Resep kroket mie gulung, Kroket  merupakan makanan berbentuk bulat lonjong yang diselimuti dengan breadcrumbs atau tepung roti dan digoreng. Biasanya jika di luar negeri maka bahan utamanya adalah kentang tumbuk, daging cincang (sapi, ayam atau kalkun), seafood, ikan, keju, sayuran, dan roti tawar yang direndam susu cair dan dilumatkan.

Semua bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan saus putih (bechamel) bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, merica, daun rempah kering, dan pala. Adonan ini kemudian dibentuk bulat lonjong atau piringan bulat pipih dan digoreng dalam minyak yang banyak.

Kroket terkadang hadir begitu saja alias tidak menggunakan isi di dalamnya, namun jika diisi maka bahan pengisi kroket umumnya adalah tumisan bawang putih, jamur, dan telur rebus.

Kata croquette berasal dari bahasa Prancis, croquer yang artinya “to crunch”. Mungkin mengacu pada permukaan kroket yang garing dan renyah, sehingga ketika dimakan akan remuk dan mengeluarkan suara bergemersik. Makanan ini sangat populer di seluruh dunia selain sebagai camilan juga sebagai fast fod.

Di Indonesia sendiri, walau makanan ini sudah diperkenalkan sejak jaman penjajahan Belanda namun kepopulerannya sendiri tidaklah se-booming di negara asalnya. Mungkin karena kentang bukanlah makanan pokok di negara kita sehingga kroket pun hanya dianggap sekedar camilan selayaknya lumpia, risoles, bakwan atau tahu isi.

Kroket di negera kita berupa kentang yang dihaluskan dan digunakan untuk membungkus isi yang biasanya terbuat dari tumisan ayam dan sayuran. Adonan yang sudah dibentuk bulat lonjong ini kemudian di celupkan ke dalam kocokan telur dan dibalut tepung panir untuk kemudian di deep fried hingga permukaannya kering kecoklatan.

Tumisan isi roket yang biasanya disebut dengan ragout ini bisa dibuat dari daging ayam atau daging sapi bersama cincangan sayuran dan dikentalkan dengan tepung maizena. Sayuran yang umum digunakan biasanya hanya terbatas pada wortel dan kacang polong, sangat jarang sekali menemukan kroket yang diisi dengan sayuran yang terlalu bervariasi.

Bagian terpenting lainnya dalam membuat kroket adalah menggelindingkan bulatan adonan di permukaan tepung panir atau breadcrumbs. Jika breadcrumbs yang anda gunakan terlalu kasar (butirannya besar-besar) seperti yang saya gunakan pada gambar di bawah maka proses sebentar breadcrumbs dengan blender dry mill, tekan pulse dua atau tiga kali saja untuk memecahkan butiran tersebut agar menjadi lebih kecil.

Tetapi ingat jangan terlalu berlebihan menghancurkannya hingga menjadi halus seperti tepung.

Lihat Juga!Cara Membuat Mie Warna Warni Yang Mudah Dibuat Dirumah

Bahan-bahan yang harus di persiapkan:

  •  2 bks mie instant,
  •  1 ons daging cincang,
  •  daun bawang,
  •  1 siung bawang putih,
  •  3 bawang merah,
  •  minyak goreng,
  •  2 butir telur ayam,
  •  kecap manis.
  •  daun pisang

Cara Membuatnya:

1. Didihkan 1 gelas air, masukkan mie instant, didihkan beberapa saat, lalu angkat.
2. Bubuhi 1 pak bumbunya, ratakan. Jika sudah terserap airnya, masukkan telur yang sudah dikocok, ratakan, diamkan dulu.

3. Panaskan 2 sendok minyak di wajan, masukkan 2 macam bawang yang suduh digerus kasar, tumis, sampai berbau harum baru masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai berubah warna baru masukkan irisan daun bawang dan bumbu-bumbu, bubuhi kecap 2-3 sendok makan.

4. Masak sampai daging tidak berair, taruh 1 sendok makan tepung terigu, ratakan pula sambil diaduk-aduk sejenak lalu angkat.

5. Adonan mie ditaruh di aas selembar daun yang sudah diminyaki, isi dengan daging, lalu gulung. Tutup kiri kanan dengan lidi. Kukus sampai masak.
6. Dinginkan, lalu potong-potong setebal jari. Celup ke dalam telur yang sudah dikocok lalu gulingkan ke tepung panir. goreng dengan minyak yang panas.

Baca Juga :Cara Membuat Resep Kroket Mie Banyak Variasi Yang Pastinya Enak

Demikianlah artikel tentang cara membuat resep kroket mie gulung, share artikel ini kepada teman – teman anda. selamat mencoba cara membuat resep kroket mie gulung ini dan terima kasih!