Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami pada kali ini saya akan membahas tentang resep bakso urat yang enak dan lezat. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang resep bakso aci enak dan lezat, yuk langsung simak saja.

Apa Itu Bakso ?

Bakso adalah nama makanan yang sering kita dengar sehari hari, makanan Bakso ini mungkin makanan yang sering ditemukan di berbagai tempat dimanapun dan kapanpun.

Bakso atau baso adalah makanan dari olahan daging yang digiling dengan tepung tapioka.Daging yang digunakan untuk membuat bakso pada umumnya ialah daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging ayam bahkan juga ada yang meggunakan udang.

Pembuatan bakso pun ada beberapa cara yaitu ada yang di rebus, kukus, goreng dan lain lain.Namun kali ini bukan bakso dari daging lagi melainkan bakso dari udang sedikit berbeda dari bakso yang lain bakso udang ini kaya akan protein di dalamnya.

Bakso udang goreng adalah bakso yang digiling dengan udang segar dari laut supaya bakso tersebut kaya akan protein.

Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas resep bakso udang goreng, sebelum ke resep bakso udang goreng kita akan mempelajari sejara atau asal mula dari makanan bakso tersebut.

Bakso merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri.

Tempat  pusat perbelanjaan bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.
Bakso dari Tiongkok  berbeda dengan bakso Malang dan Solo.

Berasal Dari Tiongkok?

Bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.
Bakso dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah melainkan berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.
Yang berasal dari Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesi dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Resep Bakso Urat Yang Enak dan Lezat Cocok dibuat di Rumah

resep bakso urat

Bahan Bahan Resep Bakso Urat

  • 350 gr daging sapi yg ada uratnya
  • 150 gr daging paha ayam
  • sdm bawang merah goreng
  • sdm bawang putih goreng
  • 1 putih telur
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 11/2 sdt garam
  • 1 sdt penyedap
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt gula
  • 150 gr esbatu

Langkah Langkah Resep Bakso Urat

  1. Giling daging sapi dan daging paha ayam, sy menggunakan choper,,, lalu tambahkan bawang merah dan putih goreng, lalu putih telur, tepung tapioka, BP, es batu… Lalu tambahkan bumbu lainnya..chopper sampe rata dan halus.
  2. Panaskan air sampai mendidih lalu matikan apinya. Cetak baso menggunakan tangan dan sendok lalu masukan ke air panas. Lakukan sampai habis.
  3. Panaskan lagi airnya sampai mendidih, angkat dan masukan baso ke dlm air es supaya baso kenyal. Baso siap di hidangkan sesuai selera.
  4. Note.. Kalo mau baso yg halus dan mulus gunakan daging sapi tanpa lemak dan urat, daging ayamnya menggunakan daging dada.

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan tentang resep bakso urat, kurang lebihnya saya mohon maaf. Selamat mencoba