Terima kasih telah berkunjung di artikel kami pada kali ini saya akan membahas tentang resep bakso udang goreng kriuk lezat tiada tanding. Yang pada sebelumnya saya telah membahas artikel tentang cara membuat cheesecake lumer. Sebelum lanjut Simak uraian berikut ini.

Sejarah Makanan Bakso

Makanan bakso mempunyai akar sejarah dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia.Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling di Tionghoa kebanyakan bakso terbuat dari daging babi.

Kebanyakan penduduk yang ada di Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Sekarang kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang.

Tempat yang menjadi pusat penjualan bakso adalah Solo dan Malang yang disebut. Makanan bakso Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.
Bakso dari Tiongkok sangat berbeda dengan bakso Malang dan Solo.

masakan bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Namun bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.

Resep bakso udang juga dapat ditemukan di beberapa daerah indonesia pada umumnya di daerah pesisir. disana cukup mudah untuk mendapatkan jenis udang yang segar segar.

Masakan bakso yang berasal dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.

Bakso Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Manfaat Udang

Udang merupakan menu wajib bagi pecinta seafood. Jelas saja, rasanya yang enak serta kandungan gizinya yang lengkap menjadi poin plus tersendiri. Apalagi jika si udang ini
dikolaborasikan dengan berbagai rempah dan bumbu-bumbu tertentu.

Menurut Suryani (1991), udang merupakan bahan makanan yang tinggi nilai gizinya , khususnya kandungan protein, besi, kalsium, dan fosfor. Kandungan protein dan besi udang segar lebih tinggi dibandingkan ikan segar

Tentu akan sangat menggugah selera makan, bukan? walau demikian, ternyata masih tetap saja ada yang acuh terhadap manfaat udang ini loh.

Mereka yang menghindari konsumsi udang banyak disebabkan karena anggapan bahwa udang mengandung banyak kolesterol jahat atau sering disebut LDL. Nah berikut ini adalah manfaat udang

1. Udang Sebagai Penyeimbang Hormon
2. Udang Mencegah Penyakit Kankers
3. Udang dapat Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti depresi
4. Udang Sebagai Sumber Omega 3
5. Udang Mengandung Zat Anti Inflamasi
6. Udang Sebagai Sumber Makanan Kaya Protein
7. Udang dapat Meningkatkan Nafsu Makan
8. Udang Sebagai Obat Anemia
9. Udang Memiliki Kandungan Fosfor yang Tinggi

Resep Bakso Udang Goreng Renyah Kriuk dan Lezat Tiada Tanding

Resep bakso udang goreng

Bahan – Bahan Resep Bakso Udang Goreng

  •  250 grm udang kupas,cuci,cincang
  • 2 sdm tepung terigu
  • 10 sdm tepung sagu
  • 1 butir telur
  •  garam
  • merica
  • kaldu jamur/penyedap
  • 1 sdm minyak wijen
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • minyak goreng banyak

Udang yang sudah bersih haluskan bisa diblender atau diulek(aku diulek aja biar berasa kres2 udangnya).masukan dalam wadah.ulek bumbu halus campurkan dengan udang.

Langkah Langkah Resep Bakso Udang Goreng

  1. Campur semua bahan. Aduk aduk hingga konsistensi agak encer tapi bisa dibentuk ya mom.
  2. Taruh minyak goreng yang cukup banyak. Hangatkan minyak dengan api sedang agak kecil. Hangat hangat ya minyaknya. Lalu masukan bakso yang sudah dibentuk. Biarkan sampe minyak panas dan adonan tergoreng.
  3. Rajin bolak balik bakso. Dan angkat kalo gelembung minyak yang keluar dari bakso hilang. Angkat tiriskan.

Mudahkan itulah tadi Uraian tentang resep bakso udang goreng, jika ada kesalahan mohon dimaafkan.  Dan jika kalian suka dengan artikel ini jangan lupa untuk berikan kepada orang terdekat anda. Selamat mencoba