Resep Keripik Jengkol – Hello guys, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang resep keripik jengkol yang mudah diikuti ibu-ibu dirumah.

Biji jengkol dapat dimakan segar ataupun diolah. Olahan paling umum adalah disemur, dan dikenal oleh orang Sunda sebagai ati maung atau “hati macan”. Selain itu, jengkol dapat pula digoreng balado atau dijadikan masakan gulai.

Setelah diolah, biasanya jengkol akan mengeluarkan aroma khasnya yang bagi sebagian orang dianggap dapat menggugah selera dan memiliki cita rasa yang khas.

Selain disemur, biji jengkol juga dapat dibuat menjadi keripik seperti halnya emping dari melinjo dengan cara ditumbuk atau digencet hingga pipih, dikeringkan, kemudian digoreng.

Keripik jengkol merupakan salah satu cemilan makanan ringan. Cemilan ini terbuat dari bahan utama yaitu jengkol.

Makanan ini memiliki rasa yang renyah dan gurih sehingga biasanya dijadikan sebagai lauk untuk teman makan nasi, bisa juga dimakan dan dipadukan dengan makanan berkuah misalnya bakso atau soto.

Pedasnya Keripik Jengkol Teri Pedas

Bahan-bahan

  1. 1 kg Jengkol Tua
  2. 250 gr Teri Medan
  3. 10 lbr Daun Jeruk
  4. 1 sdm Baking Powder
  5. Air bersih untuk merendam
  6. Minyak Goreng
Haluskan:
  1. 200 gr Cabe Rawit Kerinting
  2. 50 gr Bawang Putih
  3. 50 gr Bawang Merah
  4. 25 gr Udang Rebon
Bumbu Lainnya:
  1. 1 sdm Garam
  2. Penyedap rasa bila suka
  3. 1 sdm Gula Pasir

Langkah-langkah

  1. Jengkol diiris tipis, kemudian rendam dalam air yg sudah di beri baking podwer selama 30 menit dan tiriskan.
  2. Goreng dengan minyak Panas sampai kering, seperti keripik.
  3. Goreng teri medan sampai kering, campurkan daun jeruk saat menggoreng.
  4. Tumis semua bumbu halus sampai kering, kecilkan api masukkan garam, penyedap dan gula pasir, aduk rata, matikan api dan campur rata dengan jengkol dan teri.
  5. Kalau sudah dingin, simpan dalam toples kedap udara,

Resep Keripik Jengkol Pedas

Bumbu
  1. 2 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 buah cabe merah besar
  4. 5 buah cabe rawit
  5. 2 sdm gula pasir
  6. garam secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Haluskan bumbu
  2. Panaskan sedikit minyak, masukkan bumbu yang dihaluskan masak hingga kering berminyak tambahkan sedikit air, tambahkan gula dan sedikit garam aduk terus hingga mengental dan berkaramel
  3. Masukkan jengkol yang sudah diiris tipis dan digoreng kering, aduk terus hingga rata

Dari beberapa resep keripik jengkol diatas dapat kita variasikan sesuai keinginan, mulai dari jumlah bumbu maupun tingkat rasa yang kita inginkan. Resep keripik jengkol diatas dapat kita implementasikan dalam kegiatan membuat keripik jengkol.

Kandungan Nutrisi dalam Jengkol

Jengkol mengandung karbohidrat, protein, fosfor, dan kalium. Kadar protein pada jengkol lebih tinggi dari tempe. Selain itu, jengkol juga mengandung beberapa vitamin, diantaranya:

1. Vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan ketajaman indra penglihatan.

2. Vitamin B

Jenis vitamin B yang dimiliki jengkol adalah vitamin B1 dan B2. Vitamin B1 bermanfaat untuk mendukung kesehatan saraf, sedangkan vitamin B2 bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

3. Vitamin C

Dalam 100 gram buah jengkol, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 80 miligram. Sama seperti vitamin A, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang sangat ampuh menangkal radikal bebas penyebab kanker.

 

Efek Samping

Selain ada manfaat, ternyata mengkonsumsi jengkol juga ada efek sampingnya.

  1. Mengkonsumsi jengkol secara berlebihan dapat menyebabkan efek buruk ke jantung, ginjal, hati dan pankreas.
  2. Biji jengkol sedikit beracun karena adanya kandungan asam jengkol, sebuah asam amino yang dapat menyebabkan jenkolis (keracunan biji jengkol). Gejala yang muncul antara lain terjadinya kejang, otot, pirai, tetensi urin, dan gagal ginjal akut. Kondisi tersebut terutama dialami pria.
  3. Memakan jengkol dalam jumlah banyak menciptakan banyak masalah penampilan, seperti bau pada mulut , keringat, feses dan urin yang tidak sedap.
  4. Selain bau, jengkol juga dapat mengganggu kesehatan jika makan berlebih, karena menimbulkan penumpukan kristal disaluran urin, yang disebut jengkolan. Ini karena jengkol mengandung asam jengkolat yang tinggi yang tidak mudah larut di air pada Ph yang asam.

 

Seseorang bisa dicurigai mengalami keracunan jengkol jika:

  1. Merasakan nyeri perut
  2. Mual-muntah
  3. Susah buang air kecil atau disebut juga ‘anyang-anyangan’.
  4. Pada tingkatan yang lebih parah, volume air kencing yang dikeluarkan berkurang dan kadang-kadang disertai bercak darah.

Jika hanya merasakan nyeri perut, muntah dan suah buang air kecil, pengatasannya cukup dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Ada juga yang menyarankan gerusan arang yang dicampur dengan air putih, untuk diminum agar bisa menyerap racun jengkol yang masih berada di saluran pencernaan.

 


Sekian artikel resep keripik jengkol pedas  dan penjelasan mengenai jengkol, semoga membantu.

Selamat Mencoba.😊😊😊

Ingat kesehatan tidak dapat dibeli namun dapat diusahakan. Tetap perhatikan segala makanan yang kita konsumsi.😁😁😁