Resep Focaccia Bread Yang Praktis

Kali ini saya membagikan tentang resep focaccia bread. Apa sih Focaccia? Mungkin banyak yang masih awam dengan roti ini. Foccacia adalah salah satu roti khas eropa yang tepatnya berasal dari negara Italia. Roti sebenarnya sudah terkenal di Indonesia, namun  mungkin ada beberapa daerah yang belum mengenal.

Pada dasarnya adonan focaccia mirip dengan pizza yang bertabur herbs. Roti ini mempunyai permukaan yang berlubang dan diatasnya ditambahkan berbagai macam topping. Misalnya dengan menambahkan daging asap, keju, ataupun bahan topping yang lain.

Focaccia dapat digunakan sebagai side dish untuk berbagai macam masakan. Ataupun bisa juga digunakan untuk membuat roti lapis dan juga dapat dijadikan sebagai Focaccia dolce atau roti manis.  Untuk membuatnya memang membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Focaccia mempunyai  tekstur yang empuk unik berbeda dengan roti lainnya. Soal rasa focaccia memiliki rasa yang lezat karena mengandung rempah khas namanya rosemary yang memiliki khasiat bagi tubuh.

Langsung saja simak resep focaccia breadnya dan jangan sampai di skip salah satu langkahnya.

Baca juga : Resep Kue  Kopi Kukus Lembut yang Dapat Dibuat Di Rumah

 Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 bungkus ragi instan
  • 1/3 canggkir air hangat
  • 1 sdm garam kasar
  • 2 1/4 cangkir air suam-suam kuku
  • 2 sdm minyak zaitun (minyak untuk masak)
  • 3 cangkir tepung terigu protein tinggi
  • 4 1/2 cangkir tepung terigu protein sedang
  • 2-3 sdm rosemary

 Peralatan yang digunakan :

  • Baskom beberapa buah
  • Spatula
  • Mangkuk
  • Loyang datar
  • Serbet/kain basah
  • Oven

 Cara membuat Focaccia Bread :

  1. Langkah pertama, masukkan ragi dan air  hangat  kedalam mangkuk, lalu aduk menggunakan spatula. Biarkan hingga mengembang selama 10 menit.
  2. Langkah kedua, masukkan bahan-bahan seperti air suam-suam kuku dan minyak zaitun kedalam baskom. Kemudian diaduk sampai rata dan masukkan pula campuran ragi yang telah mengembang tadi.
  3. Langkah ketiga, masukkan tepung terigu protein tinggi dan protein sedang kedalam mangkuk. Kemudian campur kedua jenis tepung itu, masukkan kira-kira 2 cangkir saja kedalam adonan. Kemudian aduk rata menggunakan spatula sampai merata semua.
  4. Langkah keempat, masukkan 1 sdm garam kedalam adonan tadi dan aduk sampai  mencapai konsistensi yang baik,
  5. Langkah kelima, uleni adonan tadi menggunakan tangan, lalu perlahan-lahan tambahkan sisa tepung pada langkah ketiga tadi dan uleni kembali sampai adonan menjadi kalis. Kalau adonan masih sedikit lengket, taburi dengan tepung kambali dan uleni sampai benar-benar kalis dengan baik.
  6. Langkah keenam, siapkan minyak zaitun dan oleskan kedalam mangkuk. Lalu buat adonan tadi menjadi berbentuk bulat-bulat dan masukkan kedalam mangkuk yang sudah diolesi minyak zaitun. Kemudian biarkan mengembang sampai mencapai kira-kira 2x ukuran semula kurang lebih selama 1 jam di tempat yang hangat.
  7. Langkah ketujuh, taruh adonan ke loyang, kemudian ratakan menggunakan tangan. Catatan : jangan menggunakan alat penggilas karena akan membuat adonan menjadi bantat.
  8. Langkah kedelapan, tutuplah adonan menggunakan serbet atau kain basah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  9. Langkah kesembilan, tusuk-tusuklah adonan menggunakan jari dan tutup kembali adonan. Kemudian biarkan adonan mengembang selama kurang lebih 2 jam.
  10. Langkah kesepuluh, sambil menunggu adonan mengembang, panaskan dulu ovennya dengan diatur pada suhu 200 derajat celcius.
  11. Langkah kesebalas, kalau adonan sudah mengembang dengan sempurna, lalu olesi menggunakan minyak zaitun, taburi dengan rosemary, dan garam. Kemudian pangggang selama kurang lebih 20-25 menit sampai benar-benar matang.

Itulah resep Focaccia bread nya,  silahkan dicoba di rumah. Memang untuk membuatnya membutuhkan waktu yang lumayan lama. Semoga berhasil……