Kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana resep es oyen surabaya yang sangat enak. Penasaran bagaimana membuatnya? simak berikut ini.

Pengertian

resep es oyen surabaya

Es Oyen dapat disebut juga dengan es campur sepertinya telah tersebar ke beragai penjuru di Nusantara.

Es Oyen ini umumnya terdapat di pinggir jalan atau dapat juga dijumpai pada pedagang kaki lima yang ada di pusat keramaian. es yang segar ini biasanya dikunjungi masyarakat pada pagi sampai sore hari bahkan juga sampai malam.

Tetapi es oyen ini kebanyakan dikunjungi dan dicari-cari masyarakat pada siang hari dikarenakan cuaca yang panas sangat cocok untuk membeli es yang segar seperti es ini.

Tak hanya itu, proses pembuatan es oyen sama dengan es teler yang menggunakan santan yang ada di atas es serutnya. Jadi, kamu yang ingin merasakan sensasi menyantap es campur sekaligus es teler, pesan saja es oyen.

 Sejarah

Es oyen hadir sejak tahun 1954, awalnya dijajakan dengan berputar kampung tetapi setelah dikenal luas sekitar 1962 barulah berkembang dan dibuat warung.

Pak Haji Rahmat adalah orang yang pertama kali menjajakan es sejak tahun 1950-an. Kala itu Es Oyen dijajakan dengan cara dipikul. Saat itu, es buatan si pembuat belum ada namanya.

Mayoritas masyarakat bilang bahwa nama oyen ini diambil dari nama burung milik si pembuat untuk memberi nama es campur racikannya. Setelah itu sang bapakpun mendapat julukan sebagai Pak Oyen.

Sejak itu setiap kali berjualan es, si pembuat es tidak lupa membawa burung perkutut kesayanganny

Saat ada pembeli datang, burung perkutut itu berkicau seolah memberi isyarat. Kicauan burung perkutut ini apabila didengarkan mirip sapaan yang berbunyi “Oyen”.

Nama pembuatnya yaitu Bapak Haji Rahmat, dan mendapat julukan pak oyen. Saat ini bisnis es oyen ini tidak hanya ada di Bandung lagi, bahkan sudah sampai ke luar Jawa Barat. Seperti Surabaya,Yogyakarta dan lain sebagainya

Kandungan

  1. Mutiara mengandung banyak karbohidrat
  2. Nutrijel melancarkan pencernaan
  3. Kelapa muda menetralisir racun
  4. Susu kental manis mengandung energi sebesar 336 kilokalori, protein 8,2 gram, karbohidrat 55 gram, lemak 10 gram, kalsium 275 mili gram, fosfor 209 miligram, zat besi dan vitamin A B C

Nah yang akan saya bahas adalah resep es oyen surabaya. Bagaimana cara membuatnya? simak berikut ini.

Resep Es Oyen Surabaya

resep es oyen surabaya

1. Resep Es Oyen Surabaya

Bahan-bahan :

  • Kelapa muda atau degan (dikerok)
  • Kolang kaling matang
  • Rumput laut
  • Buah Alpukat
  • Buah Nangka matang, potong dadu
  • Pacar cina
  • Susu kental manis
  • Sirup rasa vanila
  • Es batu atau es serut

Bahan Sirup :

  • 300 gram gula pasir.
  • 2 gelas air.
  • ½ sendok makan garam

Cara membuat Es Oyen :

  1. Siapkan mangkuk, lalu masukkan kelapa muda, kolang-kaling, rumput laut, buah  alpukat.
  2. Setelah semua sudah masuk kedalam wadah masukkan es serut, dan siram dengan sirup rasa vanila secukupnya.
  3. Kemudian tambahkan pacar cina dan irisan nangka di atasnya, lalu siram dengan susu kental manis secukupnya.
  4. Sajikan segera selagi dingin.

 

Ciri Khas Es Oyen

Es oyen ini mempunyai ciri khas yaitu adanya agar-agar di dalam es oyen. Cara pembuatan es oyen hampir sama dengan pembuatan es campur. Es oyen isiannya bukan hanya sekadar buah namun juga bahan yang sering ditemukan dalam es campur yaitu mutiara sagu.

 

Sampai disini artikel ini semoga dapat bermanfaat untuk semua resep es oyen dari surabaya ini sebenarnya sama dengan resep es oyen dari daerah lainnya.