Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang resep kerang saus padang yang mudah dan praktis. Dan pastinya bikin penasaran juga? Mari simak dibawah ini.

1. Pengertian Kerang Saus Padang

resep kerang saus padang

 

Kerang merupakan hewan laut yang memiliki tubuh lunak. kerang ini bersifat umum dan tidak memiliki arti namun penggunaannya yang luas dan digunakan untuk kegiatan ekonomi. Dalam pengertian paling luas, kerang merupakan semua moluska yang memiliki sepasang cangkang.

Tetapi lebih tepatnya banyak yang menyebutkan bahwa kerang-kerangan ini sepada dengan clam yang digunakan di amerika. Misalnya pemakainnya yang dapat dilihat pada istilahnya. Kata kerang dapat pula berarti semua kerang-kerangan yang hidupnya menempel pada suatu objek.

Kerang hijau juga termasuk binatang yang bertubuh lunak, yang mempunyai dua cangkang yang simetris, kakinya berbentuk kapak, insangnya berlapis-lapis satu dengan lainnya. Dalam definisi diatas ini, kerang hijau tidak termasuk di dalamnya dan lebih tepat disebut kupang. Pengertian yang paling mendekati dalam bahasa Inggris adalah cockle.

2. Resep Kerang Saus Padang Mudah dan Praktis

Bahan-Bahan:

  • 1 kg kerang, cuci bersih kulit kerang hijau tersebut dan jangan lupa membuang bagian serabut
  • ½ buah tomat merah, potong kotak kecil
  • 200 ml air

Bumbu Padang:

  • 6 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Minyak secukupnya

Bumbu Pelengkap:

  • 2 ruas jahe, memarkan
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok makan suas tiram
  • 5 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • Garam secukupnya

Bumbu Rebusan Kerang:

  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 2 ruas jahe cincang halus
  • 1 sendok makan garam
  • 2 liter air

Cara Memasak Kerang Saus Padang:

  1. Rebus bahan-bahan rebusan kerang dengan air hingg mendidih di atas api sedang.
  2. Setelah mendidih anda masukan kerang yang telah dicuci sebelumnya ke dalam panci tersebut. pastikan kerang terndam di dalam air rebusan. Tutup panci kemudian biarkan kerang anda sampai cangkang kearng terbuka dan kerang menjadi matang. Sisihkan.
  3. Setelah matang kemudian angkat rebusan kerang anda, ambil salahsatu baian cangkang yang terbuka dan biarkan cangkang yang ditempeli bagian dagingnya. Kemudian sisihkan.
  4. Haluskan bumbu dengan blender atau ulekan.
  5. Panskan minyak dalam wajan, selanjutnya tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai wangi.
  6. Tambahkan campuran  padang ke dalam tumisan bumbu halus yang sudah wangi tersebut, kemudian aduk samapai semua bahan merata.
  7. Ambillah tomat yang sudah anda potong kotak kecil, kemudian masukan ke dalam masakan.
  8. Tambahkan air ke alam masakan secara perlahan, lanjutkan mnegaduk dan memasak dampai kuah tersebut mengental. Jangan lupa untuk mencicipi maakan anda. tambahkan jika ada yang kurang.
  9. Setelah bumbu dirasa pas anda bisa melanjutkan dengan memasukan kerang ke dalam wajan dan mengaduknya hingga rata dan terlumuri dengan bumbu.
  10. Setelah dirasa cukup, matikan api dan angkat ke atas piring saji.
  11. Hidangkan  kepada orang terdekat anda selagi masih hangat. Jangan lupa untuk menyajikannya dengan nasi hangat agar terasa lebih mantap dan lezat.

3. Sejarah Kerang

Dari deinisi lain, kerang yang dimaksud adalah kerang darah (Anadara granosa), sejenis kerang budidaya yang umum dijumpai di daerah Indo-Pasifik dan banyak dijual di warung atau rumah makan yang menjual hasil laut.

Beberapa jenisi kerang antara lain yaitu kerang-kerangan yang memiliki sepasang cangkang yang biasanya simetri cermin yang terhubung dengan suatu ligamen (jaringan ikat). Tetapi kebanyakan kerang memiliki dua otot adduktor yang mengatur buka-tutupnya cangkang.

Kerang juga tidak memiliki kepala tetapi hanya memiliki simping yang memiliki mata. Organ tubuh yang dimiliki oleh kerang adalah ginjal, jantung, mulut, dan anus. Kerang juga dapat bergerk karna kerang memiliki kaki yang semacam organ pipih yang dikeluarkan dari cangkang sewaktu-waktu atau membuka-tutup cangkan secara mengejut.

Sistem sirkulasinya yang dimiliki oleh kerang itu terbuka, berarti kerang tersebut tidak memiliki pembuluh darah. Pasokan oksigen pada kerang berasal dari darah yang sangat cair yang banyak mengandung nutrisi dan oksigen yang menyelubungi organ-organ pada kerang. Makanan kerang yang sering dimangsa meliputi plankton, dengan cara menyaring. Kerang sendiri merupakan mangsa bagi cumi-cumi dan hiu.

Namun, semua kerang merupakan jantan ketika muda, begitu pula seiring nya waktu akan berubah menjadi betina ketika dewasa. Kerang juga memiliki gonad, kelenjar genital yang memproduksi sperma atau sel telur yang tergantung pada kelamin kerang. pembuahan pada telur yang terjadi secara eksternal dimana sel telur dan sperma bertemu didalam air.

Demikian menu kali ini cara memasak kerang  Saus padang yang mudah dan enak ini. Menu ini sangatlah cocok dan nikmat untuk dicicipi ole semua orang. Penasarankan  gimana rasanya mari coba resep kali ini. Terimakasih.