Hola hola sobat semuanya!Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep cake coklat lumer kukus yang pasti dengan cara yang sederhana dan rasa yang enak. Cake coklat sendiri merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik. Rasanya yang manis dan denagn tekstur yang super lembut, hidangan penutup satu ini menjadi makanan favorit banyak orang.

Cake coklat seperti ini biasanya kita jumpai di acara-acara penting seperti acara pernikahan, hajatan, ulang tahun dan acara-acara penting lainnya. Untuk mendapatkannya pun sekarang sangat mudah, sobat dapat membelinya di toko kue maupun restoran. Tapi lebih baik jika sobat membuatnya sendiri di rumah, karena dengan bahan yang terjangkau dan proses pembuatan yang cukkup mudah sobat bisa mendapatkan cake coklat yang enak. Untuk variasi cake coklat yang lainnya sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat cake coklat. Dalam artikel kali ini aku juga mau bagi-bagi beberapa jenis kue yang cocok menjadi hidangan saat lebaran, jadi langsung aja kita simak yuk sobat!

Resep Cake Coklat Lumer Kukus Super Lezat

Bahan Adonan Cake Coklat:

  • Tepung terigu dengan protein rendah dengan takaran 50 gram
  • Telur sebanyak 1 butir, sudah dikocok lepas
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • Mentega atau margarin dengan takaran 90 gram
  • Coklat bubuk dengan takaran 25 gram
  • Susu cair UHT dengan takaran 100ml
  • Soda kue dengan takaran 1/4 sendok teh
  • Baking powder dengan takaran 1/4 sendok teh

Bahan Vla Coklat:

  • Coklat bubuk dengan takaran 30 gram
  • Susu kental manis rasa coklat dengan takaran 50ml
  • Susu cair UHT dengan takaran 40ml
  • Minyak sayur dengan takaran 1 sendok teh
  • Tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air 1 sendok makan

Langkah Pembuatan Cake Coklat Lumer Kukus Super Lezat:

  1. Langkah pertama yang  sobat lakukan yakni siapkan panci dan masukkan gula pasir, margarin atau mentega, dan susu cair UHT ke dalam panci tersebut. Masak bahan-bahan tersebut dengan nyala api yang kecil dan meleleh tetapi jangan sampai mendidih lalu angkat dan sisihkan.
  2. Ambil telur yang sudah dikocok lepas, masukkan ke dalam adonan mentega yang sudah hangat tadi.
  3. Sekarang sobat ambil coklat bubuk, tepung terigu, baking powder, soda kue. Masukkan dan campur menjadi satu sedikit demi sedikit, aduk-aduk adonan sampai tercampur dengan rata.
  4. Jika adonan sudah tercampur rata, siapkan sebuah loyang yang  seluruh permukaannya sudah diolesi dengan margarin sebelumnya. Tuangkan adonan cake coklat ke dalam loyang, masukkan ke dalam kukusan dan kukus dalam waktu selama kurang lebih 25 menit. Untuk memastikan kematangan sobat dapat melakukan tes tusuk, caranya begini sob, tusuk adonan dengan tusuk sate atau lidi pastikan tidak ada adonan yang menempel pada tusuk sate, apabila masih ada yang menempel artinya adoanan belum matang sempurna.
  5. Adonan cake coklat yang sudah matang angkat dan diamkan sampai dingin, jika sudah dingin keluarkan dari loyang atau cetakan.
  6. Sambil menunggu adonan cake coklat dingin, kita akan membuat saus atau vla coklatnya terlebih dahulu ya sob. Pertama-tama ambil semua bahan vla coklat kecuali larutan tepung maizena, campurkan semua bahan vla coklat tersebut. Masak dengan nyala pai yang kecil sampai mendidih, setelah itu tambahkan larutan tepung maizena ke dalam adonan vla coklat. Aduk-aduk adonan vla coklat sampai tercampur rata.
  7. Siapkan sebuah piring saji, letakkan cake coklat diatas piring saji dan sirami dengan vla coklat yang sudah jadi. Sobat juga dapat menambahi topping sesuai dengan selera sobat agar lebih nikmat. Tadaa….cake coklat super lembut dengan vla coklat super lumer siap disajikan.

Jenis Cake dan Kue Basah yang Cocok untuk Sajian Lebaran

Bolu Gulung

Swiss roll atau yang biasa disebut dengan bolu gulung ini merupakan salah satu hidangan penutup yang seringkali kita temukan saat lebaran. Bolu gulung ini berbeda dengan jenis bolu yang lainnya karena bolu gulung merupakan bolu yang berbentik tipis dan didalamnya terdapat olesan selai atau krim yang digulung. Dengan rasa yang enak, tekstur yang lembut, dan bentuk yang unik sehingga bolu gulung menjadi salah satu sajian yang yang cocok disajikan saat lebaran.

Kue Lapis

Salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung kanji, tepung beras, gula pasir, garam dan santan kelapa ini menjadi incaran saat lebaran, yap kue lapis. Makanan tradisional yang memiliki rasa manis ini cara pembuatannya cukup sederhana, tanpa perlu oven atau microwave cukup dikukus dan tunggu sampai matang saja. Jadi sobat sajian ini dijuluki dengan kue lapis karena berlapis-lapis dan lapisan tersebut memiliki warna-warna yang berbeda dan cantik.

Brownies Kukus

Siapa sih dari sobat yang belum pernah mencicipi brownies kukus ini? Yakin deh pasti sebagian besar dari sobat pernah mencicipinya. Tekstur lembut dan rasa manis yang dimiliki oleh kue brownies kukus ini menjadikannya salah satu makanan yang digemari banyak orang. Dari anak-anak sampai orang tua sangat menyukai brownies kukus dengan aroma coklat yang sangat harum ini. Pantas saja jika brownies kukus menjadi sajian saat lebaran yang sempurna.

Chiffon Cake

Cake yang terbuat dari tepung terigu dengan protein rendah, santan, telur dan bahan yang lain memiliki tekstur yang sangat lembut, ringan, hampir mirip seperti spons dan rasanya juga yang manis serta lezat. Hal tersebut membuat chifon cake ini menjadi incara saat lebaran, selain itu chiffon cake sangat cocok disajikan dengan segelas teh, susu, atau kopi yang hangat.

Selesai Sudah Resepnya Sobat

Wahh…ternyata membuat cake coklat tidak sesulit yang kita bayangkan ya sob, dengan cara pembuatan yang sederhana dan mudah kita bisa mendapatkan cake coklat yang super lumer, lembut, dan pastinya lezat. Selain cara pembuatan yang mudah dan sederhana, bahan bahan untuk membuat cake coklat ini pun juga mudah untuk didapatkan.

Oh iya sobat, aku mau kenalin juga nih salah satu mesin yang sangat aku rekomendasikan untuk sobat yang ingin membuat donat dan memiliki bisnis kuliner donat. Penasarankan, jadi mesin ini bernama mesin pembuat donat, mesin ini dapat membantu sobat untuk mempercepat dan mempermudah proses pembuatan donat. Hmm…aku rasa sampai sini dulu ya sob, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini, sampai jumpa di next artikel dan selamat mencoba. 😉👌