Di bawah ini akan menjelaskan mengenai resep bakso sapi rumahan. Bingung mau mengolah daging sapi menjadi makanan apa? sekarang jangan bingung lagi yaa dengan resep ini anda dapat membuat menu sarapan pagi anda menjadi lebih nikmat.

Awal Mula Bakso

Resep Bakso Sapi Rumahan ,

 

Awal mulanya bakso berasal dari seni kuliner Tionghoa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari istilah Bakso yang berasal dari Bahasa Hokkien, Bak-So yang berarti daging babi giling. Sudah lazim mayoritas penduduknya beragama Islam, pembuatan bakso disesuaikan dengan memakai daging halal seperti daging sapi, ayam atau ikan.

Dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, biasanya bakso disajikan dengan kuah kaldu sapi bening dicampur dengan mi, bihun, taoge, tahu dan bahan lainnya sesuai selera. Kemudian bakso ditaburi dengan bawang goreng dan seledri.

Di Indonesia, bakso memiliki jenis yang beragam, mulai dari bakso urat, bakso telur, bakso gepeng, bakso ikan, hingga bakso keju.Berbeda dengan di Indonesia, di negara lainnya seperti Amerika, bakso biasanya disajikan dengan spaghetti dan disebut dengan meatballs. Di negara Eropa seperti Belanda, bakso yang dikenal dengan nama gehaktball ini biasanya disajikan dengan kentang rebus dan sayuran sebagai makanan sehari-hari di rumah tangga masyarakatnya.

Begitu banyak resep masakan bakso di negara-negara lainnya yang menggoda untuk dicoba yah para penyuka masak! Jadi, bagi Anda pencinta bakso yang mulai bosan dengan kreasi bakso yang umum ada di Indonesia, tidak ada salahnya mencoba kreasi bakso dari negara lain lho! Atau Anda ingin mencoba memasak bakso dengan resep sendiri? Kenapa tidak?

Bakso ini mungkin termasuk salah satu yang paling populer setelah bakso sapi. Bakso ini memiliki tekstur kenyal berwarna putih , biasanya bakso ini terbuat dari ikan tenggiri. Ukurannya sedikit lebih kecil dibanding bakso sapi, namun rasanya tidak kalah enak dengan bakso sapi.

Resep Bakso Sapi Rumahan

Berikut ini adalah resep membuat bakso sapi rumahan , jangan lupa di simak yaa!!

Bahan Bahan:

  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 250 gr daging ikan tenggiri
  • 100 gr tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih,
  • 1 putih telur
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • es batu yang diremukkan secukupnya
  • 1/2 sdt garam

Resep Bakso Ikan

  1. Haluskan daging ikan tenggiri hingga halus. Selain ditumbuk, bisa juga dikerok perlahan-lahan menggunakan sendok karena daging ikan tenggiri cukup lunak dan mudah hancur.
  2. Masukkan bawang putih halus, putih telur, garam, lada bubuk dan kaldu bubuk. Masukkan sedikit demi sedikit es batu yang telah dihancurkan secukupnya.
  3. Aduk rata kemudian masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit dan uleni adonan menggunakan tangan hingga kalis. Jika adonan bakso telalu kaku maka tambahkan lagi sedikit es batu. Dan jika telalu lembek, maka tambahkan lagi sedikit tepung.
  4. kemudian, bentuklah adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan layaknya bakso.
  5. Resbuslah air, rebus bakso ikan hingga mengapung dan matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya, ambil air sisa rebusan bakso. Bersihkan dari bahan-bahan yang terdapat didalamnya seperti busa dan endapan adonan bakso pada dasar panci.
  7. Bubuhkan garam, gula pasir, lada bubuk dan kaldu blok. Aduk rata dan cicipi rasanya. Jika dirasa ada bumbu yang kurang, tambahkan lagi secukupnya.
  8. Angkat kuah dan sajikan bersama bakso ikan. Taburi dengan irisan daun bawang, seledri dan bawang putih goreng.

Itulah ulasan tentang bakso sapi rumahan , gimana ? Mudah tidak cara membuatnya? Pastinya mudah dong? sekarang anda dapat membuat bakso di rumah dan anda tidak harus pergi keluar untuk menyantap sebuah bakso.