Resep Keripik Jagung Pedas – Hello guys, kali ini kita akan membahas tentang keripik jagung. Siapa sih yang tidak kenal dengan keripik jagung? Ya keripik jagung adalah camilan yang dibuat dengan bahan utama yaitu jagung.

Jagung ini seringnya dibuat menjadi olahan makanan ringan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu olahan makanan ringan yang banyak disediakan adalah keripik jagung.

Olahan keripik jagung ini sangat digemari oleh semua kalangan, baik anak kecil maupun dewasa bahkan orang tua. Varian dari keripik jagung sangat banyak, mulai dari emping jagung, marning jagung, keripik jagung, dan sebagainya.

Cemilan keripik jagung ini sangat cocok untuk menemani waktu santai, harganya yang sangat terjangkau ini membuat makanan ringan yang gurih ini laris dipasaran. Saat ini sudah ada banyak pabrik dan pengusaha makanan ringan yang memproduksi keripik jagung karena banyaknya minat dari kalangan masyarakat.

Sebetulnya jenis olahan yang dibuat dengan menggunakan bahan baku jagung ini memang tak terbatas. Untuk olahan makanan ringan yang banyak digemari masyarakat dan bahkan sudah tidak asing lagi adalah olahan makanan ringan seperti keripik jagung ini.

Varian rasa dari keripik jagung banyak sekali, seperti balado, keju, dan aneka varian rasa lainnya sesuai dengan kreatifitas si pembuatnya. Saat ini keripik jagung sangat mudah didapatkan karena sudah banyak tersedia di berbagai pasar tradisional maupun di swalayan dan supermarket.

Manfaat Jagung Bagi Tubuh

Kandungan gizi jagung banyak sekali dan sangat bermanfaat bagi tubuh, sehingga jangan sepelekan jagung. Beberapa diantara manfaat jagung adalah

Melancarkan Pencernaan

Serat dalam jagung membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung sudah memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari.

Baik Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil perlu mengonsumsi jagung. Sebab makanan ini kaya akan asam folat. Sementara asam folat sendiri adalah nutrisi yang diperlukan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Menyehatkan Mata

Mengonsumsi jagung setiap hari juga mampu menyehatkan mata. Pasalnya jagung mengandung carotenoid yang menurunkan risiko kerusakan pada mata di usia senja.

Menyehatkan Jantung

Organ lain yang diuntungkan jika mengonsumsi jagung adalah jantung. Sama seperti kegunaannya pada mata, carotenoid pada jagung berperan dalam menurunkan risiko penggumpalan arteri.

Kaya Kalori dan Vitamin

Setiap 100 gram sajian jagung, ada 342 kalori yang terkandung di dalamnya. Jagung juga kaya akan vitamin B kompleks yang menjaga kesehatan saraf.

Kaya Mineral

Beberapa mineral yang terkandung dalam jagung adalah magnesium, mangan, zat besi, tembaga, seng, dan selenium. Seluruh mineral tersebut berperan dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mencegah Anemia

Jika terserang anemia, mungkin konsumsi jagung perlu ditingkatkan. Sebab anemia biasanya disebabkan oleh kondisi kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi.

Mengontrol Diabetes

Manfaat mengejutkan dari jagung bagi kesehatan berikutnya adalah mengontrol diabetes. Sebab ada senyawa tertentu dalam jagung yang mampu menurunkan risiko serangan penyakit ini.

Melawan Kanker

Jagung kaya akan antioksidan yang ampuh melawan beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara dan kanker hati. Jagung punya peran dalam membunuh sel kanker tanpa menyakiti sel sehat dalam tubuh.

Menyehatkan Kulit

Produk jagung dalam bentuk minyak adalah produk kecantikan yang mulai banyak ditemukan di pasaran. Minyak jagung memang punya kemampuan dalam menyehatkan kulit secara alami.

Dari manfaat-manfaat tersebut dapat disimpulkan bahwa kandungan dalam jagung memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh dan mengonsumsi jagung sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dari tubuh.


Resep Keripik Jagung

1. Tawar

Berikut ini kami sajikan resep keripik jagung tanpa rasa atau tawar yang dapat dikreasikan menjadi beberapa varian varian lain

Bahan :

  1. 2 buah jagung manis ( diparut halus )
  2. 250 gr tepung terigu
  3. margarine 30 gr
  4. telur ayam 1 butir ( kocok lepas )
  5. tepung sagu 35 gr
  6. garam 3/4 sendok makan
  7. minyak goreng secukupnya
  8. 1 sendok teh baking powder

Langkah-langkah

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu dalam satu wadah ukuran sedang.
  2. Aduk atau uleni dengan tangan sampai adonan menggumpal.
  3. Giling adonan dengan gilingan dari mulai ukuran besar sampai menjadi adonan yang kalis.
  4. Pipihkan adonan lalu bentuk menjadi bentuk segitiga atau jajar genjang.
  5. Panaskan minyak lalu goreng adonan diatas api sedang sampai matang, angkat tiriskan.
  6. Taburi dengan bubuk balado kemudian siap disajikan.

Rasa Pedas

Berikut resep untuk membuat keripik jagung pedas

Bahan

  1. Tepung terigu Protein sedang 250 gram
  2. Tepung maizena 50 gram
  3. Jagung manis pipil 100 gram, rebus lalu haluskan
  4. Kaldu ayam bubuk  ½ sendok teh
  5. Garam ½ sendok teh
  6. Merica bubuk ¼ sendok teh
  7. Baking soda ½ sendok teh
  8. Bawang putih 2 siung, haluskan
  9. Cabe merah 3 buah, cincang halus
  10. Telur ayam 1 butir, kocok lepas
  11. Margarine 25 gram
  12. Seledri 1 batang, cincang
  13. Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Campur tepung terigu dengan tepung maizena, kaldu ayam bubuk, baking soda, garam dan merica bubuk,aduk rata.
  2. Masukkan jagung halus, bawang putih, cabe merah, telur ayam, margarine, dan seledri, aduk hingga rata.
  3. Giling adonan dengan gilingan mie hingga membentuk lembaran tipis. Cetak dengan cetakan kukis bentuk bulat bergerigih, taburi dengan tepung terigu agar tidak lengket satu sama lain.
  4. Goreng dengan minyak banyak hingga matang kuning kecokeltan lalu angkat dan tiriskan dan keripik jagung pedas siap di sajikan.