Kue klapertart Manado adalah kue yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia, sehingga kali ini saya akan memberikan resep Klapertart Manado original atau asli yang lezat dan wajib anda coba membuatnya dirumah. Namun sebelumnya mari kita ulas terlebih dahulu pengertian serta sejarah dari kue Klapertart ini.

 Pengertian Klapertart Manado

 Klapertart Manado dibuat dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertart yaitu dengan dipanggang dan di oven atau dikukus.

Tetapi ada juga cara memasak klapertart Manado yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini sangat nikmat apabila dinikmati dalam keadaan dingin.

Klappertaart adalah ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) dan juga sudah masuk dalam Makanan Khas Nusantara. Saat ini Klappertaart telah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa, antara lain rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original.

Klapertart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga terkadang resep klapertart Manado menggunakan bahan yang lebih rendah jumlah kalorinya. Menggunakan bahan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi, dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula. Memang sengaja dibuat agar orang yang sedang diet dapat menikmatinya.

Sejarah Kue Klapertart Manado

Perjalanan mencari sejarah klapertart ini dimulai dengan wawancara kepada Bapak Andreas Marioto dan Ibu Dr. Jugiarie Soegiarto, M.Hum untuk mengetahui sejarah makanan ini lebih mendalam.

Klappertaart Manado berasal dari kata ‘klapper’ dan ‘tart’ merupakan nama kue yang diadopsi dari bahasa Indonesia dan Belanda. ‘Klapper’ sebenarnya diambil dari kata buah ‘kelapa’ yang disebutkan oleh lafal orang Belanda, sedangkan ‘tart’ berasal dari bahasa Belanda untuk melambangkan kue.

Penjajahan dari Belanda yang terjadi di Manado banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat setempat. Penyebab penduduk Manado terbuka dengan budaya yang masuk adalah karena penduduk Manado dikenal sebagai penduduk yang memiliki sikap toleransi yang tinggi seperti menerima keberagaman suku dan agama.

Identitas Minahasa dalam pengaruhnya dengan kolonial hingga akhirnya dikenal dengan Twapro, akronim dari Twalfde Provincie van Netherlandsch (provinsi kedua belas Belanda). Hal ini sempat menjadi persoalan identitas bagi orang Minahasa karena disebut sebagai masyarakat yang paling terpengaruh dengan Belanda dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

Kandungan Gizi Klapertart Manado

1. Susu

  • Mineral

Yang paling diingat jika berbicara soal kandungan gizi pada susu adalah kalsium. Sumber kalsium tertinggi ada pada susu. Mineral berfungsi dalam proses mineralisasi gigi dan sebagai bahan pembentuk tulang.

  • Protein

Pada umumnya, kandungan protein dalam susu sebanyak 3,2 gram. Protein yang terkandung dalam susu bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, protein juga memiliki kemampuan memberi asam amino utama pada tubuh yang berguna membentuk jaringan tubuh dan membangun sel-sel tubuh yang beragam.

  • Lemak

Lemak juga menjadi salah satu kandungan gizi pada susu. Namun, lemak yang terkandung pada susu adalah lemak sehat yang bermanfaat untuk mencegah terkena penyakit kardiovaskular. Sebaliknya, lemak susu bisa menurunkan risiko obesitas yang secara tidak langsung menurunkan risiko penyakit jantung. Bentuk lemak susu adalah cair sehingga mudah dicerna. Jumlah lemak pada susu ada sekitar 3,5 gram sedikit lebih banyak dari kandungan proteinnya.

  • Laktosa

Merupakan gula yang mengandung dua unsur yaitu glukosa dan galaktosa. Zat ini tergolong karbohidrat yang aman dikonsumsi oleh tubuh. Tanpa adanya karbohidrat, tubuh akan cepat lelah, lemas, lesu dan letih. Memiliki rasa yang tidaklah begitu manis dan membuat aman diminum oleh pengidap diabetes.

  • Vitamin

Yang terdapat pada susu diantaranya  vitamin B1 yang bermanfaat untuk membantu dalam mengonversi karbohidrat menjadi glukosa yang akan menghasilkan energi untuk berbagai fungsi dalam tubuh.

Juga ada pada susu yaitu Vitamin C yang mampu memperbaiki jaringan sel kulit, mencegah naiknya tekanan darah, meningkatkan kesehatan mata, mencegah penyakit dan melawan sel kanker, meningkatkan mood, menurunkan risiko terjadinya serangan jantung, mengurangi komplikasi pilek, mencegah stroke, dan mencegah penuaan dini.

2. Keju

  • Lemak

Lemak memberikan rasa dan tekstur yang unik pada keju. Kandungan lemak pada keju berbeda antara satu keju dengan jenis yang lain.  Keju segar memiliki kandungan lemak hingga 12%. Sedangkan kandungan lemak pada keju yang sudah dimatangkan berkisar antara 40-50%.

  • Protein

Keju memiliki kandungan protein sebesar 10-30%. Protein ini didapatkan dari kasein yang dimodifikasi. Saat proses pematangan, protein terbagi menjadi oligopeptide dan asam amino. Proses ini mempengaruhi struktur dan rasa keju. Proses penurunan protein disebut proteolisis karena proses inilah protein menjadi mudah dicerna.

  • Mineral

Keju sangat kaya akan kalsium, fosfor dan seng.  Satu ons keju mengandung sekitar 200ml kalsium. Kandungan kalsium pada keju akan berbeda, tergantung pada keju tersebut dikoagulasi menggunakan enzim atau asam.  Keju yang dikoagulasi menggunakan enzim mengandung kalsium dua kali lebih banyak dibandingkan dengan yang menggunakan asam.

  • Vitamin

Saat susu murni digunakan untuk membuat keju, vitamin A dan D yang larut dalam lemak tinggal pada dadih. Banyak vitamin yang larut dalam air dan hilang terbawa air dadih. Seperempat dari riboflavin (vitamin B2) dan seperenam dari tiamina (vitamin B1) yang tinggal pada keju Cheddar, sedangkan niasin, vitamin B6, vitamin B12, biotin, asam pantothenic, dan folat terbawa bersama air dadih.

  • Laktosa

Kandungan laktosa pada keju sangatlah kecil, yaitu berkisar 4.5-4.7%. Hal ini dikarenakan dalam prosesnya sebagian besar laktosa dalam susu keluar bersama air dadih dan yang tersisa diubah menjadi asam laktat saat proses pematangan. Karena itu, keju merupakan makanan yang aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki intoleransi laktosa dan penderita diabetes.

3. Telur

Kandungan gizi telur terdiri dari zat gizi makro dan mikro. Zat gizi yang terkandung dalam telur adalah protein, lemak, dan karbohidrat.

Melalui kandungan zat gizi tersebut, pastinya telur memiliki kandungan energi yang cukup banyak. Kandungan protein dalam 100 gram telur sebesar 10-14 gram, kandungan lemak sebesar 10-15 gram, dan kandungan karbohidrat sebesar 0,7-3,3 gram. Jumlah kandungan zat-zat gizi makro tersebut membuat 100 gram telur mengandung 140-190 kal energi.

Kandungan zat gizi mikro untuk setiap 100 gram telur di antaranya adalah 49-120 mg kalsium, 160-200 mg fosfor, 1,3-3 mg zat besi, vitamin A, dan vitamin B. Air juga mengandung 65-80 gram air.

4. Kelapa Muda

Buah kelapa memiliki nama latin Cocos nucifera. Secara umum, air buah ini mengandung kalori dan gula.  Sedangkan pada daging kelapa terkandung 77 kalori, 1,4 gram protein, 3.6 gram lemak, 10 gram gula, 257 gram kalium, dan 6 miligram vitamin C.

Resep Klapertart Manado Asli

Bahan Yang Digunakan:

  • 250 ml susu cair
  • 125 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh pasta vanila
  • 200 ml air kelapa muda
  • 25 gram tepung terigu
  • 50 gram maizena
  • 2 sendok makan margarin
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 250 gram kelapa muda, dikeruk panjang
  • 50 gram kismis, bagi dua
  • 50 gram kenari, iris panjangbahan penutup:
  • 1 putih telur
  • 75 gram gula pasir halus
  • 1 sendok makan maizena

Cara Membuat Klapertart Manado:

  1. Larutkan tepung terigu dan tepung maizena di dalam air kelapa.
  2. Rebus susu cair, gula pasir, garam, dan pasta vanila sampai mendidih.
  3. Masukkan larutan tepung maizena dan tepung terigu. Masak sambil diaduk sampai kental. Angkat.
  4. Masukkan margarin dan telur. Aduk rata. Tambahkan kelapa muda, sebagian kismis dan sebagian kenari. Aduk rata.
  5. Tuang adonan di dalam cup alumunium kotak kecil yang dioles tipis margarin. Letakkan di loyang yang diberi sedikit air.
  6. Oven dengan api dibawah suhu 160 derajat Celcius selama 50 menit sampai matang.
  7. Penutup, kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai kental dan licin. Tambahkan tepung maizena. Aduk rata.
  8. Sendokkan di atas klapertart tidak beraturan. Tabur sisa kismis dan kenari.
  9. Oven kembali dengan api atas suhu 170 derajat Celcius 20 menit sampai kecokelatan.

 

Resep Klapertart Manado Original

Bahan Yang Digunakan :

  • 4 kuning telur
  • 150 gram gula pasir
  • 75 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 sendok teh rhum
  • 2 sendok makan margarin (dilelehkan)
  • 100 ml air kelapa muda
  • 2 putih telur
  • 30 gram gula pasir
  • 50 gram kenari (dicincang kasar)
  • 50 gram kismis
  • 1 butir kelapa yang masih muda (kerok dagingnya)

 Cara Membuat :

  1. Kocok lah kuning telur beserta gula pasir hingga mengembang, lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama dengan tepung maizena.
  2. Tambahkan rhum, margarin serta air kelapa, aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan.
  3. Kocok lah putih telur bersama dengan 30 gram gula pasir hingga adonan kaku dan gula pasir larut. Campurkanlah ke dalam adonan klappertaart.
  4. Tuangkan ke dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi dengan margarine dengan volume kira-kira 3/4 pinggan.
  5. Berikanlah daging buah kelapa yang sudah dikerok, cincangan kenari serta kismis diatas permukaan adonan.
  6. Selanjutnya panggangl adonan selama 40 menit atau sampai matang,
  7. Setelah itu keluarkan kue dan dinginkan.
  8. Kue klapertart manado siap disajikan!

Kunjungi juga Resep Klapertart Original