Hallo kembali lagi dengan saya diartikel baru yaitu resep keripik tempe sagu, Nah sudahkah kamu mencoba membuat keripik sagu?

Bagaimana resep keripik tempe sagu nah yuk kita coba simak resep keripik tempe sagu di bawah ini jangan sampai ketingggalan…

Keripik Tempe

Keripik merupakan salah satu makanan yang biasa dinikmati sebagai makanan cemilan saat kumpul bareng bersama dengan keluarga kamu dirumah. Dominan dibuat dari bahan dasar singkong dan ubi-ubian.

Siang kali ini kami akan berbagi informasi keripik yang menggunakan bahan dasar berbeda dari biasanya yakni Tempe. Tempe dibuat dari bahan dasar kacang kedelai. Keripik tempe bisa kamu jumpai dikota tertentu.

Bisa kamu sajikan sebagai salah satu makanan pelengkap di saat hari raya idul fitri nanti. Keripik tempe bisa juga anda jadikan sebagai teman saat santai dirumah maupun diluar.

  untuk kamu yang suka berkreasi di dapur, keripik tempe termasuk mudah untuk dibuat. Bahan-bahannya kamu bisa dapatkan di pasar atau warung terdekat dengan rumah.

Untuk tips dan caranya silahkan kamu bisa simak ulasannya dibawah ini.

 

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tempe bakal sebanyak 1 kg, campurkan dengan ragi
  • Tepung tapioka sebanyak 1 kg
  • Ragi sesuaikan

Bahan bumbu celup :

  • Ketumbar sesuaikan
  • Bawang sesuaikan
  • Kunyit sesuaikan
  • Kemiri sesuaikan
  • Bumbu penyedap rasa
  • Daun jeruk sesuaikan
  • Air sesuaikan
  • Garam sesuaikan

Cara Membuat :

  1. Setelah semua bahan-bahan disediakan. Siapkan tempe bakal yang sudah di campur dengan ragi, campurkan kembali kaji dengan merata.
  2. Masukan campuran adonan kedalam plastik bening, kemudian bungkuskan hingga padat. Beri lubang di bagian ujungnya dengan menggunakan lidi. Biarkan adonan tempe selama dua malam/ mengeras.
  3. Iris kecil-kecil adonan yang sudah mengeras, lalu celupkan pada bumbu yang sudah dibuat sebelumnya hingga merata.
  4. Siapkan wajan dan panaskan minyak. Goreng tempe yang sudah dibaluri dengan bumbu hingga matang. Angkat dan tiriskan
  5. Keripik tempe siap untuk dinikmati.

resep keripik tempe sagu2

Kandungan Tempe

Tempe memang lebih murah harganya dari daging sapi. Sumber protein andalan sebagian besar masyarakat ini tak bisa dianggap sepele. Kandungan protein dan zat nutrisi lain pada tempe bisa memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi harian.

Aroma dan tekstur tempe sangat unik. Tak heran bila tempe juga digemari di dunia, bahkan menjadi bintang nutrisi saat ini. Tempe berasal dari biji kedelai lalu difermentasi dengan ragi tempe atau kapang Rhizopus.

Hasilnya biji kedelai merekat padat, secara umum berwarna putih dan rasanya agak masam. Dibungkus dengan daun pisang atau plastik transparan.

Tempe bongkrek, tempe gembus, tempe koro dan tempe kedelai merupakan jenis tempe yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Dikonsumsi di wilayah perdesaan hingga kota.

Tempe merupakan sumber protein nabati. Mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Kandungan antibiotika dan antioksidan yang ada di dalamnya menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif.

Sedangkan daging adalah sumber protein hewani. Jika dimasak dengan racikan bumbu, dapat meresap hingga ke dalam serat daging. Nutrisi penting didalamnya yaitu protein, vitamin, mineral dan lemak.

Berdasarkan Tabel Nutrisi Bahan Pangan Indonesia per 100 g daging sapi mengandung kalori kurang lebih 273 kkal, 17,5 g protein, dan 22 g lemak. Jumlah nutrisinya memang lebih sedikit dari pada tempe, Namun nilai kalori lebih tinggi.

Tempe dapat dibeli dengan harga Rp. 1.000,00 per potong. Jauh lebih murah dari  hargadaging sapi yang perkilogram kini mencapai harga Rp.90.000,00.

Masing-masing punya kelebihan. Namun, dengan harga terjangkau dan kandungan nutrisi hebat, tempe masih sangat diperlukan oleh masyarakat sebagai sumber protein nabati yang sehat dan murah.

Disini saya juga membagikan resep yang lain  CARA MEMBUAT PANGSIT REBUS ENAK DAN BERGIZI

 

resep keripik tempe sagu1

Berikut kandungan tempe selain protenin:

1. Protein

Kandungan protein tempe mendekati protein daging dan telur. Protein tempe juga tergolong protein sederhana, jadi mudah sekali diserap oleh tubuh.

Lisin dan metionin yang ada pada tempe dan nasi saling melengkapi. Jadi, mengkonsumsi tempe dan nasi cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian kita.

2. Karbohidrat

Nasi yaitu sumber karbohidrat yang paling umum dikonsumsi orang Indonesia. Tahukah kamu? Tempe juga terdapat kandungan karbohidrat.

Nah untuk itu mengkonsumsi tempe dan nasi saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian karbohidrat dan energi.

3. Vitamin dan mineral

Kedelai yang digunakan membuat tempe kaya akan jenis vitamin dan mineral. Tempe juga mengandung Vitamin B12, jenis vitamin yang sangat jarang ditemukan dalam makanan yang bersumber dari tumbuhan.

4. Serat

Tubuh teman-teman membutuhkan serat untuk menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan.

Tempe mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

5. Antioksidan

Tempe juga mengandung komponen flavonoid yang berperan penting menjaga kesehatan tubuh dari radikal bebas.

Tanpa kita sadari bahwa nutrisi nasi dan tempe saling melengkapi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita.

Demikain pembahasan resep tempe sagu semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa coba resep ini, bagikan juga pada keluarga yang lainnya…. sampai jumpa.