Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang resep es puter nangka yang enak ini. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini.

Es Puter

Es puter mempunyai tekstur kasar yang dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es batu serta garam.

Hidangan ini bernama es puter sebab dalam pembuatannya, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es sampai mengkristal. Pengambilan nama es dung dung diambil dari onomatope suara yang keluar dari gongmini gantung yang umumnya dipukul-pukul oleh penjual ketika menjajakan esnya.

Cara menyajikan es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca. Es tung-tung pun bisa diberi tambahan, seperti potongan kacang, ketan hitam, potongan buah nangka, ataupun sagu mutiara.

Sejarah

Awal mulanya es ini tercipta  atas dorongan masyarakat yang ingin mencicipi es krim tetapi tak dapat  menjangkau harganya. Susu yang mahal saat itu diganti dengan santan.

Penggantian bahan utama inilah sebenarnya yang membuat rasa dari es ini menjadi lebih gurih. Tetapi, tampilannya dibuat sama persis seperti es krim.

Sejarah dari es tung tung berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya bisa dinikmati oleh kalangan masyarakat.

Kemauan masyarakat Indonesia untuk bisa menikmati es krim mengadakan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti bahan utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan campuran santan kelapa dengan buah-buahan lokal seperti  kelapa muda, nangka, ataupun durian menjadikan es krim yang “lebih indonesia”.

Kepopuleran es ini sebab dahulu banyak pedagang es tung tung keliling yang menawarkan dagangannya ke sekitar Jawa.

Kini penjual es tung-tung dengan membawa gerobak kecil sudah semakin jarang untuk ditemukan. Tetapi di pesta-pesta rakyat misalnya pernikahan atau arisan, es tung-tung terkadang masih bisa ditemukan.

Kandungan

Es Puter mengandung energi sebesar 48 kilokalori, protein 0,2 gram, karbohidrat 10,16 gram, lemak 1 gram, kalsium 2 miligram, fosfor 3 miligram, dan zat besi 0 miligram.

Tak hanya itu di dalam Es Puter juga terdapat vitamin A yaitu sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil ini didapat dari melakukan penelitian kepada 100 gram Es Puter, dengan jumlah yang dapat dimakan yaitu sebanyak 100 %.

Kandungan Nangka

Nangka adalah sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung. Kandungan nutrisi buah nangka dalam satu cup (165 gram) diketahui memiliki: 155 kalori.

Resep es puter ini dapat divariasikan dengan berbagai buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Contohnya adalah resep es puter nangka, alpukat, strawberry dan lain sebagainya.

Resep Es Puter Nangka

 resep es puter nangka

1. Resep Es Puter Nangka

Bahan-bahan :

  • 450 ml santan kental, 1 butir kelapa
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram nangka, diblender halus
  • 2 Sdt Tepung maizena
  • 2 lembar daun pandan wangi
  • Sejumput garam
  • 50 gram Nangka, iris kotak kecil

Resep Es Puter Nangka :

  1. Rebus semua bahan, kecuali nangka iris kotak, diatas api sedang, dengan diaduk sesekali, sampai mendidih dan mengental.
  2. Kemudian matikan api dan dinginkan.
  3. Setelah itu masukkan santan dingin dalam mesin es putar, putar hingga setengah beku, masukkan irisan buah nangka. Aduk rata dan putar kembali hingga membeku.
  4. Pindahkan es putar beku kedalam wadah bersih, tutup, lalu simpan dalam freezer sampai saat akan dihidangkan.

Demikian resep es puter nangka ini selamat mencoba semoga berhasil.