Resep bolu kelapa parut panggang yang saya akan bagikan kali ini adalah resep kue bolu yang saya buat dengan campuran kelapa. Dan kalian pasti sudah mengenal nya, yak kue bolu.

Pada artikel sebelunya saya juga sudah membahas tentang roti kelapa. Nah sekarang kita akan bahas tentang kue bolu dan resep bolu kelapa parut panggang beserta penjelsan tentang cake. Yuk simak artikel nya

Penjelasan cake dan bolu :

Bolu atau kue bolu adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus.

Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup (dessert) atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara.

Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng.

Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan.

Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Berbagai macam puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar.

Berdasarkan teknik pembuatan, kue bolu (cake) digolongkan menjadi dua kelompok :

  • Butter cake atau shortened (cream cake)
  • Pembuatan kue diawali dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula menjadi adonan berbentuk krim. Cakejenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue. Salah satu contoh butter cake paling sederhana adalah pound cake yang dibuat dari mentega, gula pasir, dan tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon. Resep pound cake zaman dulu belum menggunakan bahan pengembang, dan hanya mengandalkan mentega yang dikocok hingga lembut.
  • Sponge cake (foam cake)
  • Proses pembuatan diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung.

Berdasarkan teknik pengocokan telur, sponge cake dibagi menjadi:

  • Kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah
  • Tekstur kue yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cakeatau angel food cake.

  • Kuning dan putih telur dikocok bersamaan (Genoise).
    • Sebagian besar resep kue bolu dan cake menggunakan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan.

Sebelum dipanggang, adonan cake sering ditambahkan berbagai bahan perasa dan aroma, seperti bubuk cokelat, bumbu kue lapis, daun pandan, pisang, tapai singkong, kacang-kacangan, kismis, dan buah-buahan kering lainnya.

Selan itu, kue bolu yang sudah matang dapat dibelah secara horizontal untuk diolesi krim mentega, vla, pasta coklat, krim keju, selai, atau diperciki dengan campuran sirup atau minuman keras seperti rhum.

Istilah cake sering digunakan untuk berbagai jenis makanan, walaupun bahan dan teknik pembuatannya tidak seperti cake.

Cheesecake tidak termasuk kue bolu (cake), melainkan kue pai. Fried carrot cake dari Singapura dibuat adonan tepung beras dan lobak yang dimasak di wajan seperti kwetiau goreng.

Dalam bahasa Inggris, rice cake adalah sebutan untuk berbagai jenis kue berbahan baku beras, sedangkan fish cake dipakai untuk kamaboko, dan kue berisi potongan ikan seperti risoles atau kroket.

Bahan-bahan membuat resep bolu kelapa parut panggang :

  1. 200 gr tepung terigu
  2. 200 gr gula pasir
  3. 3 butir telur uk besar
  4. 185 gr kelapa parut tanpa kulit
  5. 1/4 sendok teh vanili bubuk
  6. 1 sachet skm putih
  7. 4 sendok makan air
  8. 185 mili liter minyak
  9. 1 sendok makan sp
  10. 1/4 sebdok teh baking powder.

Langkah-langkah membuat resep bolu kelapa parut panggang :

  1. Mixer speed 1,telur,gula pasir dan sp selama 5 menit.
  2. Masukkan speed 2.
  3. Mixer hingga mengembang,putih,kental,berjejak.
  4. Masukkan tepung terigu,baking powder,& vanili,aduk rata dengan spatula.
  5. Tambahkan kelapa parut,aduk rata bertahap dengan spatula.
  6. Masukkan skm.putih,aduk asal rata.
  7. Tuang minyak secara bertahap,aduk rata.
  8. Tuang kedalam cup,jangan terlalu penuh.
  9. Atau tuang kedalam loyang yang sudah dioles margarin.
  10. Panggang 35 menit.

Nah sekian penjelasan dan resep dari saya tentang kue semoga dapat membantu dan terimaksih telah membaca.