa kue ini dibuat dari sisa-sisa bahan kue yang dimiliki seorang koki yang tokonya terancam bangkrut.

Resep awal brownies pertama kali muncul di tahun 1904 pada buku resep memasak Home Cookery, tapi resep tersebut dianggap belum sempurna. Kemudian pada tahun 1907 resep brownies kedua muncul pada buku resep masak Lowney’s Cook Book. Resep kedua inilah yang digunakan sebagai resep brownies klasik hingga sekarang.

Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Kue Kukus

Resep kue kopi kukus

  1. Daun Pandan : Kue tradisional umumnya menggunakan daun pandan untuk membuat rasa menjadi lebih istimewa. Aromanya bisa membuat makanan anda semakin menggugah selera. Gunakan daun pandan yang ukurannya lebih kecil untuk mendapatkan hasil aroma yang terbaik.
  2. Gula Merah : Bahan yang satu ini membuat aroma kue menjadi mempunyai ciri khas dan warnanya pun lebih indah dipandang. Jika ingin menggunakan, lebih baik dicairkan dan disaring dulu sehingga kotorannya tidak ikut tercampur ke dalam adonan kue.
  3. Bubuk Kopi : Jika anda mengingankan kue yang menghasilkan rasa dan aroma kopi, bubuk kopi bisa menjadi pilihan terbaik. Tetapi harus diingat, diseduh dulu dengan air panas. Setelah ampas dari kopi tersebut sudah mengendap maka campurkan air seduhannya ke dalam adonan kue.

Jangan sampai anda lewatkan, Inilah Beberapa Resep Kue Kopi Minyak Manado yang Wajib Kamu Coba.