Resep Kue Kelapa Sederhana sebenarnaya tidak begitu susah kalian cukup memperhatikan setiap langkah-langkah saat membuat-nya. Ini adalah Resep Kue Kelapa Sederhana sekaligus panduan-nya mudah dan simpel.

Bagi orang Indonesia kue kelapa sudah sangat melekat, pastinya selalu ada saat lebaran tiba contoh nya kue Roma kelapa, tapi dari pada kalian beli kue kelapa mendingan bikin sendiri sudah pasti bisa menghemat biaya lebaran, apalagi kalau sekeluarga besar datang berkunjung kerumah kalian, pastinya bakalan kewalahan baik itu makanan nya maupun isi dompet-nya hehe.

Rasanya yang nikmat apalagi di sajikan dengan segelas susu atau kopi bahkan teh membuat banyak orang tidak bisa berhenti menyantap-nya.

Oke lansung saja kita bahasa Resep Kue Kelapa Sederhana-nya dan berikut inilah resep-nya.

Resep Kue Kelapa Sederhana

resep kue kelapa sederhana

Tentu-nya untuk membuat sebuah kue kelapa di perlukan bahan-bahan yang pas takaran agar rasa yang di hasilkan tetap nikmat, dan berikut ini adalah bahan-bahan yang di perlukan sesuai Resep Kue Kelapa Sederhana.

Bahan-bahan Resep Kue Kelapa Sederhana

  1. 100 gram kelapa parut kering,kira kira 2 cup
  2. 227 gram unsalted butter
  3. 125 gram all purpose flour
  4. 25 gram maizena
  5. 25 gram susu bubuk
  6. 1 sendok vanila
  7. 125 gula halus

Setelah bahan-bahan diatas sudah di siapkan mari kita masuk pada tahap selanjut-nya, berikut inilah langkah-langkah membuat kue kelapa.

Langkah-langkah Resep Kue Kelapa Sederhana

  1. Aduk butter dan gula di dalam mangkut menggunakan spatula hingga rata.
  2. Masukan vanila lalu aduk kembali dan masukan kelapa parut kering.
  3. Masukkan campuran tepung, maizena dan susu lalu aduk perlahan lahan dengan spatula. Bentuk adonan menyerupai nastar tetapi lebih lengket. Selama membuatnya hindari menggunakan tangan untuk menyentuh adonan.
  4. Setelah itu bagi dua adonan lalu pindahkan ke meja yang dialasi plastik wrap, bentuk bulat memanjang seperti lontong, lalu bungkus dengan plastik wrap karena adonan akan menjadi sangat lembek.
  5. Lakukan hal sama dengan adonan yang lain, kemudian simpan dalam freezer selama 40 menit.
  6. Setelah 40 menit, keluarkan salah satu adonan dari freezer, lalu potong dengan ketebalan 1 cm, tata di loyang yang sudah dilapisi baking paper, lalu panggang sampai matang.
  7. Jika batch kue pertama matang, keluarkan batch kedua dan ulangi proses mengiris adonan. Jangan biarkan adonan menunggu di luar loyang karena mentega akan meleleh dan kue menjadi keras.
  8. Biarkan dingin,lalu hias dengan white coklat cair.
  9. Jika kalian tidak suka white coco. Bisa kalian ganti dengan yang lain ya atau dibiarkan plain juga enak.

Ada yang tidak kalah penting selain langkah-langkah di atas dalam Resep Kue Kelapa Sederhana yaitu tips-tips nya agar kue yang kalian buat bisa seenak yang di harapkan, dan berikut ini adalah tips-tips yang harus kalian ikuti.

Tips Resep Kue Kelapa Sederhana

  1. Dari pada kalian membeli kelapa kering dalam kemasan, lebih baik kalian buat sendiri karena bahan bakunya mudah di dapatkan dan mudah untuk di buat.
  2. Untuk membuatnya saya menaburkan kelapa pada loyang kue kering, lalu oven hingga kering dengan suhu 160 derajat, dan aduk sesekali agar matang-nya merata.
  3. Meski dengan susah payah, tapi semua itu terbayar dengan rasanya yang sangat gurih dan nikmat.
  4. Tepung terigu yang saya gunakan adalah all purpose flour atau tepung protein sedang seperti segitiga biru.
  5. Jika kalian menggunakan tepung protein rendah misalnya terigu kunci, maka penggunaan maizena bisa kalian hilangkan, dan ganti seluruh tepung dengan terigu kunci.
  6. Pemakaian butter sebaiknya jangan diganti atau di campur dengan margarin agar tekstur kue sama seperti yang saya buat kali ini. Tertarik untuk mencobanya? berikut ini resepnya.

Nah berbicara soal kue, apakah kalian tahu bagaimana cara membuat-nya ataupun sejarah perkembagannya.

Jika kalian belum mengetahuinya maka saya pada artikel ini akan membahas hal-hal yang mengenai kue kelapa. Yuk kalian simak ulasan-nya dibawah ini.

Apa Itu kue?

kue adalah kue kering yang berukuran kecil dan tipis, keras, dan renyah yang dibuat tanpa peragian dan memiliki kandungan air yang rendah.

kue dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu berdasarkan cara pencampuran-nya dan resep yang dipakai, yaitu jenis adonan dan jenis busa yang dapat disemprotkan atau dicetak, sedangkan kue busa contoh-nya adalah kue “sponge”.

Menurut SNI kue adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu yang melalui proses pemanasan dan pencetakan.

Apakah kalian sudah mengetahui syarat-syarat kue yang bermutu?, nah jika belum berikut inilah syarat-syarat-nya.

Syarat-syarat kue Bermutu

  1. Air maks 5%,
  2. Protein min 9%,
  3. Karbohidrat min 70%,
  4. Abu maks 1,6 %,
  5. Serat maks 0,5 %,
  6. Kalori min 40 kkl/ 100 gr,
  7. Logam berbahaya tidak ada,
  8. Bau, rasa, warna normal,
  9. Bahan – persyaratan-nya adalah seperti aromannya sedap, mampu menghasilkan tekstur yang baik serta tidak menghasilkan reaksi pencoklatan yang tidak diinginkan.

kue adalah salah satu jenis produk pangan hasil pemanggangan yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, dengan kadar air kurang dari 5%.

Biasanya formulasi biscuit diperkaya dengan bahan-bahan tambahan seperti lemak, gula (ataupun garam) serta bahan pengembang.

kue terdapat berbagai macam jenis-nya, terutama dapat dibedakan atas keseimbangan yang ada antara bahan utama tepung, gula, lemak, dan telur. Kemudian juga bahan tambahan seperti coklat, buah-buahan, dan rempah-rempah yang memiliki pengaruh besar terhadap cita rasa-nya.

Menurut pendapat Wallington (1993), sifat masing-masing kue berbeda dan ditentukan oleh jenis tepung yang digunakan, proporsi gula dan lemak, kondisi dari bahan-bahan tersebut pada saat ditambahkan dalam campuran (missal ukuran kristal), metode pencampuran (batch, kontinyu, kriming, pencampuran satu tahap), penanganan adonan dan metode pemanggangan.

Kualitas kue bermutu dan tidak-nya selain ditentukan oleh nilai gizinya tetapi di tentukan juga dari warna, aroma, cita rasa, dan kerenyahannya.

Kerenyahan merupakan karakteristik mutu yang sangat diprioritaskan untuk diterimanya produk kering. Faktor kerenyahan salah satu-nya ditentukan oleh kandungan protein dalam bentuk gluten tepung yang digunakan.

Tips Membuka Usaha KueTepung Ampas Kelapa Rumahan

1. Siapkan Tempat Kerja Yang Terpisah

Jika kalian tidak mempunyai ruangan khusus untuk menjalankan bisnis kalian jangan khawatir, karena yang terpenting adalah memiliki ruangan yang berfungsi sebagai area kerja.

Ini akan memberikan ruang dan tempat yang diperlukan untuk mencapai impian kalian dalam mendirikan bisnis tepung ampas kelapa.

2. Sediakan Material Yang Dibutuhkan

Tentunya jika kalian ingin membuka bisnis pasti harus ada material-nya, tapi salah satu elemen terpenting dalam keberhasilan adalah kalian memiliki kemudahan akses alat, material dan sumber lain yang dibutuhkan.

Mengumpulkan segala sesuatunya yang dekat dengan kalian, hindari membuang-buang waktu, jadi anggap langkah ini sebagai strategi manajemen waktu.

3. Menentukan Parameter Bisnis

Hari dan jam berapa kalian bekerja ?

Kapan kalian memasarkannya ?

Kapan memberikan jasa atau produk pada klien ?

Bagaimana cara kalian berbisnis tepung ampas kelapa dengan disiplin ?

4. Menyeimbangkan Tindakan Dengan Perencanaan

Salah satu jebakan keberhasilan pengusaha yang sering terjadi adalah terjebak dalam tindakan tanpa perencanaan yang memadai. Degan kata lain, berarti Anda dibingungkan antara “kesibukan” dengan “mengerjakan proyek penting”.

Pendekatan terbaik adalah merencanakan beberapa tujuan Anda kemudian mundur kebelakang untuk menciptakan rencana tindakan tahap demi tahap untuk mencapainya. Ketika Anda memiliki rencana, maka inilah saatnya untuk bertindak.

Itulah beberapa tips membuka usaha tepung ampas kelapa rumahan, menjalankan sebuah usaha dengan penuh keyakinan dan semangat dapat mendatangkan keuntungan lebih bagi pengusaha.

Tentu juga selain dengan kayakinan berwirausaha, pengusaha biskuit tepung ampas kelapa juga harus dibekali dengan pemasaran biskuit tepung ampas kelapa.

Ingin tahu, bagaimana cara pemasaran biskuit tepung kelapa yang benar ? Berikut ini akan kami jelaskan tips pemasaran pemasaran biskuit tepung kelapa yang benar agar dapat menunjang kemajuan usaha biskuit tepung ampas kelapa.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian perhatikan untuk pemasaran biskuit ampas kelapa.

  1. Tempat yang strategis tentu-nya.
  2. Kualitas produk bermutu.
  3. Harga-nya ekonomis dan kompetitif.
  4. Promosi yang gencar dilakukan.

Sekarang ini strategi pemasaran sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu berpromosi melalui media sosial.

Teknik Promosi Dengan Sosial Media

Berikut ini beberapa alasan mengapa promosi melalui media sosial untuk penjualan biskuit tepung kelapa juga dilakukan secara online maupun offline.

  1. Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu luang untuk mencari akun jejaring sosial maupun website Anda, bahkan tidak mau susah – susah mencari. Ketika website Anda di ingat pertama kali, maka mereka akan mencari segala cara untuk dapat mengakses website Anda, jika Anda beruntung terjadilah transaksi.
  2. Tidak semua orang biasa menggunakan internet, sekalipun mereka mengerti cara memanfaat search engine memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin bertanya dengan orang lain yang berada disekitarnya.
  3. jaman Sekarang menaikkan ranking di search engine sudah ketat persaingannya.
  4. Hukum probabilitas untuk pemasaran berlaku.
  5. Dimana kalian mempunyai kesempatan bertemu dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada.

Sekian resep dan informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya sampakan dapat bermanfaat bagi Anda.