Resep bikin kerupu kanji – kerupuk adalah salah satu jenis makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan berbagai bahan perasa. Kerupuk dibuat dengan cara mengukus adonan dahulu kemudian dipotong tipis-tipis,lalu dikeringkan di bawah sinar matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.

Rasanya yang gurih dan  renyah memberikan rasa tersendiri ketika disantap bersama aneka makanan utama. Bahkan, salah satu jenis kerupuk yaitu kerupuk kanji kerap digunakan sebagai topping atau pelengkap aneka masakan tradisional. Selain sebagai lauk dan topping saat kita makan, tak jarang juga kuliner tradisional yang biasa dikategorikan ke dalam makanan ringan ini juga kerap dijadikan sebagai pilihan cemilan saat bersantai.

Resep Bikin Kerupuk Kanji

Bahan – Bahan

  • 500 gram tepung kanji.
  • 600 mili liter air putih

Bumbu kerupuk kanji

  • 3 siung bawang putih.
  • 1 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai.
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya.

Cara membuat kerupuk tepung kanji dijamin enak dan super renyah:

  1. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan.
  2. Larutkan dengan air putih.
  3. Sambil diaduk perlahan, tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit, aduk terus sampai kalis.
  4. Masukkan ke dalam plastik.
  5. Susun di dalam panci pengukus yang sebelumnya sudah dipanaskan, kukus sampai matang (lebih kurang selama 1 jam), angkat, angin-anginkan.
  6. Iris tipis adonan yang tadi sudah matang.
  7. Susun di atas loyang atau tampah, jemur di bawah sinar matahari sampai kering.
  8. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
  9. Masukkan irisan kerupuk kanji yang sudah kering ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai matang dan mekar, angkat, tiriskan, dan angin-anginkan.
  10. Setelah suhunya dingin, segera masukkan ke dalam toples agar awet renyahnya.

baca juga kawan : cara membuat kerupuk kanji

Hasil Olahan Tepung Kanji Selain Kerupuk

1. Cimol

Cimol adalah salah satu jenis makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Kata cimol berasal dari bahasa sunda yaitu aci digemol yang berarti tepung kanji dibuat bulat-bulat.

Cimol banyak dijual di pinggir jalan. Cara membuatnya cimol adalah dengan adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat, kemudian digoreng.  Cimol sangatlah enak apabila dimakan dengan bumbu-bumbu tambahan seperti saus kacang dan kecap.

2. Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci goreng, yang dalam bahasa Sunda artinya ‘tepung kanji goreng. Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari daerah sunda yang biasa dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangatlah terkenal di daerah jawa barat, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an bahkan hingga sekarang. Cireng terbuat dari bahan makanan antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

3. Pempek

Pempek atau empek-empek merupakan makanan khas palembang yang terbuat dari olahan daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji dan beberapa komposisi lainnya seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.

4. Batagor

Batagor merupakan akronim atau singkatan dari bakso tahu goreng. Batagor adalah jajanan khas Bandung yang mengadaptasi resep Tionghoa-Indonesia dan batagor kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Jajanan ini terbuat dari tahu yang dilembutkan diisi adonan yang berbahan Ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola dan digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang.

bagaimana teman-teman mudah kan resep bikin kerupuk kanji ini? jangan lupa baca artikel lainnya seperti cara membuat kerupuk jengkol tepung dan share ya kawan-kawan. Terima kasih teman – teman