Resep klapertart manado yang akan saya bahas kali ini merupakan salah satu resep makanan khas indonesia walaupun sebenarnya makanan ini adalah makanan pendatang.

Resep klapertart manado merupakan kue semacam custard yang jika dimakan akan meleleh di mulut dan mempunyai rasa yang manis legit dan gurih dari kelapa.

Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado.

Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang.

Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi. Ada pengusaha klappertaart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya.

Beberapa jenis klappertart menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan.

Sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya. Klappertaart Rendah Kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini.

Klappertaart adalah ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) juga telah masuk dalam Makanan Khas Nusantara bersama dengan 30 jenis makanan lainnya dari berbagai daerah.

Saat ini Klappertaart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa atau flavor, ada rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original. Di Manado sendiri Klappertaart sangat mudah didapatkan.

Nah segera saja Anda simak resep spesial Klappertaart khas Manado yang banyak digemari berikut ini:

Bahan-bahan Membuat Resep Klapertart Manado :

  • 4 kuning telur
  • 150 gram gula pasir
  • 75 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 sendok teh rhum
  • 2 sendok makan margarin (dilelehkan)
  • 100 ml air kelapa muda
  • 2 putih telur
  • 30 gram gula pasir
  • 50 gram kenari (dicincang kasar)
  • 50 gram kismis
  • 1 butir kelapa yang masih muda (kerok dagingnya)

Cara Membuat Kue Klappertaart Panggang Khas Manado :

1. Kocok lah kuning telur beserta gula pasir hingga mengembang, lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama dengan tepung maizena. Berilah rhum, margarin serta air kelapa, aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan.
2. Kocok lah putih telur bersama dengan 30 gram gula pasir hingga adonan kaku serta gula pasir larut. Campurkanlah ke dalam adonan klappertaart. Tuangkan ke dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi dengan margarine dengan volume kira-kira 3/4 pinggan.
3. Berikanlah daging buah kelapa yang sudah dikerok, cincangan kenari serta kismis diatas permukaan adonan. Selanjutnya pangganglah adonan selama kira-kira 40 menit atau kira-kira hingga matang, lalu setelahnya keluarkan kue dan dinginkan.

Setelah kalian menyimak resep  klapertart di atas kalian juga harus tahu kandungan apa saja yang ada dalam klapertart, berikut kita ulas beberapa manfaat dari kandungan klapertart :

Manfaat klapertart :

  • Pertama klappertaart mengandung susu,

semua udah tahu dong yaa manfaat susu untuk tubuh kitaaa.

Susu sangat baik untuk mencegah osteoporosis, tekanan darah, kerusakan gigi serta berbagai manfaat lain.

teruuus di dalam adonannya juga terdapat keju,

nah di dalam keju ini terdapat protein, mineral, vitamin, laktosa dan juga lemak. tapi santai ajaaaaa, kandungan lemaknya ganyampe 12% per cup kok

  • selanjutnya, ada bahan dasar utama klappertaart nih, yaitu kelapa muda!

di dalam kelapa muda ini terkandung banyak banget manfaat untuk tubuh kita. itu disebabkan karena kelapa muda mengandung protein, kalsium, karbohidrat, lemak baik, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1.

bisa dibayangin kaaaan, seberapa ‘kaya’ nya bahan dasar produk kita yang kece ini.

  • yang terakhir, ada telur. nah ini dia kandungan dan manfaatnya. kita ambil dari

“Telur mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, riboflacin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, choline, besi, kalsium, fosfor dan potasium. Telur ayam juga merupakan makanan termurah sumber protein yang lengkap. Satu butir telur ayam berukuran besar mengandung sekitar 7 gram protein.

Kandungan vitamin A, D dan E terdapat dalam kuning telur. Telur memang dikenal menjadi salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D.

Satu kuning telur besar mengandung sekitar 60 kalori dan putih telur mengandung sekitar 15 kalori. Satu kuning telur besar mengandung dua per tiga jumlah kolesterol harian yang dianjurkan yaitu 300 mg. Lemak dalam telur juga terdapat dalam bagian kuning telur.

Satu kuning telur juga mengandung separuh jumlah choline harian yang dianjurkan. Choline merupakan nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan juga sangat penting untuk wanita hamil dan menyusui untuk memastikan perkembangan otak janin.”

Sedikit berbeda dari resep klapertart manado yang kita bahas kali ini ada juga cara yang lain yaitu  yang di masak dengan cara di panggang.

Perbedaan dari kue ini adalah jika klapertart yang kita buat sekarang atau resep klapertart manado yang original bentuk nya lebih menyerupai custard atau lembut jika dimakan. Sedangkan jika resep klapertart manado dipanggang bentuk nya akan lebih padat seeperti kue pada umum nya.